Menu Click to open Menus
Home » Windows » Cara Menginstall Windows 7 dari USB Flash Disk

Cara Menginstall Windows 7 dari USB Flash Disk

(2203 Views) July 25, 2010 10:36 am | Published by | 6 Comments

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

menginstall dari usbPada artikel kemarin, saya telah membahas langkah-langkah Cara Membuat Bootable Flash Disk Windows 7 sebagai antisipasi jika suatu waktu DVD installer windows 7 tidak dapat digunakan. Pertanyaan selanjutnya adalah; Bagaimana cara menginstall windows 7 dari bootable usb flash disk ? Persyaratan pertama adalah mainboard komputer harus mensupport untuk booting dari usb flash disk, artinya pada BIOS ada pilihan untuk booting dari usb. Jika tidak ada, maka satu-satunya jalan adalah install dari DVD drive. Yang jelas tentu saja Anda jug harus punya flash disk bootable windows 7.
Langkah-langkahnya sangat sederhana dan disini saya hanya memberi petunjuk masuknya tetapi proses instalasi windows 7 tidak termasuk dalam liputan artikel ini. Sebelum Anda lanjutkan, ada baiknya Anda baca perbandingan settingnya dengan artikel ini; Cara Booting Komputer Dari Bootable CD atau DVD karena cara-caranya mirip.
Inilah cara menginstall windows 7 dari flash disk ;

  1. Silakan colok usb flash disk bootable kekomputer Anda.
  2. Start komputer Anda, lalu tekan tombol untuk mengakses BIOS (ini relatif pada setiap pabrikan mainboard, ada yang menggunakan tombol F1, F1, DELETE. Pada umumnya mainboard Asus menggunakan tombol DELETE untuk mengakses BIOS). Tetapi mainboard lain sering menggunakan F1 atau juga F2.
  3. Setelah masuk BIOS, cari Primary First Boot (istilah ini juga ada kalanya beda sesuai mainboard). Dari Primary First Boot atur FIRST BOOT dari USB, bukan hard disk. Beberapa komputer dikonfigurasi secara langsung booting pertama dari CD/DVD jadi Anda harus mengubahnya. Lihat gambar dibawah; cara install windows 7
  4. Simpan pengaturan no.3 diatas lalu silakan keluar dari BIOS. Masukkan Flash disk Installer ke dalam port USB komputer Anda.
  5. Restart komputer Anda.
  6. Tekan sembarang tombol ketika muncul pesan [Press any key to boot from … ] untuk boot dari flash disk

Jika sampai pada langkah 5 diatas dan langkah 6 tidak muncul, maka ada beberapa kemungkinan;

  1. Periksa kembali pada setting BIOS apakah benar usb flash disk sudah menjadi first boot? Jika belum silakan diatur kembali.
  2. Jika sudah benar pengaturannya dan proses instalasi tidak juga jalan (langkah 6 belum ada) maka berarti kesalahan format flash disk, artinya flash disk tidak bersifat bootable. Ini bisa terjadi jika proses pembuatan flash disk bootable windows yang diulas pada artikel sebelumnya ada langkah yang salah.

Semoga berhasil.

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

6 Comments for Cara Menginstall Windows 7 dari USB Flash Disk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cara servis komputer