Mengatasi Masalah Device Drivers Hilang

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook_repair_laptop

device driver hilangKebanyakan orang menggunakan Windows sudah akrab dengan device driver, yang merupakan program perangkat lunak kecil yang memungkinkan Windows dapat berkomunikasi dengan perangkat keras yang berbeda. Windows XP, Vista dan Window 7 benar-benar mendukung cukup banyak perangkat keras secara default, tetapi beberapa perangkat keras akan membutuhkan driver perangkat tambahan. Beberapa bulan yang lalu sebenarnya sudah saya singgung tentang driver. Driver adalah perantara komunikasi antara dua perangkat keras atau lebih.
Masalah Device Drivers Hilang

Seiring pemakaian komputer, ada kalanya driver dari sebuah perangkat keras hilang dari windows. Apa yang terjadi jika driver perangkat tambahan yang hilang? Dalam banyak kasus dan itu adalah pasti, akan mengakibatkan kesalahan menjadi perangkat keras yang tidak dikenal atau perangkat usb tidak dikenal. Windows akan menampilkan perangkat yang tidak dikenal sebagai “unknown” pada daftar perangkat yang tidak dikenal. Ada kalanya ditampilkan dalam dalam kategori “other devices” pada Device Manager. Sebuah kesalahan perangkat usb tidak dikenal adalah salah satu jenis yang paling umum terjadi.

Dibawah ini contoh “unknown devices” pada Windows XP.

mengatasi driver hilang

Sejak Vista dan Windows 7 keluar, supports lebih banyak devices daripada Windows XP. Inilah contoh Device Manager pada Vista dengan unknown device.

device driver

Komplikasi kesalahan perangkat yang tidak dikenal adalah kenyataan bahwa diperlukan driver perangkat yang berbeda untuk Windows 32-bit dan versi 64-bit. Driver untuk Windows versi 64-bit sudah sangat sulit ditemukan di masa lalu, tetapi menjadi mudah dengan meningkatnya penggunaan Vista dan rilis terbaru dari Windows 7, yang keduanya dominan dalam versi 64-bit.

Kesalahan  perangkat tidak dikenal bisa terjadi untuk semua jenis perangkat keras. Seperti disebutkan, perangkat yang tidak dikenal paling umum adalah perangkat USB tidak dikenal, dan yang kurang umum terjadi adalah perangkat PCI yang tidak dikenal. Fungsi USB dan bus PCI memungkinkan perangkat keras untuk berkomunikasi dengan komputer. Contoh perangkat USB yang tidak diketahui misalnya Webcam USB, ponsel, dan eksternal USB hard drive. Perangkat  PCI yang tidak dikenal lebih cenderung kartu video, kartu audio dan kartu jaringan.

Pemecahan suatu Masalah Unknown Device

Penyebab paling umum untuk kesalahan perangkat yang tidak dikenal adalah driver hilang. Cara untuk mengatasinya adalah mencari driver yang tepat dan menginstal kembali driver perangkat keras tersebut.

  1. Jika Anda klik-kanan perangkat yang tidak dikenal di Device Manager Anda dapat memilih opsi update driver. Opsi ini akan mencari device driver untuk hardware Anda.
  2. Untuk perangkat USB yang tidak dikenal, cabut dulu perangkatnya dan kemudian pasang kembali setelah menunggu beberapa detik. Kadang-kadang ini dapat langsung menyelesaikan masalah tanpa install ulang driver-nya.
  3. Ada banyak kode kesalahan yang mungkin terlihat, namun tidak semua menghasilkan perangkat yang tidak dikenal. Jika terjadi kesalahan perangkat tidak dikenal, usahakan selalu mencoba untuk meng-uninstall perangkat dan restart komputer karena hal ini akan meminta driver untuk diinstal ulang.
  4. Jika Windows tidak memiliki driver untuk perangkat yang tidak dikenal, Anda akan perlu untuk mencari dan mendownload driver untuk perangkat yang tidak dikenal itu. Jika anda tahu merek dan model perangkat, Anda dapat mencoba untuk mencari driver di website produsen.
  5. Jika Anda tidak dapat menemukan driver untuk perangkat yang tidak dikenal Anda dapat mencoba dan menggunakan program driver finder (http://www.driverfinderpro.com/home/). Program jenis ini akan secara otomatis mendeteksi dan mengidentifikasi semua perangkat hardware anda, termasuk perangkat yang tidak dikenal, dan menyediakan driver terbaru yang tersedia untuk itu.

Kadang-kadang juga kesalahan dimunculkan dengan kode. Anda dapat menemukan kode kesalahan dengan mengklik kanan perangkat yang tidak diketahui pada Device Manager, dan memilih Properties di menu popup. Ini akan menunjukkan status perangkat, termasuk kode kesalahan. perangkat tidak dikenal sering memiliki kode kesalahan 1, karena ini merupakan status bahwa perangkat tidak dikonfigurasi dengan benar.

driver rusak

Contoh kode kesalahan yang lain pada unknown device;

  • code 10, this device cannot start.
  • code 28, the drivers for this device are not installed.
  • code 31, the device is not working properly because because Windows cannot load the drivers required for this device.
  • code 37, Windows cannot initialize the device driver for this hardware.
  • code 39, Windows cannot load the device driver for this hardware. The driver may be corrupted or missing.

Beberapa pesan diatas sering terjadi namun beberapa kode diantaranya mengarah pada masalah yang sama.


Untuk pembahasan lebih lengkap mengenai artikel di atas, silahkan KLIK DISINI
>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer


Tags:

7 Responses to Mengatasi Masalah Device Drivers Hilang

  1. Arya

    Mas mau tanya.
    Gmna benerin code 43 yang eror ?
    Tlg ya mas ..

    • Qbonk

      maaf untuk smentara blm smpat bahas solusinya, utk smentara cermati artikel ini http:// pcsupport.about.com/od/errorc/a/code-43-error.htm

  2. ryan

    mas mw nanya klau kodenya 28 tu gman cara ngatasinya mas,,,???
    tlong y mas,,,??

    • Qbonk

      @ryan, tolong dituliskan potongan pesanya selain 28

  3. tolong infony tentang ebook biar lebih jelas and tidak ditipu oleh orang2 yg tidak berpendidikan

    • Qbonk

      @chris, silahkan lihat daftar isi ebooknya mas

  4. Sarah

    Mas, laptop saya acer aspire 4920. Webcam-nya udah built in ke laptop. baru2 ini sy instal ulang..trus pas cek lagi, driver camera/webcam ga ada sama sekali di Device Manager pdhl driver-nya udh diinstal. ada apa ini ya? apa hardware-nya yg rusak atau gmn?thanx infonya mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


nine − 3 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Maaf, mungkin komentar anda di sin telat kami balas, kami anjurkan sebaiknya gabung grup FB kami dibawah ini;
ebook-servis-komputer

cara servis komputer