Menu Click to open Menus
Home » Komputer » Tahukah Anda » Penjelasan Tentang Bus Data

Penjelasan Tentang Bus Data

(5304 Views) October 2, 2010 1:43 pm | Published by | No comment

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

bus dataSebuah bus data adalah subsistem komputer (berupa sekelompok) yang memungkinkan menemukan cara mentransfer data dari satu komponen ke komponen lain pada papan motherboard atau sistem, atau antara dua komputer. Hal ini dapat mencakup transfer data ke dan dari memori, atau dari central processing unit (CPU) ke komponen lainnya. Setiap bus data dirancang untuk menangani begitu banyak bit data pada suatu waktu. Jumlah data yang dapat ditransfer oleh bus data diukur dan disebut bandwidth.

Bus data 32-bit adalah yang paling awal terkenal. Ini berarti bahwa transfer data dapat mencapai sampai dengan 32 bit setiap detik. Komputer baru yang membuat bus data yang dapat menangani 64-bit dan bahkan 96-bit data path. Pada saat yang sama mereka membuat bus data untuk menangani bit lebih, mereka juga membuat perangkat yang dapat menangani hal ini bitrate yang lebih tinggi.

Pada masa-masa awal dari komputer pribadi, produsen menciptakan motherboard dengan directly connected yang terhubung langsung ke memori komputer dan peripheral. Hal ini dirancang untuk berjalan sejajar satu sama lain dan memiliki beberapa sambungan. Namun hubungan langsung mengalami masalah karena beberapa alasan, terutama karena semua perangkat dipaksa untuk berjalan pada kecepatan yang sama.

Untuk menghilangkan masalah ini, pengembang menggunakan bus controller untuk memisahkan CPU dan memori dari perangkat periferal, memungkinkan kecepatan CPU dapat ditingkatkan tanpa memerlukan peningkatan kecepatan yang sama di perifer. Sistem ini juga memungkinkan kartu ekspansi untuk berkomunikasi satu sama lain tanpa melalui CPU, sehingga transfer data menjadi lebih cepat.

Semua perangkat masih harus berkomunikasi satu sama lain pada kecepatan yang sama, namun kecepatan bus begitu rendah akan memperlambat sistem komputer secara keseluruhan. Komputer  modern menggunakan paralel dan serial data bus. Paralel bus data membawa data pada kabel yang banyak secara bersamaan. Setiap kawat atau jalur, membawa satu bit data. Sebuah bus data serial memiliki satu kawat atau jalan, dan membawa semua bit, satu demi satu.

Hampir setiap komputer berisi internal dan eksternal bus data. Bus data internal, juga dikenal sebagai bus lokal, menghubungkan semua komponen yang terdapat pada motherboard, seperti CPU dan memori. Bus data eksternal menghubungkan semua perangkat periferal ke motherboard.

Berbagai bus data eksternal berbeda sudah tersedia saat ini. Tipe bus data yang tepat tergantung pada perangkat yang terpasang pada komputer. Bus paralel yang paling umum ditemukan di komputer saat ini adalah ATA, kartu PC (digunakan di laptop), dan SCSI. Bus data paling umum adalah serial, termasuk USB, FireWire, Serial ATA, dan SCSI.

Incoming search terms:

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

Tidak ada komentar untuk : Penjelasan Tentang Bus Data

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cara servis komputer