Menu Click to open Menus
Home » Komputer » Perbaikan Komputer » Mengatasi Kesalahan Pada BOOTMGR is Missing

Mengatasi Kesalahan Pada BOOTMGR is Missing

(8128 Views) June 24, 2010 9:58 am | Published by | 39 Comments

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

bootmgr is missingBOOTMGR is Missing adalah sebuah masalah yang lumayan rumit. Namun sebelum bicara lebih jauh mengenai BOOTMGR (bagian dari boot sector), ada baiknya mungkin memahami apa itu boot sector. Sebuah boot sector merupakan sektor/daerah dari hard disk drive atau perangkat penyimpanan lain yang berisi kode komputer yang diperlukan untuk memulai proses boot. Ada banyak file-file yang diawali dengan kata boot walaupun ekstensi berbeda, misalnya master boot, boot.cfg, boot.ini dan lain-lain.
Ada beberapa cara “BOOTMGR is missing” menampilkan pesan di komputer Anda, seperti dibawah ini;

  1. BOOTMGR is missing, Press Ctrl Alt Del to restart
  2. BOOTMGR is missing, Press any key to restart
  3. Couldn’t find BOOTMGR

“BOOTMGR is missing” akan tampil setelah komputer dihidupkan, segera setelah Power On Self Test (POST) selesai pada Windows XP. Sementar Windows 7 atau Windows Vista akan langsung mendeteksi dan memberi pesan kesalahan BOOTMGR pada bagian awal. Ada beberapa kemungkinan penyebab kesalahan BOOTMGR, termasuk pesan kesalahan yang paling umum “BOOTMGR is missing”;

  1. Alasan paling umum untuk kesalahan BOOTMGR adalah kesalahan konfigurasi file dan file korup, masalah pada hard disk drive dan masalah upgrade sistem operasi, korup pada sektor hard disk drive, BIOS sudah usang, dan rusak atau longgarnya kabel IDE.
  2. Alasan lain adalah jika PC Anda sedang mencoba untuk boot dari hard drive atau flash drive yang tidak benar menurut aturan first boot. Dengan kata lain, komputer mencoba untuk boot dari sumber non-bootable.

Perbaikan untuk Kesalahan BOOTMGR

  1. Cobalah Restart PC sekali lagi, kesalahan BOOTMGR bisa saja suatu kebetulan.
  2. Melakukan repair startup Windows, caranya lihat diartikel ini; step 7 Melakukan Recovery Console Dengan CD Windows XP
  3. Setelah Anda sampai pada step 7 recovery console, silakan ketik [chkdsk c: /r] tetapi penulisannya tanpa tanda []. Ingat ada jarak spasi satu kali antara c: dan tanda slash “/”. Setelah itu tekan [ENTER]. Jika proses repair sudah selesai, restart komputer Anda untuk melihat apakah masalah sudah hilang.
  4. Jika masalah belum selesai, periksa hard drive dan pengaturan drive lain dalam BIOS dan memastikan mereka sudah benar. Konfigurasi BIOS memberitahu komputer bagaimana menggunakan pengaturan drive yang tidak benar sehingga dapat menyebabkan masalah, termasuk kesalahan BOOTMGR. Catatan: Biasanya ada pengaturan Auto di BIOS untuk konfigurasi hard disk dan optical drive yang biasanya lebih aman jika Anda tidak yakin apa yang harus dilakukan.
  5. Buka lalu pasang kembali semua kabel data internal dan kabel power. Pesan error BOOTMGR dapat disebabkan oleh longgar atau yang dicurigai rusak, terutama kabel IDE dan SATA.
  6. Update BIOS Motherboard Anda. BIOS yang sudah ketinggalan jaman kadang-kadang dapat menyebabkan “BOOTMGR is Missing” error.
  7. Jika masalah belum teratasi, lakukan penginstalan ulang Windows XP (asal semua data penting didrive system C: sudah di-backup sebelumnya. Install ulang akan menghapus semua data/file di-drive C:
  8. Jika Anda dalam proses instal ulang Anda tidak dapat menginstall Windows, misalnya malah muncul pesan Blue Screen of Death, maka penyebabnya adalah CD instalasi rusak atau CD ROM Drive rusak, ataukah hard disk drive rusak/kerusakan kecil.
  9. Jika CD instalasi baik, CD ROM drive Anda pastikan baik tetapi tetap, maka dipastikan kerusakan pada masalah hardware yaitu hard disk drive Anda.

Kesalahan BOOTMGR umumny berlaku untuk Windows 7 dan sistem operasi Windows Vista saja. Pada Windows XP kasus serupa sering muncul pada NTLDR is missing.

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

39 Comments for Mengatasi Kesalahan Pada BOOTMGR is Missing

  • Fernando Rangel Dos Santos says:

    numpang nanya duluh ya gimana laptop Dell Latitude D610 ga bisa install ulang, tapi kita install ulang belum selsesai udah error.

    bagiamana solusinya kita tunggu ya.

  • adi mas agus says:

    Mr. saya punya masalah pada pc saya……setiap saya nyalakan power monitor cma muncul tulisan No bootable–insert boot disk and press any key mohon bantuannya trima kasih…..

  • Cap says:

    Kereeeeeeennn cuy,,,,,

  • MF-Abdullah says:

    Ini dia yang dicari2cari..akhirnya ketemu juga…. thanks gan..

  • ryan says:

    mas…note book ] saya axioo.. pico,,, trus,,, muncul boomgr is missing,, nh saya kan gak bawa cd nya itu gmn? cara perbaiklannya,,, trus saya instal ulang kok gak mau,,, gmn mas,,,, cara perbaikannya

  • fath khatami says:

    asskum…mass komputer saya mengalami eror tak mau menampilkan windwos7 dan layar hanya tampak hitam dan terdapat tulisan data2.bgmn cara mengatasinya…di akhir data 2 itu tertulis kata insert disc.Sblnnya trimaksih.wslm.

    • qbonk says:

      @fath khatami, kemungkinan pertama adl windows error, coba dl sistem restore lewat safe mode atau lakukan install repair. Jika tidak selesai masalahnya mk kemungkinan besar hard disk atau memori rusak

  • anjas says:

    mas saya py masalah setiap buka laptop langsung keluar kata2:
    C:\WINDOWS\system32\drvsck.exe
    The NTVDM CPU has encountered an illegal introction
    CS: 053f IP: 91df op: 65 63 74 6c 79 choose “close” to terminate the application
    tolong berikan solusinya kpd saya..mksh sblmnya

  • Ryan says:

    Ass. Mas sya punya toshiba L640,, awal’y ada tulisan BOOTMGR yg kyak tdi,, trus sya ubah boot speed d BIOS’y jdi Fast,, nah pas exit dri BIOS laptop sya lngsung blank, gak bsa ngpa2in lgi cma kpas’y aja yg jln . . .
    Tlong mnta solusi’y dong mas . . .
    Makasih . . .

  • Muhuck says:

    makasi bro !!

  • q-bonk says:

    Makasih…. untuk update BIOS harus nanya langsung ke produsennya karena itu agak rawan mas

  • wijianto says:

    mau tanya nich axioo pico pjm waktu hidup keluar bunyi beep panjang tapi bisa aja masuk ke windos tapi mau saya instal g mau, minta cara update bios nya

  • belajar_komputer says:

    Langkah pertama, buka laptop dan perbaiki kedudukan memory
    Langkah kedua,bersihkan sekitar processor dan perbaiki kedudukannya

    Trims

  • aplehwanda says:

    mohon pencerahan ..
    ana punya problem pada compi HP pavilion dv6-1217ss .problemnya susah booting ,tapi kadang2 bisa boot .gambar windows bisa keluar setelah itu layar hitam tidak bisa boot .lampu LED tidak nyala .mohon pencerahan .syukron

  • nofianto777 says:

    Wah ok banget nih artikel… Klo ada waktu silahkan mampir http://nofianto777.blogspot.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cara servis komputer