Menu Click to open Menus
Home » Belajar Blog » Kiat Memelihara Loyal Traffic

Kiat Memelihara Loyal Traffic

(956 Views) January 6, 2017 1:09 pm | Published by | 29 Comments

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

Memelihara Loyal Traffic adalah sesuatu yang penting. Setiap blogger menginginkan agar pengunjung hari ini akan datang lagi esok hari. Namun adakalanya harapan tidak sesuai kenyataan dan bahkan mungkin ada pengunjung yang berjanji untuk tidak akan pernah datang lagi. Nah kalau ini terjadi maka berarti ada sesuatu yang tidak beres pada blog kita. Memang tidak ada blog yang sempurnah menurut ukuran semua orang, tetapi setidaknya kita selalu berusaha menuju ke arah sana. Jika anda sudah membaca ebook 14 Kriteria Blog Profesional yang pernah saya tulis, artikel ini sebenarnya adalah lanjutannya. Dalam belajar internet kali ini ada 12 point yang baik untuk dipertimbangkan agar kita mendapatkan pengunjung yang setia.

  1. Kemudahan Komentar. Jangan mempesulit pengunjung dalam memberi komentar. Apa artinya? Yaitu bahwa biarkanlah pengunjung yang ingin memberi komentar dengan rasa nyaman. Jangan mempersulit mereka dengan harus login sebelum meberi komentar karena ini pemaksaan. Jangan membiarkan mereka menempuh 3 prosedur untuk memposting komentarnya.
  2. Berikanlah mereka kemudahan dan jangan membatasi penulisan identitas komentator misalnya hanya boleh nama dan identitas Google saja. Beberapa kali saya gagal memberi komentar pada beberapa blog karena yang ada hanya identitas diri tanpa mengisinkan meninggalkan alamat blog saya.
  3. Jika anda sudah menggunakan anti spam maka sebaiknya komentar pengunjung di-auto approve saja. Mengapa? Karena sangat sering komentator kecewa karena komentarnya yang dianggap bagus harus menunggu moderasi dulu dan biasanya mereka sudah malas mengecek kembali approve komentarnya alias malas kembali. Sebaiknya jika anda menghindari kata-kata yang tidak sopan sehingga menerapkan moderasi komenta, saran saya sebaiknya buatkan saja Policy Statement (Kebijakan Komentar) sehingga jika anda berhak untuk mengedit kembali komentar yang kurang sopan. Ingat! Alangkah bahagianya anda ketika anda bisa langsung melihat komentar yang baru saja anda tulis.
  4. Jika ada yang salah paham mengenai isi artikel anda jangan pernah menanggapi secara negatif. Ucapkan terima kasih untuk komentar seperti ini lalu katakan misalnya; “maksud saya dalam artikel ini……dst”.
  5. Jika anda tidak memasang buku tamu atau widget box maka jangan salahkan pengunjung jika mengajukan pertanyaan atau sekedar bertegur sapa pada kotak komentar.
  6. Jangan biarkan posting anda tanpa tanggal. Sebenarnya ketika kita menghapus tanggal posting mungkin anggapan kita agar postingan tetap up to date. Tetapi ingat bahwa posting tanpa tanggal adalah identik posting yang sudah basi walaupun berada di halaman pertama. Pengunjung biasanya malas memberi komentar pada postingan 2 bulan lalu, atau pada blog yang tidak pernah lagi diupdate. Walaupun posting baru ditulis tadi misalnya tetapi karena ada kecenderungan pikiran manusia kearah negatif bahwa “jangan-jangan ini postingan sudah dari bulan lalu”.
  7. Jangan takut memasang identitas anda pada blog. Ketika pengunjung datang maka jelas bagi dia “rumahnya” siapa yang sedang dikunjungi. Pengunjung akan kesulitan menyapa jika blog anda tidak disertai identitas pemilik blog. “Ih jangan-jangan ini blog siluman” hehehe siapa tahu mereka berpikir begitu.
  8. Pemakaian kata-kata atau istilah. Sebisanya gunakanlah istilah yang umum dan mudah dimengerti. Jangan memaksa pengunjung membuka kamus sebelum memahami isi artikel anda. Jika ada istilah asing yang masih baru, terjemahkanlah dahulu atau beri pengertian dalam kurung.
  9. Setting Posisi artikel. Jangan setting artikel pada posisi rata tengah (centre aligned). Mengapa? Sebab walaupun semua penulisan artikel Indonesia ditulis dari kiri ke kanan tetapi orang akan malas membaca artikel rata tengah karena kita sering kesulitan menemukan sambungan kata atau kalimat berikutnya.
  10. Footer blog. Jangan lupa mengganti default footer dengan identitas blog anda. Mengapa? Karena footer yang tidak sesuai akan melemahkan kesan pribadi pada blog anda.
  11. Email dan RSS supscription. Sebisanya sertakan fasilitas ini agar jika pengunjung senang dengan artikel-artikel anda, mereka dapat memperoleh update-nya lewat email atau feedblog.
  12. Penggunaan Favicon. Walaupun modal grafis anda pas-pasan sebisanya sertakan favicon yang menjadi ciri khas blog anda. Tidak perlu terlalu rumit dalam format gif tetapi cukup yang statis saja yang penting ada kesan yang mudah diingat pengunjung.

Apakah sudah cukup? Masih jauh dari cukup tetapi untuk sementara saya berpikir jika kita sudah melakukan hal ini sudah lumayan dalam rangka memuaskan pengunjung.

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

29 Comments for Kiat Memelihara Loyal Traffic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cara servis komputer