Cara Mengatasi Masalah USB Device Not Recognized

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook_repair_laptop

pesan USB not recognized Bila Anda menggunakan perangkat USB di Windows, Windows akan memuat dan menginstal driver perangkat lunak untuk berkomunikasi dengan perangkat USB baru. Banyak driver perangkat USB standar yang disertakan dengan Windows XP, lebih-lebih pada Windows Vista dan Windows 7. Tetapi jika perangkat USB tidak diterima oleh Windows, Anda akan melihat pesan USB device not recognized atau USB tidak terdeteksi.

Lihat pesan seperti di bawah;
USB not recognized
Solusi sementara adalah Anda dapat mencabut perangkat USB, tunggu beberapa detik dan pasang kembali, tetapi kemungkinan kesalahan akan tetap terulang. Perhatikan contoh lain dibawah ini;

USB tidak terdeteksi

Dalam kasus hard disk eksternal ditolak seperti gambar diatas, Anda juga bisa mendapat pesan kesalahan seperti berikut:

One of the USB devices attached to this computer has malfunctioned,
and Windows does not recognize it.

Bagaimana Mengatasi USB device not recognized

Mengingat fakta bahwa dalam banyak kasus driver perangkat USB biasanya hilang dari Windows, solusi umum untuk memperbaiki perangkat USB yang tidak terdeteksi adalah dengan menginstal ulang driver untuk perangkat USB. Dalam kebanyakan kasus perangkat USB baru akan disertai dengan CD driver yang berisi driver USB yang harus diinstal. Jika Anda tidak memiliki CD driver, Anda dapat mencoba untuk mencari dan mendownload driver perangkat USB pada situs web produsen.

Jika Anda benar-benar tidak dapat menemukan driver untuk perangkat USB, Anda dapat menggunakan program driver finder. Program tersebut akan menemukan dan download driver perangkat pada PC berdasarkan hardware yang secara otomatis diidentifikasi. Bahkan jika perangkat USB Anda tidak terhubung lagi, aplikasi akan mampu menemukan dan men-download driver USB tersebut.

Bila Anda memiliki CD driver, adalah bijaksana jika Anda sering mengupdate driver untuk mendapatkan versi driver terbaru untuk perangkat USB Anda. Driver pada CD sangat sering ketinggalan jaman dan driver yang diperbarui dapat memecahkan masalah, meningkatkan kinerja dan menambah fitur.

Manfaat kedua program pencari driver adalah dapat memperbarui semua driver usang pada sistem Anda. Ini berarti bahwa sistem atau chipset driver juga akan diperbarui, termasuk driver chipset USB pada motherboard Anda. Ini juga bisa memecahkan perangkat USB yang ditolak windows.

Metode lain untuk USB device not recognized

Apabila update driver USB tidak memecahkan masalah perangkat USB tidak diterima windows, ada beberapa hal lainnya yang dapat Anda coba untuk mengatasi kesalahan.

  1. Jika perangkat USB menggunakan kabel USB yang terpisah, coba gantu kabel untuk memastikan bahwa kabel USB tidak rusak.
  2. Periksa opsi konfigurasi pada perangkat itu sendiri dalam komputer, misalnya jangan-jangan ada setting yang menyebabkan hal itu. Terutama untuk perangkat USB eksternal seperti Mass Storage Device, pemeriksaan konfigurasi biasanya dapat memecahkan masalah.
  3. Periksa BIOS komputer Anda untuk memastikan port USB telah dikonfigurasi dengan benar. Kebanyakan perangkat USB baru bekerja paling baik dengan konfigurasi USB 2.0, namun dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu mengubah USB untuk “warisan” dukungan, yang berarti versi 1.1.
  4. Nonaktifkan manajemen daya dari hub USB di komputer Anda. Hal ini terkadang dapat membantu dengan perangkat USB tertentu.
  5. Pada Device Manager, klik kanan perangkat Universal Serial Bus controller dan pilih Uninstall dalam menu popup. Sekarang reboot komputer dan Windows akan menginstal ulang perangkat USB.
  6. Jika Anda menggunakan hub USB, coba memasukkan perangkat USB langsung ke komputer bukan dari hub USB. USB hub sering menimbulkan masalah kompatibilitas dengan perangkat USB tertentu.
  7. Cobalah mematikan komputer sama sekali dan cabut dari catu daya listrik. Tunggu beberapa menit sebelum plugging kembali lagi dan mulai start komputer.
  8. Hapus kunci registri yang terkait pada “HKEY_LOCAL_MACHINE SYSTEM CurrentControlSet Enum USB” dari registri Windows. Setiap perangkat USB memiliki sebuah entri di sana dimulai dengan “VID_”. Cari entri yang berhubungan dengan perangkat USB Anda dan kemudian menghapusnya. HATI-HATI dengan trik yang ini !!! Backup dulu registri Anda.
  9. Khusus untuk Windows XP, ada solusi lain mungkin yang terkait dengan Registry Windows. Ini merupakan menghapus nilai-nilai LowerFilters dan UpperFilters registri. Microsoft memiliki artikel basis pengetahuan tentang cara untuk melakukan ini.
  10. Dalam kasus perangkat USB tidak terdeteksi dan tidak ada pesan, maka kemungkinan yang rusak adalah port USB atau drive USB eksternal Anda.

Kebanyakan masalah perangkat USB yang dieolak dapat diatasi dengan salah satu solusi di atas. Jika Anda memiliki solusi lain, atau masalah USB yang tidak bisa diselesaikan dengan menggunakan tips ini, silakan sharing disini!


Untuk pembahasan lebih lengkap mengenai artikel di atas, silahkan KLIK DISINI
>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer


Tags: ,

18 Responses to Cara Mengatasi Masalah USB Device Not Recognized

  1. An Ton

    Selamat sore mas Qbonk,
    Mas mau nanya neeh, saya baru beli PC second seeh, menurut saya sih masih bagus dan pas saya coba juga masih lumayan cepet walupun specnya udah ketinggalan jauh. Yang jadi masalah adalah USB-nya tinggal port yang direct (dibelakang) dan sama sekali ga bisa ngebaca. Lucunya kalo saya instal dgn windows XP Profesional (yg lama) dia bisa ngebaca mas, tapi kalo saya pake SP3 dia sama sekali mas (Malfunction). Saya mau pake SP3 karena repot kalo instal software yang baru ngga kompatible. Saya udah coba cabut semua power, hapus file .VID, install ulang berkali2, sampai saya bikinin ground agar tidak ada aliran listrik yang berkeliaran di Casing, tapi hasilnya tetap nihil,solusinya ya saya pake CD kalo harus bawa file atau masukin file. Mohon pertolongannya Mas. Makasih sebelumnya.

    • Qbonk

      @An Ton, Hardware anda sdh tidk didukung oleh XP SP3, biasanya pd mainboard masih ada persediaan panel utk usb tambahan, tinggal belikan kabel usb plus potnya di toko komputer

      • An Ton

        @Qbonk, Maksih atas waktunya membalas pertanyaan saya.
        Kesimpulannya berarti komputer saya ngga akan bisa detect USB selama saya pakai XP SP3?
        Hadeeeeeh…

  2. Surya

    mas, sy punya compaq presario CQ20, mslahnya smua port USB ga bisa kebaca slalu device not recognized. sy uda coba instal semua sytem operasi tp hasilnya sama. anehnya lagi kl enable usb porp pada bios soundnya ga ada tp pada posisi disable soundnya ada. tolong solusinya utamanya port usb nya uda berbagai cara sy lakukan tp blm jg terbaca.

    • Qbonk

      @Surya, ini agak rumit gan, berkaitan langsung dgn mekanik maiboard….sebaiknya ke Compaq

  3. dadang

    bagaimana cara memperbaiki port usb yang rusak

    • Qbonk

      @dadang, jika port usb rusak brarti mentok mas, satu2nya cara port yg masih baik dicabang jadi beberapa port

  4. angga

    mas saya mw tanya tentang koneksi USB dr ponsel sya..

    setelah sya coba beberapa kali tetap hubunga ke komputer tidak masuk..
    hanya saja menjadi pengisian batrey biasa

    sebelumnya selain mengisi batrey sambungan ke komputer juga masuk
    namun dicharger juga masuk
    apakah ada masalah dengan kbel USBnya tw port USBnya….?

    mhon bantuannya

    • Qbonk

      @angga, sesuaikan antara kabel usb yg digunakan dengan tipe hp yg anda gunakan karena itu beda2

  5. Donjuanno

    Mohon solusinya ya mas. Saya ada masalah sama usb card reader. Mulanya gak ada masalah, tapi setelah pc saya terinfeksi virus, setiap card reader di colokin keport usb slalu muncul “USB device not recognized” dan saya periksa di device manager terdeteksi “Unknow device”. Sudah saya install ulang win xp, tapi tetap aja masalah tersebut diatas tdk teratasi. Kira kira apa ya solusinya. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak banyak Terimakasih… ! Wassalam…

    • @Donjuanno, Masukkan card reader….lalu masuk device manager kemudian uninstall card reader dan setelah itu set ulang card reader dengan mengklik “Scan for hardware changes” lalu lakukan instalasi drivernya jika ada

  6. belajar_komputer

    1. Sebetulnya tdk harus kabel mahal, tp harus dipastikan apakah kabelnya masih bagus.
    2. Untuk OS yg baru seperti win 7 dan vista memang kebanyakan org mengalami kesulitan tentang hal kompatibel ini

  7. accept

    kalo laptop ACER kayaknya udah ga suport printer dot matix ya? saya coba pake USB to LPT1, tetep tidak terdeteksi, apa kabelnya harus yang bagus.dan mahal ?

  8. belajar_komputer

    Ada 2 kemungkinan;
    1. Anda memasukkannya port tdk bagus/coba pindahkan ke port usb yg lain
    2. Jika anda memindahkan ke port lain dan hasilnya sama maka dipastikan bahwa komputer anda tadi bervirus.

    Catatan; masalah2 seperti ini dibahas secara lengkap pada “Panduan Teknisi Komputer” yg bisa anda lihat disini; http://www.dpcworld.com

  9. Eko

    Mas, mau tanya. Kalo kita menancapkan USB FD/Ekst HD, bisa kedeteksi. tapi pas mau di akses (misal copy file, dll) tiba2 isi FDnya tidak terbaca. Kalo FD/Ekst HD tadi digunakan di komputer lain, gak masalah.

    Tambahan informasi, dulunya sih masalah tersebut tidak pernah muncul, baru skitar 2 bulan terakhir. sudah dicoba install ulang OS (win XP maupun linux) tetap tidak bisa. Port sudah dicoba digunakan untuk device lain (USB modem, mouse, keyboard), tidak ada masalah.

    Kira2 solusinya apa ya? makasih…

  10. belajar_komputer

    Sebenarnya versi standar mengatasi blue screen sdh ada dlm arsip blog ini. Yang lengkap akan saya kerluarkan bersamaan dengan ebook versi berbayar

  11. abidin

    cara mengatasi blue screen

  12. Nah yang ini sering banget saya alami!
    Makasih tipsnya Pak :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Maaf, mungkin komentar anda di sin telat kami balas, kami anjurkan sebaiknya gabung grup FB kami dibawah ini;
ebook-servis-komputer

cara servis komputer