Menu Click to open Menus
Home » Komputer » Perawatan Komputer » Optimalisasi Hardware Komputer

Optimalisasi Hardware Komputer

(2000 Views) January 16, 2017 1:09 am | Published by | 1 Comment

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

Kita semua pasti sudah pernah membaca artikel tentang mengoptimalkan komputer tetapi yang paling banyak dibahas adalah optimasi sistem operasi. Sebenarnya mengoptimalkan kinerja komputer juga bisa dilakukan dengan optimasi perangkat keras. Nah pada beberapa artikel berikut kita akan membahas beberapa hardware komputer yang bisa dioptimalkan;

Optimasi Power Suply

Power suply unit (PSU) adalah awal dari nafas beropersinya komputer. Penempatan power suply yang tepat terutama dalam hal dayanya akan mengoptinalkan kinerja komputer. Oleh karena itu pastikan bahwa anda menggunakan power suply yang kualitas bagus. Jika anda membeli casing standart maka power suply aslinya berkualitas sangat standar juga. Saya sarankan anda untuk mengganti dengan yang baru dan lebih baik. Pada awal tahun 2000-an power suply yang digunakan rata-rata adalah 200-300 watt saja namun seiring dengan berjalannya waktu dan peningkatan standart komputer maka power suply juga ditingkatkan daya kerjanya. Untuk saat sekarang standart power suply yang digunakan harus mencapai 400-450 watt. Ini penting karena kinerja komputer sangat ditentukan oleh power suply.

Optimasi  Processor

Optimasi pada Processor bisa dilakukan dengan cara over clocking pada Processor. Cara over clock itu sendiri tidak hanya satu tetapi ada berbagai cara. Pada komputer jaman akhir tahun 1990 sampai tahun awal 2000 kebanyakan komputer masih bisa di overclock lewat setting pada jumper tertentu pada mainboard. Tetapi pada jaman ini over clock sperti itu sudah ditinggalkan dan kebanyakan dilakukan dengann melakukan setting pada BIOS. Secara umum pengertian overclock itu sendiri berarti memaksimalkan kinerja Processor sampai pada batas yang ditentukan oleh pabrikanya dan kalau perlu melebihi. Namun patut diperhatikan bahwa dalam over clock anda harus mempertimbangkan segi keselamaatan Processor artinya ada pekerjaan tambahan yang harus anda lakukan.

Contoh Over clock Processor Core 2 Duo

Sebagaimana umumnya diketahui bahwa Intel sebagai Produsen Core 2 Duo hanya memberi kesempatan pada FSB Processor-nya.

  • Langkah pertama yang kita lakukan adalah menaikkan tegangan dari normalnya 1,2 volt menjadi 1,4 volt.
  • Setelah itu lakukan setting pada FSB pada BIOS misalnya anda langsung patok pada posisi maksimal yang diisinkan.
  • Setelah itu simpan settingannya dan restart komputer.
  • Setelah melakukan overclock maka hal penting yang harus dijaga adalah kinerja kipas pendingin harus dijaga tetap maksimal, artinya paling tidak kipas ini harus sering dibersihkan dari debu yang bisa menghambat kipas.

Optimasi Power Memory

Pertanyaannya adalah berapa sebenarnya kapasitas memory untuk sebuah komputer? Jawaban pertama adalah Processor yang bagaimana yang anda gunakan. Mengapa? Karena Processor dan memory adalah ibarat dokter dan asisten dokter. Merka selalu bekerja berpasangan dalam setiap operasi. Oleh karena itu pakailah kapasitas memory yang diisyaratkan oleh mainboard dan Processor yang anda gunakan. Jika anda menggunakan Core 2 Duo dengan memory hanya 512 MB maka ini kurang berimbang. Artinya dokternya terlalu cekatan tetapi asisten dokternya agak lamban maka operasi berjalan lambat. Setelah melakukan beberapa percobaan dengan software saya menganggap bahwa pasangan Processor dengan memory berikut ini adalah ideal untuk pekerjaan standar (bukan harga mati);

>>> DOWNLOAD GRATIS EBOOK karya Agus Sale, S.Pd<<< KLIK DISINI


>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer


1 Comment for Optimalisasi Hardware Komputer

cara servis komputer