Menu Click to open Menus
Home » Internet » Keuangan » Mindset Mengatur Keuangan

Mindset Mengatur Keuangan

(945 Views) June 9, 2009 11:46 am | Published by | 3 Comments

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

Kemarin kita membahas tentang komputer dan hari ini kita bahas topik lain yaitu tentang mengelola keuangan pribadi

Masalah keuangan pribadi selalu ramai dan menarik untuk dibicarakan. Mengapa karena memang uang bukan segala-galanya tetapi hampir segala-galanya memerlukan uang. Sangat sering kita mengalami kesulitan keuangan apalagi dengan jumlah kebutuhan yang tidak terbatas. Masalah ini sangat berat apalagi dengan kemampuan pengelolaan keuangan yang minim. Mengapa kita kesulitan keuangan? Ada banyak sekali penyebabnya tetapi yang saya akan sharing pada artikel ini hanya 2 saja dulu;

Mindset Kita Tentang Uang.


Dari sekian banyak penyebab kesulitan keuangan ini ada satu hal yang sangat berpengaruh yang biasanya kurang diperhatikan. Atau dengan kata lain, persepsi kita tentang mengelola keuangan adalah keliru. Mari kita lihat contoh kasus ini;
“Jika pada saat ini saya berikan uang Rp. 10.000,- akan anda apakan uang itu?”. Dalam beberapa kali sharing tentang “Pengaturan Keuangan Keluarga” pada sebuah Credit Union yang kami kelolah, ketika pertanyaan ini saya ajukan maka hampir seluruh peserta tersenyum “aneh”. Ada yang menjawab akan saya belikan sayur, akan saya berikan anak untuk uang saku, dan ada yang mengatakan akan dibelikan rokok.

Dan bagaimana dengan jawaban anda? Mungkinkah jawabannya juga sama? Jawaban-jawaban diatas adalah mindset yang keliru mengenai pengelolaan keuangan. Mengapa? Karena dengan jawaban diatas menggambarkan bahwa yang kita pikirkan adalah “bagaimana menghabiskan uang” dan bukan mencari tambahan uang tadi. Jadi sebenarnya  yang sering terjadi pada orang-orang seperti ini adalah “semakin banyak uang di kantongnya semakin gelisah hatinya, apalagi ya yang akan saya beli”.

Mindset seperti ini harus disadari dan dirubah ke arah yang positip. Artinya ketika uang Rp 10.000,- real ada ditangan kita maka sebenarnya yang harus dipikirkan adalah bagaimana agar uang itu menjadi Rp.11.000,- atau menjadi Rp.12.000,- dan seterusnya. Apakah ini harus 100% dijalankan, saya pikir tergantung kita masing-masing tetapi paling tidak kita sudah berusaha mengembangkan keuangan kita walaupun baru berawal dari mindset tentang uang.

Administrasi Keuangan.

Kelemahan lain yang sering terjadi adalah tidak adanya pencatatan keuangan terutama mengenai pemasukan dan pengeluaran. Perlukah ? Bagaimana jika penghasilan saya kecil, masih perlukah pencatatan keuangan? Sayapun pernah “diprotes” mengenai hal ini.
“Enak bagi bapak ngomong seperti itu, soalnya bapak kan tidak tahu betapa kecilnya penghasilan saya, nah apanya yang butuh pencatatan?” Sekali lagi pikiran seperti ini harus dihindari jauh-jauh. Mengapa? Karena dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran saja belum tentu kita bisa mengendalikan diri dalam mengeluarkan uang apalagi kalau tidak ada catatan keuangan. Kalau begitu pencatatan seperti apa?

Tidak perlu pembukuan akuntasi yang bikin puciiiing kepala cukup catat saja dalam lebaran kertas dan dibuat dua kolom. Kolom pertama adalah pemasukan, kolom kedua pengeluaran. Ingat setiap pemasukan dan pengeluaran harus dicatat. Nah pada akhir bulan silahkan amati kolom pemasukan. Biasanya orang yang disiplin mencatat pemasukan akan mengatakan begini; “wah sebenarnya bulan ini lumayan banyak uang masuk, tapi kemana semua?” Nah kalau pertanyaan ini muncul berarti sudah ada tanda-tanda positip bahwa orang tersebut menyadari bahwa pengeluaran perlu dikendalikan.

Ini memang tidak mudah dan sayapun ketika menulis artikel ini masih sering bolong catatannya, tetapi paling tidak kita sudah berusaha ke arah sana. Selamat mencoba !

Incoming search terms:

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

3 Comments for Mindset Mengatur Keuangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cara servis komputer