Menu Click to open Menus
Home » Komputer » Akankah Memori DDR3 Membunuh Saudara Tuanya?

Akankah Memori DDR3 Membunuh Saudara Tuanya?

(1040 Views) November 4, 2016 1:08 am | Published by | 1 Comment

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

memori ddr3Untuk memastikan kompatibilitas antara modul memori dan komputer pribadi, sebuah kelompok yang disebut JEDEC (Joint Electron Device Engineering Council) telah menetapkan standar. Dengan evolusi komputer melalui sejarah komputer yang panjang, berbagai standar memori telah dirilis oleh kelompok JEDEC. Beberapa tahun terakhir ini mereka merilis modul memori DDR dan memori DDR2. Dengan standar DDR2 mencapai batas atas standar, sudah waktunya untuk standar memori baru untuk mengikuti perkembangan prosesor. Artikel ini khusus melihat perbandingan memori DDR2 dengan memori DDR3

DDR2 vs DDR3

DDR2 adalah penerus standar DDR. Memory DDR2 mempunyai dua kali lipat kecepatan memori DDR2 tetapi pada latency tinggi. Butuh waktu untuk memenangkan hati pasar, khususnya karena AMD tidak benar-benar melaksanakannya pada platform Athlon mereka sampai akhir tahun 2006. Namun sekarang ini DDR2 adalah bentuk dominan dari memori yang digunakan oleh komputer pribadi. Ada batas-batas standar DDR2 dan demikian juga dengan DDR. Maka solusinya adalah JEDEC membentuk spesifikasi untuk format baru yaitu memori DDR3.

Secara fisik, modul memori DDR3 tidak jauh berbeda dari modul memori DDR2. Keduanya memiliki total 240 pin pada modul memori. Satu-satunya perbedaan terlihat nyata akan lokasi lekukan pada modul. Hal ini dilakukan agar pengguna tidak akan salah instalasi memori ke dalam komputer pribadi.

Kecepatan Memori dan Bandwidth

Tujuan utama standar memori DDR3 adalah untuk meningkatkan kecepatan memori dan bandwidth di diatas spesifikasi DDR2 yang lebih tua. Modul memori DDR asli (standar) berjalan antara effective clock speed 200 dan 400MHz. Standar DDR2 dua kali lipat dari ini yaitu antara 400 dan 800MHz. DDR3 diatur ke dua kali kecepatan DDR2 dengan kecepatan clock antara 800MHz dan 1.6GHz.

Meskipun standar memori DDR2 secara real hanya naik dengan kecepatan 800MHz, ada modul yang dijual yang dapat berjalan pada kecepatan 1066MHz. Secara teknis ini overclocked modul modul standar sebagai spesifikasi JEDEC tidak resmi yang mendukung kecepatan lebih dari 800MHz. Ini sering ditangani oleh memori yang membutuhkan modul-modul yang dijalankan dengan tegangan yang lebih tinggi atau latency yang berbeda untuk meningkatkan kecepatan.

Menurunkan Konsumsi Daya

Keuntungan utama yang lain dari standar memori baru merupakan pengurangan tegangan listrik yang digunakan untuk modul memori. Modul-modul standar DDR asli berjalan pada 2.5V. Sebuah reduksi kekuatan yang signifikan yaitu 1.8V telah diciptakan pada standar DDR2. Dengan tingkat tegangan yang lebih rendah, kebutuhan daya komputer pribadi kurang aktual untuk menjalankan subsistem memori. DDR3 terlihat lebih mengurangi penggunaan daya dengan menjatuhkan tingkat tegangan sampai ke titik 1.5V. Penurunan seperti ini juga terjadi pada standar DDR2 dari DDR, tapi tidak mengurangi konsumsi daya secara keseluruhan.

Peningkatan latency

Dalam rangka meningkatkan kecepatan modul memori DDR3, maka perlu juga meningkatkan latency modul. Latency adalah jumlah waktu yang dibutuhkan modul memori untuk memproses perintah dalam beberapa jam atau siklus perintah. Semakin tinggi, latency itu, semakin lambat memori memproses perintah.

Latency khas untuk standar JEDEC DDR2 adalah 5-5-5-15. Latencies JEDEC standar untuk memori DDR3 yang lebih baru adalah 7-7-7-15. Bahkan dengan peningkatan latency untuk memori DDR3, kecepatan clock yang lebih tinggi memungkinkan memori masih memiliki bandwidth yang lebih besar dari standar lama. Hal ini menyebabkan memori DDR3 yang berjalan pada 800MHz menjadi sedikit lebih lambat dari memori DDR2 yang juga berjalan pada 800MHz. Keuntungan nyata diperoleh dari kecepatan clock lebih tinggi dari standar ini.

Hal lain berhubungan dengan latency yang harus diperhatikan adalah bahwa ini adalah standar. Seperti manufaktur meningkatkan modul memori, modul akan dapat dijalankan pada latency lebih rendah dari spesifikasi JEDEC. Hal ini dimungkinkan untuk menemukan memori DDR2 yang lebih cepat dengan kecepatan sekarang 5-5-5-15. Ini akan mengambil beberapa waktu bagi DDR3 untuk mendapatkan di bawah latency JEDEC.

Pertanyaannya sekarang adalah apakah Motherboard DDR2 masih kompatibel dengan modul memori DDR3 ? Jawabannya adalah tidak sama sekali. Lihat gambar dibawah ini;

memory ddr3

Incoming search terms:

>>> DOWNLOAD GRATIS EBOOK karya Agus Sale, S.Pd<<< KLIK DISINI


>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer


1 Comment for Akankah Memori DDR3 Membunuh Saudara Tuanya?

  • Siswa TKJ says:

    kayanya sekarang DDR3 lebih top sob…
    mungkin saya kira DDR dibawahnya akan terlupakan…

    sukses selalu sobat..

cara servis komputer