Menu Click to open Menus
Home » Komputer » Perbaikan Komputer » Mengatasi Runtime Error Pada Komputer

Mengatasi Runtime Error Pada Komputer

(7562 Views) February 28, 2010 9:05 am | Published by | 78 Comments

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

Belajar komputer pada kasus Runtime Error. Ketika kita sedang mengoperasikan komputer, menjalankan suatu program lalu terjadi masalah komputer alias komputer “mogok” lalu muncul peringatan. Inilah saatnya anda mengalami salah satu dari runtime error. Ada banyak sekali runtime error dan kodenya masing-masing. Apa penyebab dan solusinya?
Runtime atau run-time error adalah pesan kesalahan dapat disebabkan oleh:

  1. Konflik Terminate-and-stay-resident (TSR) atau program yang sedang berjalan dan melakukan beberapa fungsi tertentu.
  2. Masalah software
  3. Virus komputer
  4. Masalah memori

Solusi:
Sebelum mengikuti rekomendasi untuk pemecahan masalah pada runtime error Anda jika Anda mendapatkan runtime error dengan kode kesalahan runtime dan pesan kesalahan seperti ” Runtime error 75 path/file access error”, lihat kode runtime error untuk melihat penjelasan kode kesalahan dan informasi tambahan dan penyebab kesalahan tersebut.

Konflik Terminate-and-stay-resident
Jika Anda mengalami pesan kesalahan runtime sedangkan Anda memastikan bahwa masalah tidak disebabkan oleh program pihak ketiga atau TSR seperti daftar dibawah, dan anda tetap mengalami masalah yang sama, pastikan bahwa tidak ada utilitas atau program yang sedang dibuka di autoexec.bat /config.sys dengan cara penggantian nama file temporal. Untuk melakukannya, ikuti petunjuk di bawah ini.

Boot ke MS-DOS prompt. Klik [start] lalu ketik [cmd] pada kotak search. Setelah masuk MS-DOS prompt, ketik: cd \ lalu tekan enter. Selanjutnya ketik lagi : [ren autoexec.bat autoexec.ch] lalu tekan enter. Ketik lagi : [ren config.sys config.ch] lalu tekan enter. Catatan ketika mengetik jangan memasukkan tanda ini []
Setelah selesai, reboot komputer.

Masalah software
Jika masalah tetap ada kemungkinan bahwa program, utilitas atau permainan yang menyebabkan runtime error. Verifikasi melalui situs web pengembang bahwa semua update atau patch yang mungkin tersedia yang telah Anda download dan install.
Jika tidak ada patch atau update yang tersedia, upaya untuk menghapus dan / atau instal ulang program yang menyebabkan masalah. Jika Anda memiliki runtime error pada sistem operasi Anda, instal ulang sistem operasi.

Add-on, plug-in, atau perangkat lunak tambahan
Banyak error runtime juga disebabkan oleh Pengaya lain, plug-in, atau perangkat lunak tambahan lain yang telah diinstal ke komputer dan berhubungan dengan program. Jika Anda memiliki perangkat lunak tambahan yang terinstal dan berhubungan dengan program yang menghasilkan kesalahan pastikan tidak ada tersedia update untuk program-program dan/atau mencoba menguninstall masing-masing untuk memastikan mereka tidak menyebabkan masalah anda.

Virus komputer
Karena virus komputer yang mampu merusak sistem pengaturan/memori maka adalah mungkin bagi virus komputer untuk menghasilkan runtime error. Jika Anda saat ini menjalankan program perlindungan virus pada komputer Anda pastikan Anda memiliki patch atau update terbaru. Jika Anda tidak memiliki program perlindungan virus komputer disarankan membeli salah satunya. Pastikan tidak ada lagi virus di komputer Anda.

Masalah memori
Akhirnya, jika anda telah mengikuti semua rekomendasi di atas, adalah mungkin bahwa Anda mungkin menghadapi hardware memori. Kami sarankan Anda menghubungi dulu pengembang dari program yang menyebabkan masalah untuk setiap kemungkinan solusi. Jika tidak ada solusi yang ditemukan, kami sarankan Anda menghubungi produsen motherboard komputer atau rekomendasi tambahan dan/atau jasa layanan terkait.

Penjelasan lebih lengkap tentang Kerusakan Komputer saya bahas dalam PANDUAN PERBAIKAN KOMPUTER.

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

78 Comments for Mengatasi Runtime Error Pada Komputer

  • sarah says:

    run time eror abnormal program termination gmna cara mengatasinya mas…thanks

    • Qbonk says:

      certmati artikel ini mas http: //answers.microsoft.com/en-us/windows/forum/windows_7-windows_programs/microsoft-visual-c-runtime-error-abnormal-program/a216ba67-0fa9-4a86-acaa-7f841dc83a01

  • saiful bahri says:

    mas gmn kalau runtime erornya C/Windows/explorer.exe

  • chella says:

    saya sudah pakai cclenear tpi msh run time r6002 .apakah saay aharus insatll ulang program yg terkena run time error sesudah pakai ccleaner?

  • Zaki says:

    Mas saya mau tanya, mohon bantuannya. bagaimana cara mengatasinya.

    Microsoft Visual C++ Runtime Library

    Runtime Error

    Program:
    D:\GAMES\SYDICATE\System\Win32_x86_Release\Sydicate.bin

    This application has requested the Runtime to terminateit in an
    unusual way.
    Please contact the application’s support team for more information.

    #Terimakasih sebelumnya

  • samsul says:

    mas……. saya mau nanya nieeee
    gimana cara menemukan control panel saya yang hilang, sebab semenjak control panel saya hilang sistem saya nggak jalan,,,,
    pas di restor nggak jalan, gmna nie masssss saya mohon bantuanya mas

  • salam kenal mas… ber manfaat artikel nyaa

  • vay says:

    saya mengalami masalah yang sama persis dengan Bapak Dedy. Dimana, pesan “run time error” muncul di pc server cctv. mohon petunjuk dari Bapak untuk solusi saya.

  • nopman says:

    bagaimana cara mengatasi your computer is missing a microsoft DirecX R component required by winamp

  • presly says:

    bagaimana cara mengatasi run time eror 75 path/file access eror mohon petunjuk dan langkah-langkahnya

  • rini anggraeni says:

    assalamualaikum..
    saya mau brtanya : kenppa setelah komputer di server di scann, trus pent buka billing , malah muncul run-time eror .’2147024770(8007007e)’
    automation error ??

  • Oka says:

    Salam kenal,
    saya punya masalah dengan komputer kantor
    seperti TMP47.EXE – application error.

    Ini error apa ya ? dan bagaimana cara mengatasinya.
    Terima kasih.

  • dendy says:

    bos,sy mau nanya kalo ngadepi komodo antivirus yang diuninstal berhasil trus q instal i avg tapi avg detact kalo comodo nya masih ada.tu gmana nangani komodonya agar bisa di instal i avg???thanks.mohon pencerahan

    • dedy says:

      aslmkum…
      pak…
      saya minta arahan dari bpk,saya menginstal DVR CCTV, di PC saya yg menggunkan W 7 original, saat ini saya mengalami masalah selalu muncul runtime error di PC saya yg hrus saya restart ulang program DVRnya.
      yang muncul seperti ini pak.
      runtime erorr.
      Program : C:/DVR Program/DVR.exe
      Abnormal program termination

  • malie says:

    aslmkum…
    pak…
    saya minta arahan dari bapk,saya menginstal xp dark lalu menginstal deepfrezz, kemudian saya menginstal ulang lagi dengan xp black,dan saat mau menginstal deepfrezz, deepfrezz gak bisa diinstal. tidak lama kemudian, saya kembali menginstal ulang laptop saya dengan menggunakan xp dark, dan saat saya instal deepfrezz,deepfrezzt tidak bisa, padahl, sebelum ini, deepfrezz bisa diinstal. sebagai catatan, saya sering melakukan instal ulang. mohon pencerahannya ya pak
    terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cara servis komputer