Menu Click to open Menus
Home » Komputer » Tahukah Anda » Internal Random Access Memory (RAM)

Internal Random Access Memory (RAM)

(2401 Views) November 9, 2011 1:24 am | Published by | 5 Comments

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

internal-RAMInternal random access memory (RAM) adalah memori komputer yang dibangun langsung ke dalam chip mikrokontroler, seperti central processing unit komputer (CPU). Internal RAM ini digunakan oleh programmer untuk meningkatkan kecepatan fungsi program yang langsung ditangani RAM internal, dan memastikan bahwa proses antri data yang akan diproses lebih cepat
Internal RAM ini dapat mempercepat kinerja prosesor karena instruksi yang sering digunakan dapat dikirimkan ke CPU lebih cepat daripada menarik mereka dari RAM eksternal.
CPU memiliki tiga level cache, atau RAM internal. Cache prosesor terdiri dari statis RAM (SRAM) tetapi bukan memori yang terpasang pada motherboard dan yang disebut RAM dinamis (DRAM). Ketika CPU mencari data, cek pertama dilakukan pada cache Level 1 (L1), lalu Level 2 (L2), lalu Level 3 (L3). Jika data tidak ditemukan maka CPU akan menarik data dari DRAM.
Dalam prosesor, cache L1 ditugaskan untuk inti pada prosesor itu sendiri. Ini adalah RAM internal yang tercepat karena bertindak sebagai buffer untuk instruksi yang akan diserahkan kepada inti prosesor. Dalam multi-core, ini dilakukan secara substansial dan dapat mempercepat pengolahan jika beberapa core menangani pekerjaan secara individual melalui permintaan L1 cache.
Cache L2 dalam paket CPU masih dianggap RAM internal. Cache L2 ini tidak dibangun langsung ke chip CPU sebagaimana cache L1. Inti cache L2 didedikasikan untuk dapat beroperasi secara paralel bersama L1, sehingga ada tambahan kecepatan dengan adanya L2. Namun, Cache L2 lebih lambat dari cache L1.
Cache L3 tidak dalam paket CPU, sehingga tidak dianggap RAM internal dan mempunyai fungsi tersendiri. Cache L3adalah RAM eksternal tercepat yang tersedia dalam komputer. Semua CPUsaat ini selalu berbagi core cache L3.
Seluruh proses dalam CPU merupakan antrian data mulai dari data DRAM eksternal, masuk ke RAM internal dan akhirnya ke instruksi pemrosesan yang sebenarnya. Fungsi tertentu dalam program apapun selalu menetapkan prioritas proses data, artinya yang lebih duluan akan dipindahkan ke bagian depan antrian sebagai bagian dari optimasi program individu. Data dengan prioritas tertinggi ditujukan langsung ke cache L1 untuk pemrosesan tercepat, dan antrian prioritas terendah akan melalui seluruh proses.
Demikian penjelasan Internal Random Access Memory (RAM) dan semoga anda bisa membedakannya dengan DRAM atau RAM eksternal.

Incoming search terms:

>>> DOWNLOAD GRATIS EBOOK karya Agus Sale, S.Pd<<< KLIK DISINI


>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer


5 Comments for Internal Random Access Memory (RAM)

  • Yoga says:

    MAu tanya
    Harga RAM berapa?

  • Usman says:

    mau tanya boz,,

    windows di komputer saya itu dulunya bisa bekerja dengan cepat, tapi ahir-ahir ini kinerjanya berkurang, saya lihat di Task Manager ternyata kinerja CPU nya tidak maksimal, hanya sekitar 30% saja, padahal kalau dulu bisa mencapai 100%….

    Itu penyebabnya apa ya boz?? dan bagaimana cara mengatasinya? Mohon bantuannya…. Terimakasiih…

  • Fadly rifai says:

    bos .. saya mau nanya nih .. di laptop saya gak bisa menggunakan screen savers 3D .. dan ada tulisan seprti ini bos .. ” the sreen saver can’t run because it requires a newer video card or one thats compatible with direct 3D ” gitu bos .. itu kenapa ya ?? saya jdi bingung …

    • Rofik Mahrori says:

      @Fadly rifai,

      itu, faktornya karena vga card nya gak kuat, atau direct nya kurang tinggi. kalau direct kayak nya bisa di download dan di insatal,, coba aja bosss,,,\\\

      Moga bisa bantu.

cara servis komputer