Menu Click to open Menus
Home » Komputer » Tahukah Anda » Penjelasan Tentang Apa Itu Digital Certificates

Penjelasan Tentang Apa Itu Digital Certificates

(3857 Views) June 6, 2011 12:48 pm | Published by | 3 Comments

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

Digital-CertificatesDigital Certificates atau sertifikat digital adalah setara izin mengemudi, surat nikah, atau bentuk lain dari identitas. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa sertifikat digital digunakan bersama dengan sistem enkripsi public key. Digital Certificates adalah file elektronik yang hanya bekerja sebagai paspor online. Digital Certificates dikeluarkan oleh pihak ketiga yang dikenal sebagai Certification Authority seperti VeriSign atau Thawte.

Otoritas sertifikasi pihak ketiga ini memiliki tanggung jawab untuk mengkonfirmasi identitas pemegang sertifikat serta memberikan jaminan kepada para pengunjung situs bahwa situs web tersebut adalah salah satu yang dapat dipercaya dan mampu melayani mereka dengan cara yang dapat dipercaya.

Sertifikat digital memiliki dua fungsi dasar. Yang pertama adalah untuk menyatakan bahwa orang-orang, website, dan sumber daya jaringan seperti server dan router merupakan sumber terpercaya, dengan kata lain sesuai dengan siapa atau apa yang menjadi tuntutan mereka. Fungsi kedua adalah untuk memberikan perlindungan bagi pertukaran data dari pengunjung dan website dari gangguan atau bahkan pencurian, seperti informasi kartu kredit.

Sebuah sertifikat digital berisi nama organisasi atau individu, alamat bisnis, tanda tangan digital, public key, nomor seri, dan tanggal kedaluwarsa. Ketika Anda sedang online dan browser web Anda mencoba untuk mengamankan sambungan, maka sertifikat digital yang diterbitkan untuk website yang akan diperiksa oleh browser web untuk memastikan bahwa semuanya baik-baik saja dan dapat Anda telusuri dengan aman.

Web browser pada dasarnya telah dibangun dengan memiliki daftar semua otoritas sertifikasi utama dan public key mereka dan menggunakan informasi tersebut untuk mendekripsi tanda tangan digital. Hal ini memungkinkan browser untuk segera memeriksa masalah, kelainan, dan jika semua pemeriksaan tidak menemukan masalah maka peringatan aman akan diaktifkan. Ketika browser menemukan sebuah informasi sertifikat atau tidak cocok atau kadaluarsa, kotak dialog akan muncul memberi peringatan.

Ada dua jenis utama sertifikat digital yang penting untuk membangun situs Web aman dan ini adalah server certificates dan personal certificates.

Server certificates

Sertifikat server hanya memungkinkan pengunjung website untuk aman mentransfer informasi pribadi mereka seperti kartu kredit dan informasi rekening bank tanpa khawatir tentang pencurian atau gangguan. Sertifikat server juga bertanggung jawab untuk memvalidasi identitas pemilik website sehingga pengunjung dapat merasa seolah-olah mereka berhadapan dengan sumber yang sah saat membuat atau memasukkan password, rincian rekening bank, atau nomor kartu kredit ke dalam situs web.

Untuk setiap bisnis atau situs web yang akan membutuhkan informasi tersebut, sertifikat server merupakan bagian penting dari proses membangun website, salah satu yang tidak bisa dilewati atau diabaikan dengan alasan apapun. Memiliki sertifikat server dapat memberi keuntungan pemilik website karena merupakan usaha professional bisnis e-commerce di mana pelanggan memiliki jaminan sebagai legitimasi atau profesionalisme dari orang-orang partner bisnis.

Personal Certificates

Personal Certificates sedikit berbeda dari Server Certificates karena memungkinkan Anda untuk memvalidasi identitas pengunjung situs Web dan bahkan membatasi akses mereka kepada bagian-bagian tertentu dari website. Anda mungkin ingin mengatur website Anda sehingga halaman web hanya tersedia bagi orang-orang tertentu, dan sertifikat pribadi dapat membantu Anda melakukan hal ini. Personal Certificates dapat digunakan untuk hal-hal seperti mengirim dan menerima email untuk informasi rekening pribadi seperti password terlupakan atau informasi nama pengguna.

Keamanan Standar

Sebagian besar protokol standar yang banyak digunakan untuk komunikasi elektronik mengandalkan digital certificates:

  1. SSL (Secure Socket Layer), yang dirancang oleh Netscape Communication Corporation, diterima secara luas sebagai browser forweb dasar standar dan otentikasi server, dan aman untuk pertukaran data di Internet. Hampir semua server utama dan web browser termasuk Netscape Communicator dioptimalkan untuk mengaktifkan enkripsi SSL, dan merupakan jenis keamanan yang paling umum dilihat di Internet.
  2. S/MIME (Secure Multipurpose Internet Mail Extensions Protocol) dianggap sebagai standar dasar untuk email yang aman dan EDI (Electronic Data Interchange).
  3. SET (Secure Transaksi Elektronik protokol) melindungi pembayaran elektronik dari pengunjung web untuk operator situs.
  4. Internet Protocol Secure Standard (IPSec) memverifikasi perangkat jaringan seperti server dan router.

Sekarang jelas bahwa digital certificates memainkan peranan penting dalam menjaga pengalaman online Anda yang aman. Adalah bijaksana untuk memperhatikan peringatan digital certificates yang Anda terima, dan bahwa Anda mengecek untuk memastikan koneksi Anda sudah aman sebelum memberi seseorang informasi pribadi Anda.

Incoming search terms:

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

3 Comments for Penjelasan Tentang Apa Itu Digital Certificates

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cara servis komputer