Menu Click to open Menus
Home » Komputer » Tips-Trik » Mencegah dan Mengatasi Virus, Bukan Pekerjaan Mudah

Mencegah dan Mengatasi Virus, Bukan Pekerjaan Mudah

(1182 Views) October 18, 2010 8:41 am | Published by | 13 Comments

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

virus komputerSetiap komputer yang sering terkoneksi ke dunia luar sangat mungkin terinfeksi oleh virus PC. Yang paling sering terjadi ketika Anda terhubung ke situs web melalui internet dan men-download sesuatu ke PC Anda. Anda juga bisa mendapatkan virus dari lampiran email atau dengan menyalin file dari suatu tempat, seperti CD atau flash disk. Bagaimana menjaga keamanan komputer dari virus? Yang paling aman adalah proteksi komputer dari dunia luar, jangan masukkan flash disk dan jangan koneksi ke internet. Tetapi ini sangat tidak mungkin dan hampir mustahil dilakukan.

Virus dari satu komputer bisa menyebar ke komputer lain, dengan media internet, drive eksternal seperti flash drive dan bisa juga jaringan lokal. Ketika virus baru masuk kekomputer, kebanyakan masih “tidur” alias tidak aktif. Biasanya pengguna komputerlah yang membangunkan virusnya.

Sebuah virus PC adalah yang berbentuk malware yang memiliki kemampuan untuk menggandakan diri dengan menginfeksi program-program dan file. Beberapa jenis virus yang relatif tidak berbahaya, sering hanya mereplikasi diri atau menampilkan pesan lelucon. Tetapi yang lain mungkin sangat berbahaya dan bahkan dapat menghapus isi hard disk Anda.

Bagaimana mencegah dan mengatasi Virus

  1. Cara terbaik untuk menghindari virus adalah untuk menahan diri dan selektif serta berhati-hati dalam menyalin dan men-download file dari sumber yang tidak diketahui dan Anda tidak harus membuka lampiran email jika anda tidak tahu pengirim.
  2. Yang lebih penting adalah memastikan bahwa Anda memiliki perangkat lunak anti virus terbaik yang terpasang pada PC Anda dan yang selalu aktif dan up-to-date, tidak peduli seberapa sering Anda dapat mengakses internet.
  3. Biasakan melakukan scan terlebih dahulu sebelum meng-copy sebuah file dari pihak lain. Inilah kecerobohan yang paling sering terjadi. Pengamatan saya pada instansi tempat saya bekerja adalah virus paling sering menyebar melalui flash disk yang tidak di-scan terlebih dahulu. Ini memang rumit tetapi demi keamanan komputer.
  4. Jangan biasakan men-double klik file yang tidak Anda yakini keamanannya, ini akan langsung mengaktifkan virus jika file tersebut bervirus. Jika Anda hendak membuka sebuah foleder, sebaiknya klik kanan lalu pilih “Explorer” dan jangan “Open”. Mengapa? Karena seandainya ada virus dalam folder tersebut jika Anda pilih open maka virus langsung jalan. Jika Anda pilih explorer, Anda masih bisa melihat jika ada file aneh didalamnya.
  5. Jika Anda memiliki anti-virus software terinstal, diaktifkan dan harus diperbarui, dan menjalankan scan berkala. Jika ada hal-hal aneh mulai terjadi, seperti file menghilang atau menjadi korup, pesan aneh muncul, sistem crash atau pengolahan jadi melambat, maka itu adalah tanda-tanda.
  6. Jika Anda memiliki keterampilan, sebaiknya scan dengan antivirus dilakukan di safe mode, karena banyak program startup dinonaktifkan pada mode ini, termasuk mungkin program untuk bersembunyi virus.
  7. Alternatif lain adalah mengidentifikasi program atau services yang sedang jalan mungkin ada yang mencurigakan. Namun untuk eperluan ini Anda perlu belajar lebih jauh tentang macam-macam services sistem operasi windows. Tekan Ctrl, Alt dan Del bersama-sama untuk membuka Task Manager. Periksa daftar entri services yang berjalan baik pada Aplication maupun pada tab Process untuk melihat apakah ada yang dicurigai sebagai virus. Tetapi sebaiknya Anda hati-hati menonaktifkan apapun disini. Silakan lihat Serivices Windows Yang Tidak Boleh Diganggu, karena penjellasan services windows ada di sana.
  8. Jika Anda ingin menghilangkan virus PC secara manual, download utilitas autoruns dari website Microsoft dan kemudian ekstrak program ini. Restart PC Anda dalam safe mode lalu klik dua kali file autoruns.exe dan pilih menu Options. Lihat melalui semua tab untuk setiap kejadian virus yang ingin Anda hapus, klik kanan dan pilih Delete. Ini akan menghapus entri startup dari registry sehingga program akan pulih. Restart PC Anda dalam modus normal dan virus seharusnya tidak lagi hadir.

Ini hanyalah sebagian kecil tips, jika ada tambahan dari Anda, silakan tulis pada komentar dan artikel ini akan saya review.

Incoming search terms:

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

13 Comments for Mencegah dan Mengatasi Virus, Bukan Pekerjaan Mudah

  • jajang says:

    @veny, cara mengebetulinnya yaitu dengan cara instal ulang windows tv semua data yg penting sebaiknya d backup dulu…….system restor sebaiknya d matikan karena d sana tempat berkumpulnya virus…gunakanlah antivirus yang bagus atow pake sofware defreeze

  • emzeetronic says:

    Boss virus paling ngguapleki sekarang tuh Rumnit/shortcut 1 2 3 4… berbentuk 4 file shorcut, folder recycler, file autorun.
    nyerang laptopku… bikin semunya jadi lemot… browsing2 cara ngatasi tuh virus gak ada yang oke… ribet harus matiin yang ada di proses…harus ini itu…
    smua antivirus gak mempan. bingung aku… mau di format smua ya sayang file ku… punya solusi nggak

  • DAW-XP says:

    Wow mantabb mas, cara efektif yang manjur ini. 🙂

  • veny says:

    mas aku mau tanya nih noteboook aku pas aku nyalain tiba-tiba aja ada MS REMOVAL TOOL gambar iconnya gambar gembok diengah-tengahnya warna biru. ntu modelnya kaya scanning antivirus.terues disitu dia bilang “aplikasi cannot be executed. the file avgnt.exe is infected. please active your antivirus softare” padahal aku sudah pasang antivirus avira tapi tidak mau terkoneksi dan banyak virus yg terinfections di notebook aku. ada 38 virus da aku cba cari or hilangin tp ttp ja gak bisa. dia bilang disitu ngactivinnya pakai kode+internet gtu. tapi aku pasang modem aku malah gak bisa2 dan parahnya lagi semua aplikasi2 aku seperti gambar, video, dan lagu tidak bisa dibuka. ntu gmana ya mas cara ngebetulinnya?!…
    tolong bales ya mas please

    Thank sebelumnya

  • ariel efendi says:

    apa kabar mass? semoga sehat selalu ya! mas saya mau nanya2 dikit nih!. Jika pada notebook, menggalami gejala-gejala seperti ,Screensaver gak bisa di gunakan,trus pada saat masukin Password untuk log-in ke windows malah gak bisa(padahal passwordnya gak salah input), apa kah itu ada hubunganya notebook telah terinfeksi oleh virus? mohon penjelasanya ya mas. Jujur saja saya pernah menggalami hal seperti itu!

  • nanda says:

    haduhhh malam ini komptr saya restart trus. Udh dcoba tips diatas,tetep ga mau. Pdhal kmaren brusan di install ulang di bngkel. Agk malu nih ksana lagi dlm wkt dekat ini.

    Klo dibiarkan aj, apakah dapat merusak data di drive lain pak?

    🙁

    • Qbonk says:

      @nanda, Klo dibiarkan dlm keadaan rusak, berbahaya bg data. Saya mencurigai PowerSupply atau harddisk anda yg tidak stabil

  • If you are willing to buy a house, you will have to receive the loan. Moreover, my sister all the time utilizes a college loan, which is the most firm.

  • thanks mas tipsnya.
    kalo saya sih sering update antivirus dan tiap pakai komputer selalu scan komputer.

  • afrid says:

    makin keren aja nih bapak…,
    tadi iseng-iseng nyari di google. eh ga taunya udah bapak jawab.

    thanks pak 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cara servis komputer