Menu Click to open Menus
Home » Komputer » Perbaikan Komputer » Cara Booting Komputer Dari Bootable CD atau DVD

Cara Booting Komputer Dari Bootable CD atau DVD

(6081 Views) June 14, 2010 8:33 am | Published by | 70 Comments

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

booting komputerArtikel ini saya tulis berdasarkan keluhan visitor yang ingin menginstall ulang windows tetapi tidak bisa boot dari CD ROM. Menurut beliau CD Boot sudah dimasukkan tetapi komputer selalu boot langsung dari hard disk drive. Kebetulan beliau adalah kelas pemula yang ingin belajar reparasi komputer. Sebetulnya masalah ini sederhana karena komputer tersebut diset untuk boot dari hard disk drive bukan dari CD ROM. Artinya perlu dilakukan perubahan kecil pada setting BIOS komputer.

Ikuti langkah-langkah mudah untuk boot dari CD atau DVD.

  1. Start komputer Anda, lalu tekan tombol untuk mengakses BIOS (ini relatif pada setiap pabrikan mainboard, ada yang menggunakan tombol F1, F1, DELETE. Pada umumnya mainboard Asus menggunakan tombol DELETE untuk mengakses BIOS). Tetapi mainboard lain sering menggunakan F1 atau juga F2.
  2. Setelah masuk BIOS, cari Primary First Boot (istilah ini juga ada kalanya beda sesuai mainboard). Dari Primary First Boot atur first boot dari CD atau DVD, bukan hard disk. Beberapa komputer sudah dikonfigurasi dengan cara ini secara langsung, tetapi banyak juga yang tidak.
  3. Simpan pengaturan no.2 diatas lalu silakan keluar dari BIOS. Masukkan bootable CD atau DVD dalam drive CD Anda.
  4. Restart komputer Anda.
  5. Tekan sembarang tombol ketika muncul pesan [Press any key to boot from CD or DVD… ] untuk boot dari CD atau DVD.
  6. Jika sampai pada point no.5 diatas Anda tidak melakukan apa pun, komputer Anda akan memeriksa untuk informasi boot pada perangkat boot berikutnya dalam daftar di BIOS dan biasanya komputer akan mencari hard disk untuk boot. Ada juga beberapa CD dan DVD bootable mengabaikan permintaan pada no.5 dan akan segera mulai instalasi.
  7. Setelah langkah no.5 di atas, komputer Anda sekarang akan boot dari CD atau DVD disk.

Jika sudah Anda mencoba langkah-langkah di atas tetapi komputer Anda tidak bisa boot dari CD atau DVD dengan benar, maka cermati dengan baik beberapa tips di bawah ini;

  1. Periksa kembali urutan boot di BIOS (Langkah 2 diatas). Saya telah menemukan bahwa nomor satu alasan bootable disk tidak akan boot adalah karena BIOS tidak dikonfigurasi untuk memeriksa CD / DVD drive pertama. Biasa juga sudah dikonfigurasi tetapi tidak disimpan (save).
  2. Apakah Anda memiliki lebih dari satu CD atau DVD drive? Coba masukkan CD atau DVD bootable pada drive CD lain dan restart komputer Anda. Ini untuk menjaga kemungkinan bahwa CD atau DVD drive yang satu pembacaannya sudah tidak valid lagi karena sudah berumur tua.
  3. Bersihkan CD atau DVD boot. Jika disk sudah tua, biasanya akan kotor/berdebu sehingga susah dibaca isinya.
  4. Jika boot sudah berjalan normal maka silakan lanjutkan proses instalasi dan nantinya akan ada 2 pilihan untuk Anda yaitu clean instalasi (instalasi total) dan repair windows.

Mudah-mudahan dengan artikel ini teman saya tadi masalahnya bisa diselesaikan. Untuk instalasi ulang dan repair windows akan dibahas pada artikel yang akan datang.

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

70 Comments for Cara Booting Komputer Dari Bootable CD atau DVD

  • wuish informasinya sangat bermanfaat gan, boleh sedot ilmunya nih !
    terima kasih ya !

  • yaya says:

    Artikel yang sangat bermanfaat…makasih pak dah diijinin ikut membaca !!

  • bambang says:

    pak saat install di installing window dvd tidak terbaca terus kenapa yaa ?
    terima kasih

    rgards
    bambang

  • sandi says:

    mas maff mau tanya ni laptop saya asus.wktu saya nyalakan mau nyala tapi tidak bisa booting,setelah saya otomatis saya jg ga bisa instal ulang.mohon minta solusi bwt saya

  • Juki says:

    Salam sukses mas.
    Saya mau nanya
    laptop saya acer 4736z pertama kali beli windows nya Xp , terus saya rubah menjadi windows 7. Tapi baru 1 minggu saya pake windows 7 saya merasa tidak betah dan ingin kembali ke windows Xp .
    Menurut data yg saya peroleh dr google cara utk instal kembali dr 7 mnjdi xp adlh dgn mggunakan aplikasi hiren dgn cara menghapus partisi C , dan saya sdh melakukan itu .
    Permasalahannya ,
    1) Booting CDRom xp nya ga kebaca mas , padahal saya sudah setting sama percis seperti tutorial di atas

    2)apakah semua data di laptop saya akan hilang ? Atau data yg hilang hanya di partisi C saja ? Dan yg di Partisi D aman ? Soalnya di partisi D ada file skripsi saya yg belum sempat saya save di media lain

    mohon infonya mas
    terimakasih

    • qbonk says:

      @Juki, Partisi D tidak hilang sejauh anda tdk delete. Masalah cd room tdk mendeteksi, itu bisa jadi karena cd installer sdh tua(non-ori) dan bisa jg karena bukan cd bootable. Jika bukan cd bootable mk tdk akan bisa terbaca saat start up

  • Nanda says:

    salam hormat mas..
    saya punya problem windows saya eror..ketika akan mencoba mengistal ulang ketika menekan sembarang saat muncul [Press any key to boot from CD or DVD… ] selalu masuk langsung kewindows dan tidak mau boot dari cdrom nya..

    saya sudah setting bios nya sesuai tutorial diatas dan cukup memahami tutorial diatas..sebelum2nya saya blum pernah mengalami hal ini..
    beberapa waktu lalu saya sempat mengupdate biosnya dgn versi terbaru,.apa mungkin karena itu?
    mohon petunjuknya..
    sekedar info saya menggunakan mobo asus crosshair V,.

  • Ezha says:

    Maksih mas artikelnya sngat brmanfaat saya sdah mncoba smua langkah itu tp sayangnya saya coba plihan clean instalasi dngan mnekan tmbol F6 & repair (F2) tdak mlakukan hal apapun.

  • Ezha says:

    Mas saya mau tnya nih
    notbook saya mengalami galat chkdsk, stop: 0x0000007b. berbasis xp
    mohon soulsinya
    mksihh

  • opick says:

    assaamu’alaikum.
    kak, kalau harddisk notebook nya rusak, apakah notebook nya bsa berfungsi seperti biasa.?

    Tp harddisk nya bs diganti dg flashdisk?

  • endjoy_adja says:

    laptop hp compaq nc4010
    laptop ini bila dinyalakan,sesudah masuk windows beberapa saat,tiba2 screen blank,dan bila dinyalakan lagi,hasilnya juga sama
    mohon bimbingannya

    • Qbonk says:

      @endjoy_adja, pertama, coba masuk dan login ke safe mode dulu. Jika di safe mode bisa jalan normal, berarti anda hanya harus melakukan windows repair. Jika safe mode juga tida jalan baik, selain mencoba repair seharusnya anda juga mengecek memori dan hard drive dengan diagnostic hardware

      • endjoy_adja says:

        Pak sy masih awam nih jd sy mau tau lebih jauh
        cara melakukan windows repair bgmn?
        cara mengecek memori dan hard drive dengan diagnostic hardware ?
        thx buat perhatiannya

  • abdi says:

    mas mau nanya,

    kalau saat on, laptop sudah tidak bisa masuk ke BIOS maupun membaca hardisk nya, apakah hardisknya sudah rusak total ya.
    kemana sarannya agar saya bisa menarik data yang kemungkinan masih bisa ditarik. trims

    • Qbonk says:

      @abdi, Ada 2 kemungkinan, Mainboard rusak, memori rusak/tdk terpasang baik. Masih ada kemungkinan hard drive masih baik. Silahkan buka hard drive lalu gandeng pada PC dan ambil datanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cara servis komputer