Menu Click to open Menus
Home » Internet » Belanja Online Yang Aman

Belanja Online Yang Aman

(951 Views) February 18, 2017 1:08 am | Published by | 3 Comments

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

Tidak bisa dihindari bahwa model belanja sudah semakin marak diinternet dengan berbagai macam masalahnya. Selain itu bisnis internet juga sudah semakin modern dan maju. Sayang sekali bahwa seiring dengan kemajuan bisnis online, perkembangan kejahatan internet juga ternyata meningkat. Dan ini bukan sekedar humor tetapi sudah banyak terbukti. Seseorang bisa menipu anda di internet dengan mengatakan menjual sesuatu dan setelah anda membayar ternyata barangnya tak kunjung tiba. Tinggallah anda dalam penantian yang sia-sia. Tetapi masalahnya adalah bagaimana supaya saya aman? bagaimana berbelanja yang aman di internet? Nah dibawah ini beberapa solusinya.

  1. Pastikan Browser Anda Aman.

Sebelum Anda mengirimkan informasi kartu kredit Anda, pastikan situs sesuai dengan standar keamanan menggunakan perlindungan seperti Secure Socket Layer (SSL). Teknologi ini mengenkripsi atau mengacak informasi pribadi Anda – seperti nomor kartu kredit Anda – pada saat dikirimkan melalui Internet.  Sebelum memberikan kartu kredit Anda atau informasi keuangan, pastikan Anda menggunakan browser yang aman:

  • Pastikan “http” pada panel alamat telah berubah menjadi baik “https” atau “shttp” di halaman di mana Anda diminta untuk memasukkan informasi pembayaran.
  • Konfirmasi status keamanan di daerah kanan bawah layar pada halaman di mana Anda diminta untuk memasukkan informasi pembayaran. Di Microsoft Internet Explorer, gembok tertutup akan muncul dalam situasi aman. Pada Netscape Navigator (versi 4 atau lebih tinggi), gembok yang terkunci akan muncul.
    Ingat, hanya melakukan bisnis dengan perusahaan-perusahaan yang menggunakan teknologi server yang aman. Jika situs tidak aman, jangan membeli dari sana.
  1. Pastikan Anda Mengenal Baik Penjualnya.

Banyak situs Web menjual barang secara online, tapi yang mana yang dapat anda percaya dan bagaimana Anda mengtahuinya? Penjual sering mencetak alamat Web mereka pada kartu kredit, kuitansi, kartu nama, tas belanja, dan iklan. Tetapi, bagaimana dengan situs belanja online yang belum pernah Anda dengar? Bagaimana Anda tahu siapa yang sah dan reputasi baik dan siapa yang tidak? Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri Anda sendiri.

  1. Pertama, pastikan situs Web menyediakan ‘nama bisnis, alamat, dan nomor telepon. Jika tidak, mungkin Anda harus mempertimbangkan untuk meninggalkan situs. Jika ada nomor telpon disediakan, pertimbangkan untuk menelepon perusahaan untuk memverifikasi keamanan situs Web mereka.
  2. Kedua, Lihat nama bisnis di Google, buka dalam jendela browser baru.
    Apakah Anda akrab dengan penjual barang atau jasa? Apakah Anda memahami semua biaya (termasuk harga, pengiriman, dan pajak)? Informasi garansi dan kebijakan pengembalian? Pastikan situs memiliki informasi yang jelas mengenai apa yang dapat Anda lakukan jika Anda memiliki masalah dengan pembelian Anda.
    Apakah situs menampilkan keandalan segel? Mengenai segel ini ada dua yang harus anda tahu yaitu segel Reliability BBBOnLine dan segel sertifikasi VeriSign. Buka jendela baru dan cari Web Retailer papan atas untuk jenis barang yang anda cari.hasil pencarian ini akan meyakinkan anda siapa yang dapat anda percaya untuk bertransaksi. Setelah Anda menemukan penjual online yang Anda sukai dan percaya, kembali dan membeli lagi dari situs tersebut.
  3. Baca pernyataan privasi.

Anda mempunyai hak untuk melindungi privasi Anda. Apakah Anda sedang mengunjungi sebuah perusahaan hiburan, melakukan penelitian di Internet atau berbelanja online, Anda tidak perlu memberikan informasi pribadi kepada siapa pun. Perlu diingat bahwa teknologi memungkinkan seseorang untuk mengumpulkan informasi tertentu tentang diri Anda saat browsing situs Web mereka, karena adanya fasilitas cookie. Anda bisa menerimanya asalkan pernyataan privasi diposting di situs dan menjelaskan bagaimana mereka akan menggunakan informasi yang dikumpulkan mengenai Anda. Baca kebijakan privasinya dengan seksama. Jika Anda memilih untuk menggunakan situs Web mereka, atau bagian tertentu dari situs Web mereka, maka Anda bebas memberikan izin bagi mereka untuk berpotensi menjual atau memberikan informasi yang dikumpulkan kepada orang lain. Anda memiliki pilihan untuk meninggalkan situs dan “memilih keluar” jika Anda tidak setuju dengan pernyataan mereka. Hindari berbelanja pada situs yang tidak memberikan kebijakan privasi. Lihat tanda-tanda bahwa situs telah ditinjau oleh organisasi-organisasi yang dapat dipercaya, seperti BBBOnLine, TRUSTe, Verisign, Thawte untuk memastikan bahwa sebuah web telah menunjukkan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip privasi online yang dapat dipercaya.
Satu-satunya informasi Anda diminta untuk memberikan ketika membeli sebuah produk online adalah nomor kartu kredit Anda dan informasi pengiriman. Jangan mengungkapkan informasi pribadi (alamat, nomor telepon, nomor Jaminan Sosial, dll) kepada siapa pun kecuali anda tahu dengan siapa dan mengapa informasi tersebut dikumpulkan.

  1. Bayar Dengan Kartu Kredit.

Membayar kartu kredit adalah yang paling aman dan cara tercepat untuk berbelanja online. Transaksi Anda dilindungi oleh Fair Credit Billing Act. Hal ini tidak hanya memberikan Anda hak untuk sengketa biaya dan menangguhkan pembayaran hingga masalah ini diselesaikan dengan kreditur, tetapi tanggung jawab Anda dilindungi di bawah undang-undang internasional. Kewajiban Anda biasanya hanya sebagian kecil dari jumlah.
Perhatikan bahwa aturan untuk kartu debet sedikit berbeda daripada kartu kredit. Pertama, uang yang terkait dengan pembelian biasanya segera ditarik dari rekening bank Anda dengan yang ada pada pedagang. Dan batas kewajiban kartu debit berbeda.

  1. Jaga Password Rahasia Anda

Banyak orang yang malas dalam menjaga rahasia password yang baik dan unik. Terlalu sering password yang sama digunakan berulang-ulang. Dan lebih parah lagi, seringkali password yang digunakan adalah sesuatu yang mungkin bisa diprediksi seperti ulang tahun,  nama anjing, atau nama pasangan. Dan jika Anda harus menuliskan password Anda di selembar kertas, jangan tinggalkan informasi ini di tempat di mana orang lain dapat menemukannya, seperti di samping komputer. Ingat! Lindungi password anda. Jika Anda memiliki rekening di lebih dari satu, pastikan setiap password berbeda. Gunakan kombinasi yang tidak dapat diramalkan dalam bentuk angka, huruf dan simbol. Jangan berikan kata sandi Anda kepada siapa saja yang menghubungi Anda. Jangan pernah menggunakan sebagian atau seluruh nomor Jaminan Sosial Anda sebagai password.

  1. Mencetak tanda terima.

Setelah Anda telah menyelesaikan pembelian secara online, pastikan untuk mencetak dan file salinan pesanan dan nomor konfirmasi – termasuk e-tailer alamat Web – jika anda punya masalah dengan pembelian Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk melacak pesanan Anda dalam kasus barang tidak datang sesuai yang diharapkan. Kebanyakan perusahaan akan melihat pesanan dengan nama, nomor kartu kredit yang digunakan untuk pembelian, atau alamat pengiriman, tetapi urutan atau nomor transaksi akan membuat lebih mudah untuk melacak pesanan Anda. Secara hukum, bisnis online harus mengirimkan barang dalam waktu 30 hari setelah pembelian atau memberitahu Anda jika akan ada penundaan.

>>> DOWNLOAD GRATIS EBOOK karya Agus Sale, S.Pd<<< KLIK DISINI


>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer
Tags:
Categorised in:


3 Comments for Belanja Online Yang Aman

cara servis komputer