Menu Click to open Menus
Home » Komputer » Perbaikan Komputer » Driver Irql Not Less Or Equal Stop Windows 7

Driver Irql Not Less Or Equal Stop Windows 7

(3922 Views) January 22, 2011 9:13 am | Published by | 2 Comments

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

blue screenWindows 7 anda mengalami masalah atau crash? Ada banyak alasan mengapa sistem Windows 7 Anda menjadi crash dan salah satunya yang sering muncul adalah error DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL STOP atau BSOD (Blue Screen of Death). Artikel ini akan memberikan beberapa tips umum yang berkaitan dengan penyebabnya bersama dengan beberapa saran pemecahan masalah.

Pesan kesalahan ini berarti bahwa sistem mencoba untuk mengakses memori pageable dengan menggunakan kernel interrupt request level (IRQL) yang terlalu tinggi. Ini adalah salah satu kesalahan paling umum dan memiliki banyak kemungkinan penyebab, tetapi penyebab yang paling umum adalah seperti berikut:

  1. Kerusakan driver
  2. masalah Hardware
  3. masalah software Anti-virus
  4. Overclocking terlalu berlebihan

Apabila pesan yang muncul adalah nomor 1, dan anda melihat ada nama file yang disebutkan pada layar biru ketika terjadi blue screen, silakan googling untuk nama file itu agar dapat memperoleh penjelasan pada setiap driver atau paket perangkat lunak. Hal ini penting menentukan driver yang Anda butuhkan untuk diperbarui. Jaringan SCSI dan driver grafis sering menjadi masalah pada driver maka dengan itu Anda dianjurkan memperbarui semua driver secara manual jika sulit untuk melacak masalah.

Dianjurkan juga untuk menganalisa “dump file” yang berisi informasi lebih rinci tentang masalah itu. Dump file ini terletak di C:\Windows\Minidump dan jika sudah dibuka dan anda bingung silakan diposting ke forum untuk analisis oleh oleh para ahli. Informasi tambahan akan sering memberikan petunjuk yang baik pada masalah crash BSOD.

Jika anda tidak dapat boot ke Windows 7 untuk memperbaiki masalah, Anda mungkin masih dapat boot menggunakan safe mode (tekan F8 ketika startup) dan masih mengakses Windows walaupun safe mode. Jika ini masih tetap tidak berhasil, cobalah memilih “Last known good configuration”. Jika ini juga gagal, sistem menggunakan program restore untuk memutar kembali ke sistem anda beberapa hari mungkin pilihan yang baik. Anda dapat menggunakan Windows 7 DVD instalasi untuk boot ke menu opsi pemulihan, kemudian pilih “System Restore”.

Masalah Hardware lebih sulit untuk mendiagnosa, tetapi jika Anda telah menggunakan instalasi total dari Windows 7 dan masalah masih terjadi, maka hampir dapat dipastikan ini masalah hardware. Memori paling sering jadi biang keladinya, sehingga Anda dapat menggunakan tool seperti memtest (atau Windows 7 diagnostik memori) untuk memeriksa RAM Anda untuk masalah ini. Mengganti komponen seringkali satu-satunya cara sangat mudah untuk memeriksa kesalahan. Jika sudah pasti memorinya yang rusak, silakan langsung diganti.

Masalah ini juga sering muncul ketika dilakukan overclocking melebihi kemampuan computer. Ini sering dilakukan para gamer. Jika terjadi masalah ini dan anda seorang gamer maka kecurigaan pertama adalah overclocking. Silakan kembalikan ke posisi semula.

Incoming search terms:

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

2 Comments for Driver Irql Not Less Or Equal Stop Windows 7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cara servis komputer