Inilah 5 Penyebab Komputer Restart Sendiri

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook_repair_laptop

PC restart sendiriKomputer PC umumnya bekerja efisien dan tidak ada masalah. Namun, kadang-kadang juga PC rusak dan salah satu masalahnya adalah komputer reboot sendiri. Berbagai masalah yang berbeda dapat terjadi yang akan menyebabkan kegagalan dan akhirnya komputer restart sendiri. Peristiwa ini dapat disebabkan oleh kesalahan sistem, fluktuasi daya atau ketidakcocokan secara keseluruhan.
Catatan: artikel ini hanya mengungkap penyebabnya dan jalan keluarnya akan dibahas pada artikel berikutnya. Inilah 5 penyebab komputer restart sendiri;

  1. Kapasitor. Salah satu penyebab utama PC reboot sendiri adalah masalah motherboard. Ketika kapasitor pada motherboard gagal karena kering atau bocor, komputer akan reboot berulang kali. Hal ini biasanya disebabkan oleh sumber daya listrik yang buruk dan tidak stabil.
  2. Lonjakan Power. Sebuah lonjakan listrik dapat disebabkan oleh kegagalan daya tiba-tiba. Hal ini dapat disebabkan oleh lonjakan listrik dari layanan listrik setempat. Hal ini dapat menyebabkan kegagalan PC dan sistem operasi Windows. Untuk mencegah hal ini, Anda harus selalu menggunakan Stabilizer dan Uninterrubtible Power Supply (UPS).
  3. Fatal Error. Kadang-kadang, Anda akan menemukan sebuah kesalahan fatal yang muncul menyebabkan layar biru. Dalam versi Windows sebelumnya, layar ini tetap sampai reboot manual. Namun, dengan XP dan seterusnya, fatal error ini akan menyebabkan komputer reboot sendiri. Jika kesalahan tidak diperbaiki, PC akan terus reboot.
  4. Software dan Driver. Kadang-kadang, ketidakcocokan perangkat lunak akan menyebabkan PC reboot sendiri. Jika sebuah aplikasi baru dipasang, mungkin ada kesalahan. Jika tidak, perangkat keras baru membutuhkan driver yang mungkin bertentangan dengan perangkat lunak lainnya.
  5. Perangkat keras. Kerusakan Hardware akan terlihat pertama kali ketika komputer boot. Jika jenis perangkat yang salah telah dipasang, maka akan menyebabkan masalah inkompatibilitas dan kadang-kadang menyebabkan reboot.

Demikian artikel singkat ini, semoga membantu anda dalam analisa.


Untuk pembahasan lebih lengkap mengenai artikel di atas, silahkan KLIK DISINI
>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer


Tags: , ,

16 Responses to Inilah 5 Penyebab Komputer Restart Sendiri

  1. Reno

    Boss,, mintk bantuuan duung,, komputrku tu restas trus menerus, nyala mungkin 5-10 mnt, LCD mati dn mouse jg mati, tp kipas msh menyalah,,, power suple ud d ganti mash saja, tegangn listrik 220, pendingin ud d kash pasta mash saja,, tlng duung bantuannya,, tksh sblmnya..
    salam kenal dri palembang

  2. komputerku tu kalo hidup kira-kira 5 jam ke atas suka restar sendiri, tapi kalo cuma 1 ato 2 jaman aja gak masalah. kira-kira tu masalahnya apa ya gan? makasih semuanya. dapat ilmu lagi nih….

    • Qbonk

      @tokoniaga, coba buka dan bersihkan sekitar aluminium pendingin

  3. wah tank mas atas infonya….saat ini komputer saya juga begicuuuuu…penyakitan…

  4. denym

    Kalau kejadian di kompi saya adalah karena adanya incompatibility pd memory, jadi saya gunakan hanya yang seragam dan sejenis. Saya asalnya ada 4 memory card, tapi yang 2 tdd masing-masing 512 mb berbeda jenisnya yaitu satu PC4200 sedangkan satunya lagi PC5300 walalupun sama merknya. Akhirnya dua-duanya saya cabut, dan yang dipasang hanya yang sejenis dimana masing-masing 1 Gb.

    • denym

      @denym,
      Ternyata setelah dicek lagi, penyebabnya adalah kerusakan pada VGA card. Setelah diganti VGA cardnya dengan PixelView 220 GT GeForce, kompi saya jalan lagi, malahan jadinya upgrade sekalian juga jadi kelas value yaitu MB Gigabyte P41T D3P, Prosesor Intel Core 2 Duo E7500 dan menggunakan memory DDR3 (2×4 Gb= 8Gb).

  5. makasih banyak…dikit2 belajar IT nih….siip

  6. kalau komputer blank setelah masuk sistem operesi itu kira2 di mana’ Ya _ terjadi kerusakanNya di sofware / hadwarenya ?

    • irvandi.b

      @opick,
      mnurut sya masalh utama trjadi VGA card
      n ram’y yg kotor coba bersihkan pake penghapus searah jarum jam 1x smpai 2 kl trus
      cek kabel dari vga jika tetap tdk muncul jg ada mslah dgn krtu grafis sy sarankn backup data lwat kmputer lain yg shat pndahkn data2ny smua… jika tdk bs diinstal ulang alias tetap blank rarti vga
      km rusak…
      hanya berbagi mgkn ada tman2 yg lbih pham bs bantu,…km okey’

  7. saya sangat setuju dgn postingan anda

  8. sri karsono

    Yap….. makasih TIPs-nya,
    tambah lg atu lg, yi. peningkatan panas pd prosessor diatas toleransi, bisa krn heatsing kotor ato fungsi pastacoller yg tdk masimal..

    klo dah tau penyebabnya tinggal menentukan jalan kluarnya

  9. Wow mantabb mas ..
    thx

  10. TVM

    siip……
    infonya sangat membantu…..

    saya tambahkan satu lagi infonya.

    kalau masih bolak-balik restart PC-nya coba cek baterai BIOS-nya.

    menurut pengalaman saya, PC di kantor saya tiba-tiba restart terus-menerus saat mau dinyalakan.
    saat saya cek ternyata baterai BIOS sudah habis dan perlu diganti yang baru langsung bisa nyala dan tidak restart lagi.
    harganya murah kok cuma 10rb (kurang lebih)………

    thx infonya…..

  11. BETUL BANGET MAS ”
    yang sering saya temukan yaitu no 1& no 4″ sedikit menambahkan” pabila capasitor yg kering (condensator elko yang ukurana nya 3300uf 6,3 v dekat prosesor saya saran kan diganti +yg lebih tinggi menjadi 4700 uf 6,3v-10v)
    oke mas terus berkarya” materi nya sangat membantu!!!!!! makasih”

    • sri karsono

      @rudi thea, mantap mksih, masukan yg berharga banget buat sy. smogaberkembang trus dan terusss-

  12. penyebab-penyebab diatas memang sering aku temukan pada komputerku…
    yang paling sering yaitu nomer 2 dan 4…

    dari artikel diatas kita lebih hati-hati dan lebih mengetahui kerusakan komputer kita…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


9 × = fifty four

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Maaf, mungkin komentar anda di sin telat kami balas, kami anjurkan sebaiknya gabung grup FB kami dibawah ini;
ebook-servis-komputer

cara servis komputer