Menu Click to open Menus
Home » Belajar Blog » Mengatasi Masalah Duplikasi Internal Konten Blog

Mengatasi Masalah Duplikasi Internal Konten Blog

(1410 Views) January 15, 2017 1:08 am | Published by | 1 Comment

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

Artikel yang lalu dalam belajar komputer kita telah membahas tentang bagaimana mengoptimalkan hardware komputer dan hardware yang kita pilih waktu itu adalah Hard Disk.
Lanjut lagi, belajar internet dan belajar blog. Kali ini kita akan bahas mengenai duplikasi konten blog, permasalahan dan solusinya. Pertanyaannya adalah apa yang dimaksud dengan duplikasi konten? Sebenarnya ada dua duplikasi konten yang harus diwaspadai yaitu duplikasi secara eksterna yang dilakukan oleh blogger lain (plagiator) dan duplikasi internal.
Duplikasi eksternal yang saya maksud dalam artikel ini adalah manakala sebuah artikel dengan topik tertentu misalnya aslinya dari agussale.com dicopy paste oleh seorang blogger lain ke dalam blog miliknya. Untuk hal ini masih ada dua macam yaitu duplikasi positip dan duplikasi negatif. Duplikasi positif maksudnya yaitu dalam artikel duplikasi blogger masih menyertakan alamat asli artikel. Sedangkan duplikasi eksternal negatif jika blogger tidak lagi menyertakan alamat asli artikel sehingga dianggap seolah oleh artikel asli.

Celakanya adalah jika artikel duplikasi lebih duluan di-index oleh search engine maka ada kemunginan bahwa artikel asli ketika di-index oleh search engine akan dianggap artikel duplikasi artinya malahan terbalik diterjemahkan oleh search engine. Di sinilah kerugian pemilik blog asal artikel asli.
Apa yang dimaksud duplikasi internal? Yaitu sebuah konten yang ter-index dalam beberapa url yang berbeda namun masih dalam satu blog. Untuk jelasnya perhatikan url di bawah ini;

  1. http://agussale.com/optimasi-hard-disk-komputer/
  2. http://agussale.com/optimasi-hard-disk-komputer/comment-page-1/#comment-356
  3. http://agussale.com/optimasi-hard-disk-komputer/#comment

Kalau diperhatikan maka ketiga url tersebut mengacu pada artikel yang berbeda. Namun dalam kenyataannya ketiga alamat tersebut mengacu pada artikel yang sama dan alamat aslinya ada pada nomor 1. Pada url nomor satu adalah alamat aslinya, url nomor 2 adalah ketika kita meng-klik judul artikel tersebut di sidebar Recents Comment dan url 3 adalah ketika kita meng-klik langsung tulisan comments pada artikel yang bersangkutan. Oleh karena ketiga url tersebut mengacu pada artikel yang sama maka ketika search engine meng-index-nya dutuhkan waktu untuk mengevaluasi ketiga alamat url tersebut. Inilah yang biasanya menyulitkan blog terindex oleh search engine.

Baik duplikasi internal maupun duplikasi eksternal dua-duanya menimbulkan kerugian bagi pemilik asli artikel. Namun patut dicatat bahwa duplikasi eksternal masih membawa keuntungan yang lain yaitu masalah kredibilitas pemilik artikel yang dihargai dan dengan ditemukannya url asal artikel asli akan membawa search engine ke alamat asli artikel. Jadi duplikasi eksternal masih menguntungkan dari segi sosialisasi blog.

Pada artikel ini juga kita akan bahas cara mengetasi duplikasi internal konten blog. Tidak mudah menemukan cara mengatasi masalah ini karena sifatnya internal teknis. Ada beberapa pilihan sebenarnya yaitu dengan mengutak-atik file robot.txt, dan file .htaccess yang ada dalam direktory utama (untuk pengguna wordpres berbayar). Namun cara ini tidak dianjurkan terutama bagi kelas pemula terutama pada file htaccess yang juga menyangkut masalah keamanan blog.

Ternyata bagi pengguna wordpress ada cara lain yaitu dengan menggunakan plugin namun bukan buatan asli wordpres tetapi dikeluarkan oleh sebuah sumber yaitu; http://yoast.com/canonical-url-links/. Nama pluginnya adalah caninical url plugin. Jika kita sudah menginstall plugin ini maka plugin ini akan memasukkan rel=”canonical” pada tag dari setiap halaman yang artinya bahwa alamat yang mengandung rel=”canonical” akan dicatat sebagai alamat asli artikel sedangkan alamat duplikasi tidak akan diindex lagi oleh search engine. Cara installnya sangat sederhana seperti menginstall plugin pada umumnya tanpa melakukan perubahan apapun.

Lain wordpress lain pula penanganannya pada blogspot. Kalau pada wordpress kita menggunakan plugin maka pada blogspot kita mengerjakannya sendiri secara manual. Caranya adalah masih menggunakan kode rel=”canonical” . Langkah-langkahnya adalah;

  1. buka dashboard blogspot blog anda.
  2. Pilih Lay Out, lalu klik [Edit HTML]
  3. Tambahkan rel=”canonical” diantara tag dan dan penempatannya tepat dibelakang data url blog anda. Jadinya seperti ini;
  4. Simpan perubahan lalu refresh blog anda dan lihat hasilnya dengan [view page source]. Jika pekerjaan anda betul maka hasilnya pada page source seperti ini; <link href=”http://namadomainanda.blogspot.com” rel=”canonical” />

Selamat mencoba, semoga berhasil. Jangan lupa kommennya ya!

>>> DOWNLOAD GRATIS EBOOK karya Agus Sale, S.Pd<<< KLIK DISINI


>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer
Tags:
Categorised in:


1 Comment for Mengatasi Masalah Duplikasi Internal Konten Blog

cara servis komputer