Menu Click to open Menus
Home » Belajar Blog » Pikiran Yang Tepat, Senjata Yang Ampuh

Pikiran Yang Tepat, Senjata Yang Ampuh

(883 Views) January 2, 2017 1:09 am | Published by | 2 Comments

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

Kali ini artikel motivasi lagi ah… sudah lama gak ada penyegaran motivasi. Sebuah tantangan untuk anda. Saya membawa anda kekampung orang lain dimana anda hanya boleh membawa harta yang menurut anda paling penting dalam perantauan. Ditempat baru ini saya menantang anda untuk mencari uang 1 millyar dalam waktu 1 minggu saja. Syaratnya harus halal, bukan hasil spekulasi/menipu dan tidak boleh kredit alias minjam. Bisa anda cari? Hehe tidak tahu ya apa jawaban anda.

Tantangan ini selalu saya berikan ketika memberikan pelatihan mengatur keuangan keluarga pada sebuah Credit Union yang kami kelolah. Dan dari 20-30 peserta pelatihan biasanya 99% selalu mengatakan “Tidak Mungkin”, dan hanya 1% yang bingung antara mengatakan ya atau tidak bisa. Mungkinkan anda termasuk diantara yang 99% itu? Bisa jadi anda berpikir wah ini omong kosong paling besar yang pernah saya baca. Jika anda berpikir begitu sayapun tak keberatan. Oke… perhatikan cintoh berikut ini (contohnya adalah anda sendiri);

Anda sekarang mungkin berada dalam sebuah ruangan sedang berinternet. Lihat kedepan atau kebelakang dimana anda menemukan sebuah tembok dinding batu merah. Perhatikan baik-baik tembok itu, tebalnya mungkin 15-20 cm. Bisakah anda melobangi tembok itu dengan satu jari saja (jari telunjuk) dalam waktu 6 jam? Kembali anda ditantang.
Mari sama-sama kita jawab “tidak bisa” karena;

  1. Temboknya tebal.
  2. Tangan terlalu lembut untuk tembok sekeras itu.
  3. Karena kita tidak boleh menggunakan betel atau martil.
  4. Karena waktu yang diberikan terlalu singkat.
  5. Karena saya belum pernah melakukan pekerjaan seperti itu.
  6. Karena memang itu mustahil…..
  7. Dan masih banyak karena karena yang lain.

Nah jelas bukan bahwa itu tidak bisa dilakukan. Dan apakah kita akan mengerjakannya? Jelas Tidak. Sekarang mari bersama sama kita jawab bahwa itu “bisa” dilakukan. Bagaimana caranya?

  1. Pada 1 jam pertama carilah pipa besi yang pas untuk masuk ke jari telunjuk dan segera bawa ke tukang las besi untuk dibentuk dan ditajamkan ujungnya.
  2. Setelah besinya selesai dibentuk, masukkan dalam jari telunjuk dan kita akan mulai bekerja
  3. 10 menit pada jam kedua siramlah tembok bata itu dengan air agar air meresap ke dalamnya.
  4. Mulailah kita melubangi tembok bata tersebut dan setiap 5 menit siramlah dengan air agar batu bata-nya semakin rapuh untuk dilubangi.
  5. Pada jam kelima, pasti pekerjaan selesai

Pertanyaan saya sekarang adalah dari mana datangnya 7 alasan “tidak bisa” dan 5 cara kerja pada alasan “bisa”? bukan dari mana-mana yaitu dari pikiran yang sama, kepala yang sama dan otak yang sama yaitu dari diri kita sendiri. Yang saya ingin katakan adalah bahwa sebenarnya pikiran manusia itu begitu potensial untuk mencari jawaban. Dalam contoh diatas, ketika kita mengatakan “tidak bisa maka pikiran memberikan 7 alasan tidak bisa dan kitapun berhenti bekerja. Tetapi ketika kita sepakat mengatakan bisa maka ternyata pikiran kita mencarikan jalan keluarnya dan itulah 5 langkah di atas.

Oleh karena itu untuk suatu usaha apalagi bisnis, buanglah jauh-jauh pikiran tidak bisa tadi. Ketika saya baru mulai bekerja tahun 1997 dengan gaji awal 200 ribu dan hidup dirumah kontrakan bersama istri dan satu anak, saya mengatakan bahwa suatu saat nanti saya harus punya rumah dengan tanah 1 kapling dan membeli sebuah mobil. Tahun 2005 rumah permanen berhasil saya miliki dan tahun 2007 saya bisa membeli sebuah mobil Taruna. Bukan keberhasilan yang ingin saya perlihatkan tetapi bahwa semua itu berawal dari pikiran “bisa” dilakukan.

Oke kita lanjut…. jadi bisakah uang 1 millyar itu dicari dalam 1 minggu? Sangat bisa tergantung seberapa besar alasandan kemauan kita untuk memperoleh uang 1 millyar itu. Caranya bagaimana? Mari kita minta pikiran kita untuk mencari jalan keluarnya. Hasilnya adalah begini; dijaman modern ini ada banyak sekali Rumah sakit yang butuh sumbangan. Berapa besar harga sebuah ginjal? Berapa rupiah harga sebuah mata? Orang kaya didunia sangat banyak yang butuh ginjal, jantung, dan mata. Mereka bersedia membayar berapa saja (pasti diatas 1 M) asal bisa mendapat donor ginjal. Jadi uang 1 millyar bukanlah jumlah yang mustahil diperoleh sejauh kita berpikir bisa.
Tetapi apakah kita harus “menjual diri” untuk mendapatkan harta sebesar itu? Tidak perlu karena yang saya mau tekankan adalah “jangan biarkan pikiran tidak bisa menggerogoti semangat juang kita”, termasuk didunia bisnis internet.
Wah kayaknya sudah kebanyakan omong nih….. Jangan lupa komennya ya! Salam sukses!

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

2 Comments for Pikiran Yang Tepat, Senjata Yang Ampuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cara servis komputer