Menu Click to open Menus
Home » Belajar Blog » Link Exchange vs Traffic

Link Exchange vs Traffic

(1177 Views) December 30, 2016 1:09 am | Published by | 8 Comments

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

Kok pakai versus? Pertandingan kali…. Kayaknya bukan itu maksudnya. Pertanyaan pokoknya adalah mana yang lebih dominan mempengaruhi PR, link exchange atau Traffic? Jawaban sementara saya adalah meningkatkan traffic blog lebih dominan. Benarkah? Ini berdasarkan pengalaman saya mengelola sebuah website sekolah yang sekarang mempunyai PR-1 tanpa link exchange dan blog walking atau media sosilal blog lainnya.

Saya pernah membaca keluhan seorang blogger dalam sebuah forum yang mengeluh PageRank yang tidak naik. Masalah utamanya adalah sudah tukaran link plus banner dimana-mana tetapi PR tidak juga bergerak naik walaupun usia blognya sudah masuk 7 bulan. Beliau bertanya adakah pengaruh positip link exchange terhadap naiknya PR?

Jika dibandingkan antara keduanya, nampaknya traffic lebih berpengaruh daripada link exchange dalam hal menaikkan PR walaupun link exchange berpengaruh positip terhadap traffic. Saya berani mengatakan ini karena pengalaman pribadi mengelola sebuah website sekolah. Website ini tidak saya gunakan untuk blogwalking, tidak ada link exchange karena saya pikir konsumennya sudah ada, toh warga sekolah sudah mengetahui keberadaannya. Satu hal yang pasti adalah pengunjungnya rata-rata 50-60 perhari. Itu saja dan ternyata di usianya yang keenam bulan naik juga PR nya dari 0 menjadi PR-1.

Jadi masih adakah manfaat link exchange? Sangat banyak asal tidak berharap banyak untuk menaikkan PR. Link exchange tetap mempermudah orang dan search enginge untuk menemukan blog kita. Pertanyaannya sekarang adalah mengapa link exchange rendah nilainya di mata om Google? Untuk menjawab ini mari kita perhatikan contoh kasus ini;
Si Budi sedang berdiri ditengah-tengah dan dikelilingi oleh 10 orang teman dan kespuluh teman tadi mengarahkan perhatiannya pada Budi. Dalam contoh ini kita andaikan perhatian adalah sama dengan link pada blog. Asumsi pertama kita yang muncul adalah nampaknya si Budi itu orangnya penting karena ada 10 temannya yang menaruh perhatian padanya. Sekarang mari kita bawa kedalam blog. Mari kita perhatikan gambar di bawah ini;

Kalau kita cermati contoh gambar di atas logikanya adalah blog A adalah blog penting karena ada 3 blog yang link kepadanya artinya ada 3 blog yang bergantung padanya melalui link. Artinya nilai link ke blog A sangat tinggi. Jika dibanding dengan blog B, disini tidak ada nilai PR untuk link yang ada. Mengapa? Memang ada 3 link menuju ke blog B tetapi pada saat yang sama ada 3 link keluar dari blog B. Artinya ketergantungan blog lain terhadap blog B berbanding lurus dengan ketergantungan blog B terhadap blog lain. Nah jika demikian dimana letak nilai lebih dari blog B? Hampir tidak ada sama sekali.
Jika anda terbiasa dengan blog PPC Adsense Google tentu anda masih ingat dengan rumus ini; nilai klik timbal balik dari dari 2 IP komputer selalu berada pada nilai terendah dari yang seharusnya, karena Robot Google sering mencatatnya sebagai tukaran klik. Nah mengapa arisan klik begitu mudah dibanned oleh Google? Karena Google menganalisa seperti itu.
Nah untuk urusan PR dalam kaitannya dengan link exchange, akan jauh lebih baik jika link di atas kita rubah menjadi seperti ini;

Dalam gambar di atas memang semua blog mengeluarkan satu link tetapi dia juga mendapat satu link yang bukan tukaran link artinya setiap blog mempunyai satu nilai plus tetapi tidak melalui link exchange. Tetapi apakah itu bisa dilakukan? Bisa tetapi tidak mudah. Itulah sebabnya bagi saya pribadi mengharapkan naiknya PR tidak semudah menaikkan Alexa Rank. Hal lain yang belum kita masukkan dalam link di atas adalah PR dari blog yang terlibat karena ini juga penting.
Jadi sekali lagi masih perlukah link exchange? Sangat perlu karena secara matematis besarnya link yang menyebar akan berbanding lurus dengan jumlah traffic yang datang. Kalo traffic melimpah dari link exchange kan lumayan buat ngobati PR yang tidak naik. Salam sukses !
Pesan Pribadi agussale.com :
Pembahasan dalam artikel ini tidak berlaku bagi blog PPC.

>>> DOWNLOAD GRATIS EBOOK karya Agus Sale, S.Pd<<< KLIK DISINI


>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer


8 Comments for Link Exchange vs Traffic

  • afrid says:

    oh gitu yah, wah, tambah lagi nih ilmu SEO ku…,

    berarti, Oneway link lebih penting yah daripada link exchange, yg aq baca-baca sih mas, katanya oneway pnting banget dibandingin tukarlink. keren artikelnya…, 🙂

    ngomong, tips naikin alexanya dong mas 🙂

  • dihan says:

    infonya informatif sekali. ngomong2 kapan bisa tukeran link ?

  • agus4sale says:

    @dihan | kalo mau tukaran link pasang aja trus kabari aku kalo sudah

  • iskandaria says:

    Kesimpulannya, trafik alami dari SE kayaknya lebih ampuh buat naikin PR blog kita yach mas? 🙂 Buktinya, blog saya belum genap 4 bulan udah PR 1. Dan saya emang gak pernah ngajak tukeran link. Tapi saya banyak juga nyimpen link blog lain di menu blogroll. SEkedar kebutuhan aja, biar mudah mendapatkan update postingan terbaru dari blog2 favorit saya 🙂

    Oya, soal Alexa, kayaknya trafik alami dari SE juga banyak berpengaruh positif lho 🙂

  • roger mill says:

    Best places to play, best strategies to win. Player ratings & reviews of top online casinos & pokers with highest payouts & biggest bonuses.

  • wendy says:

    waduh… pengunjung saya rata2 70-80 orang per hari kok traffiknya masih 2 jutaan ya?
    ….

    hampir aja server saya colapse… dosen gw ngrim email pake atachemet besar nih…
    pdhl space cma 50 mb… hu… akhirnya bisa dihapus tuh email setelah gw donlot atachementya

  • yudieyudie says:

    konon kata nene monyang kita.. btukar link bisa mnyebabkan naik ranking..
    tapi apakah benar ?
    apa hubungannya dengan naiknya trafik ?

    mau tau jawabannya ?
    tmukan hanya di sini

  • Heni says:

    gitu ya sob, berarti blogwalking salah satu cara untuk naikkan PR? maaf masih anak2 nih.

cara servis komputer