Mengatasi Kerusakan Komputer STOP 0x0000007B Error

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook_repair_laptop

perbaikan kerusakan komputerMengatasi pesan kesalahan STOP 0x0000007B error bukanlah hal sangat mudah menurut saya. Jenis kerusakan komputer ini sering muncul dalam 2 pesan dan itu bisa terjadi mulai dari windows 2000, XP, Vista dan windows 7 sekalipun. Jika pesan kesalahan ini muncul maka yang terjadi adalah Blue Screen of Death (BSOD). Pesan itu akan muncul dalam salah satu atau juga kombinasi dari pesan berikut ini;

  • STOP: 0x0000007B
  • INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE


Penyebab STOP 0x0000007B Errors

  1. STOP 0x0000007B errors dapat diwbabkan oleh masalah device driver (khususnya yang berhubungan dengan hard drive dan storage controllers yang lain), bisa juga karena virus, data corruption, dan kadang-kadang karena hardware failures.
  2. Jika pesan yang muncul tidak tepat sebagai STOP 0x0000007B atau INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE, mohon mengecek pada alamat ini ; http://pcsupport.about.com/od/findbyerrormessage/tp/stop_error_list.htm untuk mengecek daftar selengkapnya. Penyelesaian kerusakan komputer atas pesan ini. CATATAN; Proses penyelesaian berikut ini secara khusus akan berjalan baik jika Anda sudah termasuk teknisi kelas menengah keatas.

Jika Anda benar-benar pemula, mungkin masih agak sulit bagi Anda, tetapi silakan dicermati dengan baik. Beberapa dari langkah penyelesaian mungkin meminta Anda untuk masuk ke safe mode komputer. Inilah langkah penyelesaian yang dapat Anda tempuh;

  1. Restart komputer Anda, mungkin STOP 0x0000007B blue screen error hanya kebetulan saja, dan restart komputer dapat mengatasinya.
  2. Apakah Anda menginstall atau baru saja melakukan perubahan pada hard drive controller? Jika ya, bisa jadi itulah penyebab STOP 0x0000007B error. Kembalikan ke posisi secepatnya. Tergantung perubahan yang Anda buat, tetapi beberapa dibawah ini mungkin dapat menyelesaikan masalah;
    1. Kembalikan konfigurasi yang baru Anda lakukan pada hard drive controller.
    2. Startup komputer dengan masuk safe mode dan memilih Last Known Good Configuration untuk mengembalikan registry dan perubahan driver.
    3. Gunakan sistem restore untuk mengembalikan perubahan.
    4. Gunakan Rollback hard drive controller device driver ke versi sebelum update.
  3. Pastikan bahwa hard disk terpasang dengan benar. Periksa kabelnya terutama kabel bus data hard disk.
  4. Pastikan bahwa konfigurasi BIOS untuk hard disk adalah sudah tepat dan tidak ada perubahan. STOP 0x0000007B error bisa disebabkan setting BIOS yang tidak tepat tentang hard disk.
  5. Scan computer Anda dari virus. Banyak virus dapat meng-infect master boot record (MBR) atau boot sector sehingga kasus STOP 0x0000007B errors terjadi.
  6. Update drivers hard drive controller Anda. Jika drivers hard drive controller sudah outdated, atau tidak benar, itu bisa jadi penyebabnya.
  7. Ubah mode SATA dalam BIOS ke mode IDE. Disable beberapa advanced features dari disk SATA drives dalam BIOS dapat menyelesaikan STOP 0x0000007B error.
  8. Jalankan chkdsk pada ard drive Anda. Jika boot volume dalam keadaan corrupted, menggunakan fasilitas chkdsk pada command prompt dapat memperbaiki masalah corrupt file.
  9. Jika Anda curiga bahwa hard disk Anda mengalami kerusakan fisik, gunakan software tambahan untuk mengetes masalah ini. Diantara beberapa software tes hard drive misalnya; Seagate SeaTools, Hitachi Drive Fitness Test atau Microsoft Windows Built-In Error Checking
  10. Buka dan pasang kembali hard drive jika diagnostic menunjukkan ada masalah dengan ada hardware problem dengan hard drive.
  11. Jalankan fixmbr command untuk membuat master boot record yang baru. Jika master boot record corrupted maka itu dapat menyebabkan masalah.
  12. Clear the CMOS. Kadang-kadang STOP 0x0000007B error diebabkan oleh masalah BIOS memory issue. Clear CMOS dapat menyelesaikan masalah.
  13. Update BIOS. Dalam situasi tertentu, outdated BIOS dapat menjadi masalah. Silakan update jika memang dianggap mencurigakan dan Anda mampu melakukannya. CATATAN; hati-hati dengan update BIOS, jika salah komputer Anda akan masuk tempat sampah.
  14. Lakukan Repair Windows installation. Jika semua langkah diatas sudah Anda jalankan dan tidak juga menyelesaikan masalah Anda, lakukan repair instalasi dan pilihan paling terakhir adalah install total dengan mem-format hard disk.

Sesuai pesan saya pada bagian awal bahwa ini tidak mudah, namun dengan 14 langkah pemecahan diatas salah satunya pasti dapat menyelesaikan masalah Anda.


Kami mempunyai ebook mengenai artikel di atas, silahkan KLIK DISINI
>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

Ingin bertanya? gabung grup FB kami dibawah ini;

ebook-servis-komputer

Jangan lupa jempolnya ya......Tengyu !
ebook

Tags: , , , ,

19 Responses to Mengatasi Kerusakan Komputer STOP 0x0000007B Error

  1. trias

    terima kasih mas atas infonya …

  2. ki_jagareksa

    waduh ya hancur dech, komputerku, ha,….haha!

  3. wah sepertinya aku masuk dlm golongan pemula nih dlm urusan masalah spt itu,
    pdhl kompiq jg mengalami hal yg sama :(

    • Qbonk

      @yuliaslovic, dicoba mas

  4. levi

    bos sy mw tanya ni ,,napa pc sy setiap di nylain keluar tmpilan winsonic trus .gk mw masuk ke wndow..tlong bos info masalah ny ..tq

  5. dikinboy

    bisa juga disebabkan karena RAM (memory)nya sudah aus alias minta ganti
    ini terjadi pd pengalaman saya di lab

  6. Qian

    Saya juga mengalami masalah yang sama mas,tapi setelah di nyalakan tidak bisa masuk melalui safe mode,Last Known Good Configuration dan lain-lainnya.karna walau saya sudah memilih dari salah satunya tetap saja akan muncul blue screen STOP 0x0000007B error kemudian restart lagi terus menerus berulang ulang(bolak-balik),bagaimana penyelesaiannya ya mas…mohon petunjuknya,terimakasih.
    Laptop saya Toshiba satellite L310.

    • @Qian, Kl gitu coba install repair laptop anda, dan jika masih blue screen berarti hardware yg bermasalah yaitu memori atau hard drive. jika ini terjadi terpaksa laptop harus dibuka

  7. Saya juga mengalami masalah yang sama mas,tapi setelah di nyalakan tidak bisa masuk melalui safe mode,Last Known Good Configuration dan lain-lainnya.karna walau saya sudah memilih dari salah satunya tetap saja akan muncul blue screen STOP 0x0000007B error kemudian restart lagi terus menerus berulang ulang(bolak-balik),bagaimana penyelesaiannya ya mas…mohon petunjuknya,terimakasih.
    Laptop saya Toshiba Portege M900.

    • qbonk

      @Bimbelmedica, Dari penjelasannya sy menarik kesimpulan bahwa yg rusak adalah hardware. Yang paling mendekati adalah hard drive dan memori namun untuk tanda2 ini yg paling sering jadi penyebabnya adalah hard drive.

  8. Udah bisa deh, makasih mas!

  9. agus

    mas pdahal saya baru nginstal sebuah software mempercepat internet
    cuman pas restart blue screen 0x000007b
    solusinya mas ?

    • @agus, sesuai artikel diatas, ada byk tuga yg hrs anda kerjakan

  10. Abye

    terima kasih artikel di atas sangat membanu saya, komp saya sekarang sudah kembali normal….

  11. waduh….daripada pusing bawa ketukang servis aja

  12. uesugichezt

    mas saya udah coba cara di atas tp masih kluar juga bluescreennya ada kah solusi untuk mengatasinya ? saya sudah coba instal ulang & menggunakan fixmbr/boot tetep aj keluar itu bluescreen

  13. Wawan Setiawan

    Ternyata karena mode SATA dalam BIOS ke mode IDE. USh bener lagi, makasih mas.

  14. FENDI

    mas saya ini pemula tolong di bantu solusinya untuk mengatasi error 0x0000007b (0xfafa7524,0xc0000034,0×00000000,0×00000000) dan paada layar ada perintah chek for viruses or you computer. remove any newly instlled hard drive controllers. check your hard drive to make sure it isproperly configured and terminated. run CHKDSK /F to check for hard drive corruption.

    • Qbonk

      @FENDI, dari langkah-langkah dlm artikel di atas, mana yang sudah dikerjakan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Maaf, mungkin komentar anda di sin telat kami balas, kami anjurkan sebaiknya gabung grup FB kami dibawah ini;
ebook-servis-komputer

cara servis komputer