Menu Click to open Menus
Home » Internet » Keuangan » Mindset Mengatur Keuangan-2

Mindset Mengatur Keuangan-2

(1474 Views) January 11, 2017 1:09 am | Published by | 1 Comment

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai pemahaman kita tentang uang, apa yang harus dipikirkan ketika memiliki uang dan lain-lain. Namun dalam kenyataannya adalah bahwa administrasi keuangan saja tidak cukup untuk mengamankan uang kita. Masih ada hal lain yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan dalam mengatur keuangan tertuama masalah tabungan. Perhatikan dua contoh di bawah ini;

  1. Penghasilan – Konsumsi = Tabungan
  2. Penghasilan – Tabungan = Konsumsi

Dari dua model panggunaan uang diatas yang manakah yang biasanya anda gunakan? Pengalaman saya pribadi dulu saya menggunakan nomor 1. Mungkinkah anda juga begitu? Ketika pertanyaan ini saya sharing di tempat lain 97,3% memilih nomor 1 juga.

Mari kita analisa satu persatu rumusan diatas;

Penghasilan – Konsumsi = Tabungan

Nah… apa artinya jika kita memilih ini? Artinya ketika ada uang, maka uang tersebut langsung diposkan dan dibelanjakan menurut daftar kebutuhan yang telah diketahui sebelumnya. Jadi apabila ada sisa uang belanja barulah uang tersebut di TABUNG. Pertanyaaannya adalah adakah anda pernah memiliki sisa uang tiap bulan untuk ditabung? Jawabannya adalah 99% tidak. Artinya hampir bisa dipastikan kita tidak akan pernah memiliki TABUNGAN. Ketika tidak memiliki TABUNGAN maka bahaya masalah keuangan semakin berat.

Mari kita lihat point yang kedua;

Penghasilan – Tabungan = Konsumsi

Yang ideal sebenarnya adalah rumusan ini. Mengapa? Karena dengan meilih rumusan 2 berarti kita akan punya tabungan untuk mengantisipasi masa-masa sulit keuangan. Jika anda mempunyai gaji tetap setiap bulan, maka setiap menerima gaji maka langsung keluarkan 5-10% untuk langsung ditabung, sisanya itulah yang akan dibelanjakan untuk kebutuhan. Dengan model ini maka menabung adalah merupakan prioritas utama kita.

Apa masalah yang muncul ? Hehehe enak ya omongnya……. Bagaimana kalau penghasilan saya 1,5 juta dan kebutuhan perbulan 1,5 juta bagaimana bisa saya menabung? Tetap bisa menabung.

Contohnya begini :

Ketika terima gaji keluarkan 5 % untuk ditabung jadi 1,5 juta dikurang 75 ribu hasilnya 1.450.000,- Jadinya tekor 75 ribu kan ? kalau kita cari jalan pintas maka batal menabung, tetapi kalau kita berpikir positip tetap bisa menabung. Caranya adalah kita masih punya waktu 30 hari untuk menutupi kekurangan tersebut. Apakah dalam 30 hari itu kita sama sekali tidak bisa mencari tambahan 75 ribu? Saya pikir sangat bisa kalau kita mau.

Teman-teman…. kita manusia kadang-kadang seperti pasta gigi yang penuh dengan isi didalamnya. Namun pasta tersebut tidak bisa keluar sendiri tetapi harus dipencet dulu baru keluar. Nah dalam hal tertentu ada kalanya kita manusia seperti itu, harus dipencet dulu baru keluar potensinya mencari tambahan penghasilan. Tetapi ini hanya sharing pengalaman saja, bukan ilmu pasti.

Mudah-mudahan ada manfaatnya…..jangan lupa komennya ya!

>>> DOWNLOAD GRATIS EBOOK karya Agus Sale, S.Pd<<< KLIK DISINI


>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer
Tags:
Categorised in:


1 Comment for Mindset Mengatur Keuangan-2

  • salam kenal, artikel yang sangat bagus dan menarik. Benar, Tuhan telah menciptakan kita sebagai makhluk hidup yang sempurna, namun banyak diantara kita kurang menyadari potensi diri sendiri. Menabung dulu setelah mendapat penghasilan, baru sisanya dipakai untuk belanja kebutuhan, jika kurang, bisa mencari penghasilan tambahan maupun analisa pos – pos kebutuhan kita sendiri, mana yang bisa dikurangi

cara servis komputer