Menu Click to open Menus
Home » Komputer » Perawatan Komputer » Mengapa Komputer Membutuhkan Defragment

Mengapa Komputer Membutuhkan Defragment

(1882 Views) May 28, 2009 7:30 am | Published by | 2 Comments

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

Dalam artikel ini saya tidak akan membahas bagaimana caranya mengoptimalkan komputer karena sudah ratusan kali dibahas di internet oleh teman-teman yang lain. Saya juga tidak akan membahas apa manfaatnya mengoptimalkan komputer. Tetapi saya akan bertanya ketika anda tertartik tips mengoptimalkan komputer tahukah anda alasannya mengapa anda harus melakukan itu? Tahukah anda apa resiko yang paling parah jika anda menggunakan komputer seenaknya? Jadi yang saya inginkan dari artikel ini adalah anda menyadari betapa pentingnya merawat dan menyehatkan komputer. Perhatikan contoh kasus di bawah ini;
Si Budi dan Ari adalah dua mahasiswa bersaudara yang tinggal di sebuah kamar kost yang baru saja disewa. Ukuran kamar 3 X 6 meter mereka tempati berdua. Budi mempunyai sebuah komputer yang juga baru dibeli yang ditempatkan dalam kamar tersebut di samping lemari pakaian. Dalam kamar kost inilah segala aktivitas mereka jalankan.

Karena Budi senang menulis artikel maka dalam kamar tersebut ada sebuah rak ukuran lebar 4 meter penuh dengan buku referensi dan bacaan. Setiap hari budi membaca setidaknya 5 buku yang diambli dari rak buku dan sesudahnya disimpan kembali. Namun adakalanya tidak semua buku yang habis dibaca dikembalikan ketempatnya semula tetapi disimpan sementara di lantai atau di tempat tidur. Rutinitas ini dijalani oleh Budi setiap hari selama berbulan-bulan.
Seiring dengan itu karena penulis artikel maka tiap hari Budi menggunakan komputernya untuk bekerja. Adakalanya selain menulis artikel Budi senang mencoba program-program baru yang di install dalam komputernya. Kalau ada program baru langsung diinstall dan kalau dirasa tidak cocok dikeluarkan lagi. Begitulah aktivitas Budi selain menulis artikel.

Pada bulan kedua Budi dengan segala kesibukannya mulai merasa sumpek karena sudah banyak buku yang berserakan di lantai, meja dan termasuk di tempat tidur. Mau dirapikan? Ah nanti saja pikirnya. Lalu ia malah meneruskan bekerja pada komputernya yang juga sudah mulai lambat karena sering bongkar pasang pekerjaan maupun program.
Tepat hari ke 90 atau bulan ketiga Budi mencari sebuah buku diantara buku-bukunya yang berantakan. Lama ia mencari, bongkar sana-sini tetapi tidak ketemu juga. Karena ia kesal maka diputuskannya untuk bekerja dengan komputer saja. Namun lebih kecewa lagi karena komputernyapun malas-malasan bekerja alias sudah sangat lambat. Karena kesalnya maka ia mematikan komputernya lalu berjalan diantara tumpukan buku, pakaian yang bertumpuk dengan barang lain. Akhirnya dengan susah payah ia bisa keluar dari kamar yang “hancur” tersebut.

Apa makna sepenggal cerita sederhana ini? Sebenarnya seperti itulah kerja komputer yang anda gunakan. Setiap hari anda menggunakan komputer maka aktivitas Budi dalam cerita diatas dilakoni oleh prosessor komputer dibawah bantuan memory. Setiap hari pekerja utama yaitu prosessor mengerjakan data yang diminta dari RAM lalu sesudah dikerjakan dikembalikan lagi kepada RAM untuk disimpan kembali ditempatnya. Nah ruang kerja mereka adalah Harddisk.

Masalahnya adalah adakalanya RAM itu suka cari gampang yaitu agar RAM mudah memberikan data yang sama kepada prosessor jika meminta data/informasi yang sama maka kadang RAM menyimpanya sementara waktu ditempat-tempat tertentu. Setelah hal ini dilakukan berulang-ulang ternyata ini menyebabkan semakin sempitnya ruang kerja prosessor karena simpanan sementara tadi ditambah dengan sampah-sampah yang tidak sempat dibuang secara total. Ketika ruang kerja semakin kritis akibat proses tadi maka pada akhirnya kadang RAM sendiri kebingungan mencari data yang diminta oleh prosessor untuk dieksekusi. Kalau sudah begini maka terjadilah yang namanya “hang” alis komputer secara keseluruhan stress. Hehehe kayak manusia ya.

Untuk mengembalikan semua ‘barang’ berantakan tadi maka komputer membutuhkan defrag hard disk yaitu menyusun kembali data dan program yang berantakan setelah komputer digunakan sekian lama. Ada banyak sekali woftware untuk menyegarkan kembali kinerja komputer tetapi yang saya anjurkan adalah defrag. Mengapa bukan menggunakan software? Karena kita mulai dari yang paling ringan dan murah.
Cara men-defrag pun sangat mudah tinggal buka MyComputer, klik kanan drive sistem (C:) lalu pilih properties. Selanjutnya klik tab [tools] kemudian klik lagi [defragment Now…]. silahkan minum kopi dan tunggu prosesnya selesai. Selamat mencoba!

Incoming search terms:

>>> DOWNLOAD GRATIS EBOOK karya Agus Sale, S.Pd<<< KLIK DISINI


>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer


2 Comments for Mengapa Komputer Membutuhkan Defragment

cara servis komputer