Menu Click to open Menus
Home » Komputer » Perbaikan Komputer » Masalah Komputer Terlalu Panas Lalu Komputer Mati Sendiri

Masalah Komputer Terlalu Panas Lalu Komputer Mati Sendiri

(7913 Views) June 18, 2010 5:14 pm | Published by | 112 Comments

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

komputer terlalu panasMengapa komputer terlalu panas, lalu komputer mati sendiri? Itulah keluhan yang paling banyak datang ke saya, baik melalui komentar maupun melalui e-mail. Oleh karena itulah saya tergugah untuk menulis artikel ini yang mudah-mudahan sama persis yang dialami oleh Anda yang ingin bertanya kepada saya. Harapannya adalah jika suatu saat ada lagi yang bertanya maka tinggal saya rekomendasikan mebaca artikel ini. Sebagai catatan jika Anda berniat memperbaiki sendiri komputer Anda, sebaiknya baca juga artikel Persiapan Menjadi Maintenance Komputer yang pernah saya tulis.
Mengapa komputer terlalu panas, lalu komputer mati sendiri? Pada umumnya ada banyak hal yang menyebabkan komputer menjadi overheating alias terlalu panas baik itu penyebab dari hardware maupun juga dari setting sofware. Sedangkan komputer mati sendiri juga salah satu penyebabnya adalah karena terlalu panas tadi atau juga permasalahan pada software komputer Anda. Inti permasalahannya disini adalah penyebab komputer terlalu panas. Berikut ini saya akan berikan beberapa hal yang bisa menyebabkan komputer menjadi overheating.

  1. Harus dibedakan antara komputer cepat panas dengan komputer terlalu panas. Ada perbedaan antara processor AMD dengan Intel. Processor terbaru Intel hanya membolehkan panas sampai 72oC sedangkan AMD bisa sampai 85oC jadi ada perbedaan signifikan apabila diraba dengan tangan. Tetapi jika masalah panas ini kemudian menyebabkan komputer jadi lambat atau mati sendiri barulah jadi masalah.
  2. Kebocoran dari Power Suply. Jika terjadi kebocoran pada Power Suply, tegangan listrik keluar menuju mainboard dan komponen lain akan naik. Naiknya tegangan listrik ini akan menyebabkan 2 kemungkinan yaitu seluruh komponen listrik CPU jadi panas, atau salah satu/beberapa komponen langsung rusak. Solusinya; saya anjurkan agar menggunakan Stabilizator untuk menjaga tegangan listrik.
  3. Komputer digunakan main game. Jika komputer digunakan main game, maka untuk menampilkan permainan yang sempurna, ada setidaknya 3 komponen yang bekerja berat secara langsung yaitu Processor, Memory Utama dan VGA. Pekerjaan berat yang dilakukan terutama oleh Processor akan menimbulkan panas yang lumayan tinggi dan bisa saja menyebabkan komputer langsung mati sendiri. Solusinya; tambahkan kipas pengisap pada bagian belakang CPU untuk mengisap udara panas dari dalam.
  4. Kipas pendingin rusak, kotor berdebu. Jika kecepatan kipas sudah menurun atau sangat berdebu maka suply udara pendingin juga akan menurun sehingga Processor menjadi overheating. Solusinya; buka kipas pendingin, bersihkan dari debu lalu pastikan bahwa kipas tersebut masih berputar dengan normal. Kipas pendingin yang dicurigai sudah loyo sebaiknya diganti saja.
  5. Aluminium Heatsink (pendingin) Processor atau pada VGA berdebu/kotor. Jika kipas sudah tidak ada masalah, pastikan bahwa aluminium pendingin cukup bersih dari debu karena debu bisa menghambat proses pendinginan yang disuply oleh kipas. Solusinya; bersihkan heatsink ini dengan baik dan sebaiknya ini dilakukan setiap 6 bulan sekali.
  6. Kedudukan Aluminium Heatsink (pendingin) tidak tepat. Jika aluminium ini tidak menempel dengan tepat pada badan processor, maka processor akan overheat lalu kemudian komputer pasti mati sendiri. Solusinya; Jika anda bisa melakukannya (harap berhati-hati) buka kipas dan periksa apakah aluminium heatsink menempel dengan tepat pada Processor? Kalau perlu buka aluminium pendingin dan bersihkan pasta pada permukaan permukaan processor lalu oleskan kembali pasta yang baru(mengenai pasta untuk processor banyak dijual ditoko spare part kompi)
  7. Setting BIOS. Jika Anda melakukan overclok pada BIOS maka salah satu resikonya adalah komputer akan menjadi panas, bahkan yang terburuk adalah bisa menyebabkan komputer tidak berfungsi sama sekali. Solusinya; jika overclok ini penyebabnya, selakan kembalikan BIOS ke posisi normal kembali.

Catatan ; Untuk kasus komputer mati sendiri tidak bisa dipukul rata penyebabnya karena terlalu panas sebab persoalan komputer mati sendiri bisa sangat beragam penyebabnya. Ada baiknya Anda menginstall software yang bisa Anda gunakan untuk memonitor PC Anda misalnya misalnya parameter tegangan, temperatur, kecepatan kipas dan lain-lain. Software ini banyak sekali di internet yang bisa didownload gratis. Jika Anda bingung, Anda bisa mengunduh yang ada di alamat ini; http://en.kioskea.net/download/download-2040-hwmonitor

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

112 Comments for Masalah Komputer Terlalu Panas Lalu Komputer Mati Sendiri

  • dedi sonjaya says:

    Gan komputer saya saat maen game sering hang kenapa ya padahal vga udah ddr5 dan ram 4gb. Apa karena psu saya masih bawan casing

  • Dhana says:

    Gan, Numpang Tanya? Komputer saya kok, tiba – tiba eror ya, tiba – tiba monitor(tabung),mouse sama keyboardnya gak fungsi tapi kondisi hidup cpunya, sama di motherbodnya panas komputernya tuh naik trus, 50c, trus cek lagi 60c trus naik, gak tau kenapa problemnya? soalnya computer masih baru beberapa hari? Mohon pencerahannya.

  • asep anodaize says:

    mas,knapa kalau nyalain komputer 15-30mnt mcb meteran selalu jeglek/trip,apa kerusakan pc ane?listrik di rumah 900watt kalau nyalain tv tbung 29+kulkas+pompa air listrik tidak mati.hnya d pake komp saja yg jeglek,padahal kalo di pake d rmh tetangga yg watt nya sama,bisa menyala dengan lancar dan tdak terjadi mcb jeglek.mohon pencerahan nya…trims

  • Agung Septiadi says:

    Pak saya mau tanya .. laptop saya 10 menit setelah dinyalakan mati sendiri pernah beberapa kali saat dinyalakan mati listrik saat lagi di pakai tanpa batre.(sebelum terjadi 10 menit se x mati sendiri) solusinya?

  • Gan Ane Mau Nanya Nih , komputer ane mati melulu , sebelum mati kaya ada bunyi dari power suplai , ane cuma menebak2 , ane buka casing komputernya nya susah nebaknya bunyi nya dari power suplai atau komponen yang lain, setelah bunyi kaya semacem kresk – kreks gitu gan trus komputer ane mati, pas ane mau hidupin ga bisa, dan ane cabut dan pasang kabel power suplai hidup kembali itu kenapa yah , gan bisa bunyi kresk2 kaya gitu , he tiba2 komputer ane mati sendiri….? di tunggu balasan nya gan: Trims

  • riky says:

    terimakasih atas informasinya,, :)

  • emil says:

    pak punya ku juga sama
    nyalain 5 menit dia langsung mati sendiri,,,,,,
    apa pengaruh windows ??

    windows bawaannya xp,,
    apa aku harus di ganti windowsnya ?

    mohon di balas ya pak

  • iqbal says:

    pak saya mau nayak ..
    knp ya laptop saya tiba2 mati memakai windows xp sewaktu memakai 5mnt cuman langsung mati tiba2 . tapikalo pake windows seven tidak mati ..
    knp ya pak ?
    di tunggu jawabannya ya pak trims .
    :)

  • reyhan ozzie says:

    mas, sya biasa maen 1 game online sejauh ini tdk ada masalah. Tp skrg tiba2 monitor suka mati sendiri dan langsung hidup lagi, dan kejadian ini terjadi berulang2. Kadang2 komputer sampai ngehang. Kalo masalah spec, selama ini sya maen game tsb lancar2 saja. Listrik dan colokan kabel juga terpasang dengan baik. daleman CPU juga uda saya bersihin. Gak cuman maen game online tsb, kadang2 monitor mati hidup kalo lagi menggunakan aplikasi lain spt Ms Word,dll. Kenapa tiba2 seperti ini ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cara servis komputer