Menu Click to open Menus
Home » Komputer » Keamanan Komputer » Keamanan Komputer (Seri-7)

Keamanan Komputer (Seri-7)

(1262 Views) December 28, 2016 1:08 pm | Published by | 2 Comments

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

Keamanan Files/Folders Tingkat Tiga (Selesai)

Pada artikel seri sebelumnya, kita sudah membahas tentang keamanan files/folders tingkat dua. Hasilnya lumayan aman namun belum cukup aman untuk ukuran saya. Mengapa? Karena masih ada dua celah yang gampang dimasuki lalu membuat setting lalu mengakses data. Apa celahnya?

  1. Salah satu jalan untuk bisa melakukan manipulasi sistem komputer adalah Regedit.exe dan file ini masih bercokol di drive C:\windows\regedit.exe
  2. Selama Group Policy masih bisa diakses maka selama itu pula data yang sudah kita simpan/amankan tetap tidak aman. Lokasi Group policy adalah Control Panel:\windows\system32\gpedit.msc


Untuk mengatasi masalah ini ada ada beberapa cara yang bisa dilakukan misalnya menyembunyikan Drive C:\ sebagai lokasi kedua file tersebut. Cara lain adalah menutup secara manual jalan masuk ke regedit dan group policy. Catatan : JANGAN MELAKUKAN TRIK KEAMANAN INI SEBELUM ANDA SELESAI MEMBACA DENGAN SEKSAMA ARTIKEL INI. Mengapa? Karena jika anda langsung melakukannya sambil membaca artikel ini maka anda sendiri tidak akan pernah lagi bisa mengakses Group Policy dan kalau itu terjadi, celakalah komputer anda.
Dalam artikel ini kita akan menggunakan tindakan pengamanan yang terakhir disebutkan di atas yaitu dengan menutup jalan masuk ke regedit dan group policy. Inilah langkah-langkahnya;

  1. Pastikan anda sudah melakukan pengamanan files/folders tingkat pertama dan tingkat kedua yang telah dibahas pada artikel sebelumnya.
  2. Buka Drive C:\windows. Silahkan cari dan copy lalu simpan di tempat aman (misalnya dalam flasdisk) file ini : regedit.exe
  3. Setelah anda copy dan simpan silahkan sembunyikan file aslinya dengan cara hidden (cara seperti pada artikel pengamanan file tingkat pertama)
  4. Buka Drive C:\windows\system32. Silahkan cari dan copy lalu simpan di tempat aman file ini : gpedit.msc (misalnya dalam flasdisk bersama-sama file gpedit.msc)
  5. Buka Group Policy
  6. Dibawah [User Configuration] silahkan buka [Administratif Templates]
  7. Buka [Start Menu and Taskbar]
  8. Di Kolom kanan cari dak klik satukali tulisan [ Remove Run menu from Start Menu]
  9. Klik satu kali pada [Properties] di kolom tengah.
  10. Dari jendela yang baru terbuka pilih dengan meng- klik [Enable]
  11. Klik [Ok] untuk menutup jendela.
  12. Buka kembali Drive C:\windows\system32 lalu cari sekali lagi file gpedit.msc.
  13. Sembunyikan gpedit.msc dengan cara hidden (lihat caranya pada artikel pengamanan files/folders tingkat pertama)
  14. Setelah langkah 13 selesai, tutup jendela Drive C:
  15. Ingat !!! anda hanya boleh menutup jendela group policy tempat anda bekerja tadi kalau langkah 4 diatas.
  16. Sekarang tutup jendela gpedit.msc.

Pertanyaan saya sekarang bagaimana anda membuka group policy yang sudah anda tutup tadi ? mudah saja … pastekan dalam komputer kembali gpedit.msc yang anda simpan tadi dalam flashdisk. Sesudah itu silahkan rubah kembali sesuka hati anda. Selamat mencoba !

>>> DOWNLOAD GRATIS EBOOK karya Agus Sale, S.Pd<<< KLIK DISINI


>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer


2 Comments for Keamanan Komputer (Seri-7)

  • rie says:

    kbetulan sya sdng cari artikel ini, alhamdulillah ktemu.. terimakasih..
    nah untk artikel diatas bisa saja gpedit.msc dibuka mnggunakan sbuah software..,yg trlebih dahulu hrs mlalui proses pnginstalan…yg mau saya tnyakan,gmn caranya instal program/software gk bisa dilakukan..?? (dlm hal ini komp client) klo sudah prnah dijelaskan,pd artikel yg mana?? terimakasih,mohon pncerahannya..

  • belajar_komputer says:

    Pada tahap lebih sederhana anda bisa menggunakan membuatkan user account limit sehingga org lain hanya bisa menggunakan tetapi tdk bisa menginstall.

    Catatan: karena ada 2 user, maka user administrator harus anda pasangi password

cara servis komputer