Menu Click to open Menus
Home » Komputer » Perawatan Komputer » 10 Tips Merawat Sistem Operasi 2, Tune Up Hard Disk Anda

10 Tips Merawat Sistem Operasi 2, Tune Up Hard Disk Anda

(898 Views) October 29, 2016 1:09 am | Published by | 1 Comment

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

hard diskKarena Hard Disk adalah tempat di mana Anda secara permanen menyimpan aplikasi Anda maka perangkat keras ini harus dirawat. Hal lain yang lebih penting karena file data yang Anda buat dengan aplikasi terdapat didalamnya, maka hard disk membutuhkan perhatian khusus untuk tetap beroperasi pada efisiensi puncak. Scan disk untuk mencegah kehilangan file dan bad sector perlu Anda perhatikan, termasuk menjalankan utilitas defragmentasi disk agar dapat meningkatkan performa sistem Anda.

Setiap hari Anda membuat file baru, menghapus yang tidak diinginkan, dan menyimpan versi update dari file ke hard disk komputer Anda. Karena Windows menetapkan ruang disk untuk file, hard disk dapat menjadi terpecah-pecah dari waktu ke waktu (misalnya, file Anda mendapatkan potongan ditempatkan di seluruh hard disk, karena tidak ada ruang yang berdekatan cukup besar untuk menampung mereka) . Sebuah hard disk terfragmentasi memperlambat akses disk dan membuat lebih sulit untuk pulih dari error disk. Perawatan hard disk komputer adalah suatu tuntutan bagi anda.

Untuk Windows 95/98/ME/XP/Vista/7 defragment hard disk, gunakan program Disk Defragmenter di Program / Accessories / System Tools. Pada Mac, gunakan utilitas seperti tool Disk Speed dalam paket Norton Utilities untuk Macintosh. Anda harus men-defrag hard disk minimal tiap tiga bulan sekali. Anda juga harus men-defrag setelah Anda telah membuat atau menghapus sejumlah besar file dalam kurun waktu singkat. Untuk urusan defrag disk, baik sistem operasi windows maupun Mac Anda bisa mendownload program disk Defragmenter gratis dari Auslogics Disk Defrag. Sebuah disk yang sangat baik, dan sangat cepat untuk utilitas defrag.

Kadang-kadang areal penyimpan yang disebut “sektor” pada hard disk Anda menjadi rusak. Suatu utiliti yang disebut disk scanner dapat mendeteksi kesalahan “fatal” dan menyimpan tabel bidang tersebut sehingga sistem operasi Anda tidak menggunakannya untuk menyimpan file. Selain itu, disk scanner dapat mendeteksi kesalahan “ringan”, dimana sistem operasi telah kehilangan jejak satu atau lebih file. ScanDisk (dapat ditemukan dalam tool Program / Accessories / System Tools) pada Windows 95/98/ME/XP/Vista/7 secara built-in scanner disk, dan mendeteksi dengan baik setiap kesalahan. Pada Mac, Anda dapat menggunakan program Disk First Aid yang dilengkapi dengan sistem Anda. Anda harus menjalankan scan hard disk setidaknya setiap bulan. Selain itu, jika komputer crash atau Anda sengaja mematikan tanpa melalui prosedur shutdown yang benar, jalankan disk scan setelah reboot.

Incoming search terms:

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

Tidak ada komentar untuk : 10 Tips Merawat Sistem Operasi 2, Tune Up Hard Disk Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cara servis komputer