Menu Click to open Menus
Home » Komputer » Perbaikan Komputer » Cara Booting Komputer Dari Bootable CD atau DVD

Cara Booting Komputer Dari Bootable CD atau DVD

(9128 Views) June 14, 2010 8:33 am | Published by | 70 Comments

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

booting komputerArtikel ini saya tulis berdasarkan keluhan visitor yang ingin menginstall ulang windows tetapi tidak bisa boot dari CD ROM. Menurut beliau CD Boot sudah dimasukkan tetapi komputer selalu boot langsung dari hard disk drive. Kebetulan beliau adalah kelas pemula yang ingin belajar reparasi komputer. Sebetulnya masalah ini sederhana karena komputer tersebut diset untuk boot dari hard disk drive bukan dari CD ROM. Artinya perlu dilakukan perubahan kecil pada setting BIOS komputer.

Ikuti langkah-langkah mudah untuk boot dari CD atau DVD.

  1. Start komputer Anda, lalu tekan tombol untuk mengakses BIOS (ini relatif pada setiap pabrikan mainboard, ada yang menggunakan tombol F1, F1, DELETE. Pada umumnya mainboard Asus menggunakan tombol DELETE untuk mengakses BIOS). Tetapi mainboard lain sering menggunakan F1 atau juga F2.
  2. Setelah masuk BIOS, cari Primary First Boot (istilah ini juga ada kalanya beda sesuai mainboard). Dari Primary First Boot atur first boot dari CD atau DVD, bukan hard disk. Beberapa komputer sudah dikonfigurasi dengan cara ini secara langsung, tetapi banyak juga yang tidak.
  3. Simpan pengaturan no.2 diatas lalu silakan keluar dari BIOS. Masukkan bootable CD atau DVD dalam drive CD Anda.
  4. Restart komputer Anda.
  5. Tekan sembarang tombol ketika muncul pesan [Press any key to boot from CD or DVD… ] untuk boot dari CD atau DVD.
  6. Jika sampai pada point no.5 diatas Anda tidak melakukan apa pun, komputer Anda akan memeriksa untuk informasi boot pada perangkat boot berikutnya dalam daftar di BIOS dan biasanya komputer akan mencari hard disk untuk boot. Ada juga beberapa CD dan DVD bootable mengabaikan permintaan pada no.5 dan akan segera mulai instalasi.
  7. Setelah langkah no.5 di atas, komputer Anda sekarang akan boot dari CD atau DVD disk.

Jika sudah Anda mencoba langkah-langkah di atas tetapi komputer Anda tidak bisa boot dari CD atau DVD dengan benar, maka cermati dengan baik beberapa tips di bawah ini;

  1. Periksa kembali urutan boot di BIOS (Langkah 2 diatas). Saya telah menemukan bahwa nomor satu alasan bootable disk tidak akan boot adalah karena BIOS tidak dikonfigurasi untuk memeriksa CD / DVD drive pertama. Biasa juga sudah dikonfigurasi tetapi tidak disimpan (save).
  2. Apakah Anda memiliki lebih dari satu CD atau DVD drive? Coba masukkan CD atau DVD bootable pada drive CD lain dan restart komputer Anda. Ini untuk menjaga kemungkinan bahwa CD atau DVD drive yang satu pembacaannya sudah tidak valid lagi karena sudah berumur tua.
  3. Bersihkan CD atau DVD boot. Jika disk sudah tua, biasanya akan kotor/berdebu sehingga susah dibaca isinya.
  4. Jika boot sudah berjalan normal maka silakan lanjutkan proses instalasi dan nantinya akan ada 2 pilihan untuk Anda yaitu clean instalasi (instalasi total) dan repair windows.

Mudah-mudahan dengan artikel ini teman saya tadi masalahnya bisa diselesaikan. Untuk instalasi ulang dan repair windows akan dibahas pada artikel yang akan datang.

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

70 Comments for Cara Booting Komputer Dari Bootable CD atau DVD

  • wuish informasinya sangat bermanfaat gan, boleh sedot ilmunya nih !
    terima kasih ya !

  • yaya says:

    Artikel yang sangat bermanfaat…makasih pak dah diijinin ikut membaca !!

  • bambang says:

    pak saat install di installing window dvd tidak terbaca terus kenapa yaa ?
    terima kasih

    rgards
    bambang

  • sandi says:

    mas maff mau tanya ni laptop saya asus.wktu saya nyalakan mau nyala tapi tidak bisa booting,setelah saya otomatis saya jg ga bisa instal ulang.mohon minta solusi bwt saya

  • Juki says:

    Salam sukses mas.
    Saya mau nanya
    laptop saya acer 4736z pertama kali beli windows nya Xp , terus saya rubah menjadi windows 7. Tapi baru 1 minggu saya pake windows 7 saya merasa tidak betah dan ingin kembali ke windows Xp .
    Menurut data yg saya peroleh dr google cara utk instal kembali dr 7 mnjdi xp adlh dgn mggunakan aplikasi hiren dgn cara menghapus partisi C , dan saya sdh melakukan itu .
    Permasalahannya ,
    1) Booting CDRom xp nya ga kebaca mas , padahal saya sudah setting sama percis seperti tutorial di atas

    2)apakah semua data di laptop saya akan hilang ? Atau data yg hilang hanya di partisi C saja ? Dan yg di Partisi D aman ? Soalnya di partisi D ada file skripsi saya yg belum sempat saya save di media lain

    mohon infonya mas
    terimakasih

    • qbonk says:

      @Juki, Partisi D tidak hilang sejauh anda tdk delete. Masalah cd room tdk mendeteksi, itu bisa jadi karena cd installer sdh tua(non-ori) dan bisa jg karena bukan cd bootable. Jika bukan cd bootable mk tdk akan bisa terbaca saat start up

  • Nanda says:

    salam hormat mas..
    saya punya problem windows saya eror..ketika akan mencoba mengistal ulang ketika menekan sembarang saat muncul [Press any key to boot from CD or DVD… ] selalu masuk langsung kewindows dan tidak mau boot dari cdrom nya..

    saya sudah setting bios nya sesuai tutorial diatas dan cukup memahami tutorial diatas..sebelum2nya saya blum pernah mengalami hal ini..
    beberapa waktu lalu saya sempat mengupdate biosnya dgn versi terbaru,.apa mungkin karena itu?
    mohon petunjuknya..
    sekedar info saya menggunakan mobo asus crosshair V,.

  • Ezha says:

    Maksih mas artikelnya sngat brmanfaat saya sdah mncoba smua langkah itu tp sayangnya saya coba plihan clean instalasi dngan mnekan tmbol F6 & repair (F2) tdak mlakukan hal apapun.

  • Ezha says:

    Mas saya mau tnya nih
    notbook saya mengalami galat chkdsk, stop: 0x0000007b. berbasis xp
    mohon soulsinya
    mksihh

  • opick says:

    assaamu’alaikum.
    kak, kalau harddisk notebook nya rusak, apakah notebook nya bsa berfungsi seperti biasa.?

    Tp harddisk nya bs diganti dg flashdisk?

  • endjoy_adja says:

    laptop hp compaq nc4010
    laptop ini bila dinyalakan,sesudah masuk windows beberapa saat,tiba2 screen blank,dan bila dinyalakan lagi,hasilnya juga sama
    mohon bimbingannya

    • Qbonk says:

      @endjoy_adja, pertama, coba masuk dan login ke safe mode dulu. Jika di safe mode bisa jalan normal, berarti anda hanya harus melakukan windows repair. Jika safe mode juga tida jalan baik, selain mencoba repair seharusnya anda juga mengecek memori dan hard drive dengan diagnostic hardware

      • endjoy_adja says:

        Pak sy masih awam nih jd sy mau tau lebih jauh
        cara melakukan windows repair bgmn?
        cara mengecek memori dan hard drive dengan diagnostic hardware ?
        thx buat perhatiannya

  • abdi says:

    mas mau nanya,

    kalau saat on, laptop sudah tidak bisa masuk ke BIOS maupun membaca hardisk nya, apakah hardisknya sudah rusak total ya.
    kemana sarannya agar saya bisa menarik data yang kemungkinan masih bisa ditarik. trims

    • Qbonk says:

      @abdi, Ada 2 kemungkinan, Mainboard rusak, memori rusak/tdk terpasang baik. Masih ada kemungkinan hard drive masih baik. Silahkan buka hard drive lalu gandeng pada PC dan ambil datanya

  • karim says:

    pak mohon petunjuk ,
    saya sudah melakukan langkah” diatas , tapi saat restart tidak ada perintah boot from cd/dvd , jadi langsung masuk ke windowsnya , mohon petunjuk ..

  • joeys says:

    Mas saya mo nanya, knp y d notebook saya,scren bios ny tidak muncul, shgga sy tidak bisa setting bios ny, mohon pencerahannya mas…

  • Boas says:

    Makasih ya mas Agus… maaf slama nih mngganggu…. Aku baru pmula dalam komputer. aku hanya ingin mncoba tntang beberapa RPL atau Software dalam komputer atau Laptop.

  • Kundalini says:

    Mas,mohon bantuannya ttg laptopku merk Toshiba,pas mau di start dan mulai booting ada tulisan2 aneh warna hitam putih seperti check cable dsb,prosesnya sekitar 30 detik.Kan ini memakan waktu start up.awalnya saya menginstal os xp dan gagal dan saya sudah berkali kali ganti os tetapi bios itu nyelonong terus tiap kali di start,mohon saran.thx

    salam

    • Qbonk says:

      @Kundalini, jika ada cd windows bawaan laptop silahkan gunakan yg itu, toshiba biasanya sangat kuat memproteksi penggunaan windows yg tdk diisinkan

  • Kadek says:

    mas, saya punya laptop hp mini type 110-3014,,
    pas saya setting biosnya knpa gak bisa muncul..
    Tolong pencerhannya???

  • Maaf, mas. saya lagi bingung banget nih. notebook hp mini saya cuma bisa loading dan gak bisa terbuka. saya mau tau cara install ulang dari booting dengan bootable cd di notebook hp mini 110-3000 saya. kirim ke email saya ya mas, atau bisa juga di website ini.
    Email: ali.gates@rocketmail.com

    Makasih atas perhatiannya, saya sangat mohon infonya. Sukses buat “BELAJAR KOMPUTER”

  • ted says:

    mas maaf saya mau tanya saya ada laptop acer aspire trus biosnya phoenix pas saya mau instal masuk bios dia minta paswrd maksdnya saya mau setting booting ke cd ….ada ga cara booting cd selain masuk ke bios…..??? mohon bantuanya mas

  • kalau cara2 diatas tidak bisa, dan karena mungkin anda2 sudah tau semua tentang hal diatas.
    ada satu hal lagi yang harus dicoba.
    bios tak bisa nyimpan settingan anda. sudah disett cdroom yang pertama. tetapi ketika anda restart. settingan berubah lagi ke default.
    jika seperti itu, selamanya anda ga bisa booting cd.
    sudah bisa ditebak. GANTILAH BATREI CMOSNYA.
    semoga bermanfaat.

  • yanuar says:

    CPU saya setelah di ganti motherboardnya,kalau di start selalu minta di tekan F1 dulu baru bs masuk ke windows.gimana caranya supaya bs otomatis masuk k windowsnya.mohon pencerahannya pak….terima kasih

  • agung says:

    mas mau tanya bagaimana cara setting bios jika mau nginstal windows 7 dilaptop lenovo??kalo cara yg mas kasih tau diatas kan melalui laptop merek asus…
    tolong bales ya,,,

  • ndo says:

    salam kenal,,
    saya punya kendala dalam mengintal ulang komputer tidak dapat membaca boot melalui Cd/Dvd,,
    langkah-langkah yang diatas sudah saya lakukan smua tapi tetap saja gak maw memulai proses pengistalan,,
    apakah ada yang salah dengan komputer saya,,
    tolong informasinya,,

    Thank’s..

    • Qbonk says:

      @ndo, berarti cd yg anda gunakan bukan cd installer, tetapi hanya cd yg berisi copian biasa saja. Anda harus membakarnya sebagai ISO file

  • adhi says:

    mas
    saya mau tanya …
    laptop saya gak mau booting dari CD Rom atau dari yag lainnya
    sudah saya coba ber bagai cara tetap gak bisa.
    apakah ada kerusakan hardwarenya atau apanya??

    laptop saya :
    presario 2500
    pentium 4
    ram 512

    mohon tolong saya

    terimakasih

    • Qbonk says:

      @adhi, Sudah setting BIOS atau belum, jika sudah setting BIOS dan tidak mendeteksi CD/DVD maka 2 kemungkinan kalo buka cd istaller rusak ya pasti dvd room

  • hery fazar says:

    bapak knp Komputer saya tetap gak mau Boot padahal CD Udah diganti NBios sudah dfisetting, da Pa y???

  • imam says:

    waduh… saya kurang paham tuh…
    hahah… maav masih pemula…
    saya ada PDF’a… bisa carikan yg mana selain first boot??
    mohon bantuannya…

  • belajar_komputer says:

    Coba cari di Menu “Boot” biasanya didalamnya ada pilihan tersebut

  • imam says:

    mas… saya mau nanya…
    saya pake mainbord asus P4S333-VF..
    saya mau instal ulang tapi g bisa…
    g ada tulisan first boot’a…
    bisa kasi tau cara’a instal ulang’a???

  • belajar_komputer says:

    Setiap file yg di-burn jika ingin terbaca pada saat startup komputer maka harus di-burn dlm bentuk ISO file. Solusi silakan cari di google dengan kata kunci “Membakar ISO file”

  • Ryan says:

    salam sukses pak agus..
    saya ada download program hdat untuk repair HD,saya melakukan booting melalui cd hasil burn dengan mengikuti langkah2 bapak.tetapi,tidak terbaca cd nya..mohon pencerahannya pak.trims
    saya burn cd dari hdat,saya extract dan burn semua hasil extract melalui nero.

  • belajar_komputer says:

    Penyelesaian;
    1. Artinya file2 eksekusi windows tdk dpt diloading dgn sempurna entah karena korup atau hilang. Solusinya lakukan dulu install repair.
    2. Jika anda punya persediaan memori, sebaiknya memori diganti utk sementara dan tes lagi. Jika dlm keadaan off, walaupun laptop dicas maka pasti tdk akan ada tegangan disekitar processor. Tegangan akan muncul di sekitar processor apabila sdh disulut dgn menekan tombol power. Utk dpt menyulut tegangan melalui tombol power maka memori hrs berfungsi baik. Mohon periksa juga komponen sekitar jack input tegangan pada laptop jangan2 ada komponen penyalur tegangan yg rusak. Pada bagian terakhir barulah kita mencurigai kerusakan processor.
    3.Sama dgn kasus no 2, periksa dulu memorinya

  • hendra says:

    salam sejahtera pak agus
    ini saya ada masalah mengenai laptop
    1.netbook asus ee pc,netbook ini kalau dinyalakan normal,namun saat tampilan operasi sistem berakhir,tiba2 layar blank,namun terdengar bunyi start up windows,saya sudah coba pakai xternal monitor namun sama saja,mohon solusinya

    2.laptop acer aspire 4710,laptop ini mati total,bila dicas,tidak ada lampu indikator menyala,
    kemarin sempat saya bongkar,dn dengan multimeter saya cek tegangan,ternyata tegangan hanya ada disekitar komponen yang dekat dan berhubungan dengan sistem pengisian(dekat colokan cas),arus mulai hilang diarea sekitar processor(processor juga bersEkatan dEngan sistEm pEngisian)
    apa ini processornya yang rusak ya ?awalnya laptop ini normal,namun saat hendak presentasi,saat disambungkan dengan infokus,tiba2 laptop mati,dn tidak bisa dihidupkan lagi.padahal saat infokus dicolokkan,laptop juga tidak dalam kondisi sedang dicas.
    mohon pencerahannya

    3.laptop hp compaq nc4010(tipe lama).
    laptop ini bila dibooting,pada saat tampilan bios,tiba2 mati,dan bila dinyalakan lagi,hasilnya juga sama,mati lagi.
    mohon bimbingannya

    salam sukses

  • Rahman says:

    gmana yha caranya klu misalnya saya lupa password log on windowsnya… saya pake laptop dan windows xp

  • belajar_komputer says:

    Langkahnya sama dgn no 1 dan 2 diatas, sesudah itu masuk ke menu “Boot” lalu silakan cari boot priority, kemudian pilih cd room

  • arief says:

    numpang tanya pak, cara rubah/seting bios boot ke cd motherboard asus P3b-f

  • belajar_komputer says:

    coba pilih no 1 dulu

  • khairil says:

    Mas nanya nih..
    pada boot option menu ada tiga pilihan
    1. notebook upgrade bay
    2. notebook hard drive
    3. notebook ethernet
    apa yang kita pilih untuk menginstal windows xp dengan cd???

  • belajar_komputer says:

    Sebenarnya ada juga cara menghapus password-nya dari windows tapi itu jauh lebih rumit daripada yg disarankan teman anda. Jadi lebih baik kita install ulang. Ikuti petunjuk ini;
    1. Siapkan cd installer windows
    2. Baca artikel ini; http://agussale.com/cara-booting-komputer-dari-bootable-cd-atau-dvd/ DAN IKUTI PETUNJUKNYA

  • adie says:

    salam sejahtera..

    mas, saya punya laptop sony vaio warisan dari almarhum kaka saya.
    di situ ada account ‘administrator’. nah, setiap saya mau ‘copy/paste’ file ke drive D, E, & F itu tidak bisa dilakukan dan saya di tagih password administator. nah, sedangkan yang membuat account tsb adalh alm kakak saya . jadi kesimpulannya. saya ingin membuka (atau menghapus) account tsb. agar saya bisa transfer data ke drive yang di sebutkan di atas .
    bagaimana solusinya ya mas ???

    saya pernah meminta saran kpd teman-teman saya. dan mereka merekomendasikan untuk melakukan ‘instal ulang’ dari boot screen.
    ttapi saya selalu gagal ….
    saya minta tolong di berikan solusinya..

    terimakasih…

  • belajar_komputer says:

    Bisa saja hal itu terjadi jika CD yg digunakan hanya berisi file windows copy-an biasa bukan cd windows iso file. Untuk masalah ini silakan gunakan windows original

  • dideza says:

    kalo dengan semua cara diatas sudah dilakukan, tetapi tetep ga bisa boot dari CD gimana mas.

  • belajar_komputer says:

    Agar sy tdk salah diagnosa, mohon prtanyaannya lebih jelas lagi. Trims

  • ww says:

    kenapa pada waktu instal ulang windows xp srh memasukan scsi trs aku asl pnct. instal selesai kok g bs booting

  • belajar komputer says:

    @ aan | salam kenal balik

  • aan says:

    terima kasih atas infonya

    salam kenal

  • Fenrir says:

    terima kasih atas link yang bapak berikan sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan saya

  • belajar komputer says:

    @ Fenrir | alamat lain yang bisa bapak kunjungi adalah; http://www.oprekpc.com/forum/topics23/membuat-bootable-cd-dvd-vt454.htm

  • belajar komputer says:

    @ Fenrir | Mohon maaf untuk bapak karena saya belum membuat tutorialnya (agak panjang) jadi jika keadaan bapak sangat terdesak sambil menunggu tutorial dari saya ada baiknya bapak mengunjungi alamat blog teman saya berikut karena kelihatannya bisa mengatasi masalah bapak;
    http://ebsoft.web.id/2008/08/16/cara-membuat-bootable-cd-ubcd4win/

  • Fenrir says:

    maaf pak mw bertanya…apakah bapak tau bagaimana caranya untuk membuat sebuah bootable CD/DVD karena saya ada mendonlod Windows 7 dari sebuah web tetapi saya hanya bisa melakukan instalasi upgrade karena setelah saya burn ke dlm DVD ternyata tidak dapat di boot meskipun sudah melakukan settingan seperti di atas…thanks before

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cara servis komputer