Proses Instalasi Gagal, Muncul Pesan Stop: 0x0000000A

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook_repair_laptop

mengatasi kegagalan instalasiSeringkali terjadi ketika sementara menginnstall Windows XP, proses instalasi gagal, lalu diikuti munculnya pesan error Stop: 0x0000000A : IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL. Ini adalah salah yang menyebabkan apa yang disebut layar biru alias blue screen of death (BSOD) ada pula yang menamakannya blue screen error saja. Sebenarnya pesan diatas sering menampakkan diri dalam dua kondisi, pada proses instalasi dan biasa juga muncul pasca instalasi. Yang akan dibahas kali ini adalah pesan yang muncul ketika proses instalasi.

Mengatasi pesan error saat instalasi bukan hal mudah dan harus diakui bahwa jika pesan diatas muncul pada proses instalasi masalahnya akan jauh lebih berat daripada penampakannya setelah instalasi. Mengapa lebih berat? Karena sudah dipastikan pesan diatas akan muncul ketika hard disk sudah diformat dan yang yang kita hadapi saat itu ada melulu masih layar hitam dan kita tidak bisa lagi kembali kepada windows yang sudah diformat tadi. Satu-satunya jalan keluar adalah melanjutkan instalasi. Sekarang mari kita lihat lebih jauh mengenai pesan itu. Bentuk lengkap pesannya sebenarnya seperti ini; Stop: 0x0000000A (parameter1, parameter2, parameter3, parameter4) IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL *** Alamat x memiliki basis pada x – nama file Jika dicermati dengan baik, pada pesan stop diatas, setiap parameter adalah angka heksadesimal yang mengacu pada isu, masalah tertentu yaitu;

  1. Parameter 1 – Sebuah alamat yang dirujuk salah.
  2. Parameter 2 – Sebuah IRQL yang diperlukan untuk mengakses memori.
  3. Parameter 3 – Jenis akses, di mana 0 adalah operasi yang dibaca dan 1 adalah operasi ditulis.
  4. Parameter 4 – alamat memori instruksi yang direferensikan dalam parameter 1.

Solusinya.
Karena yang kita bahas adalah pesan yang muncul ketika proses instalasi, maka beberapa metode berikut saya pikir dapat menyelesaikan masalah tadi;

  1. Metode 1: Menentukan Hardware Abstraction Layer (HAL). Gunakan metode pertama untuk mencoba menyelesaikan pesan error stop. Selama startup instalasi, tekan F5 pada saat muncul pesan “Setup is inspecting your computer’s hardware configuration”. Ketika diminta, pastikan bahwa Anda tentukan jenis komputer yang benar dan Hardware Abstraction Layer (HAL). Misalnya, jika Anda memiliki prosesor tunggal, menentukan “Standar PC” HAL. Cobalah untuk menginstal ulang Windows XP. Jika ini menyelesaikan pesan error stop dan Anda berhasil menginstal Windows XP, masalah Anda selesai. Jika ini tidak menyelesaikan pesan error Stop, lanjutkan ke metode 2.
  2. Metode 2: Matikan fitur pengaturan CMOS. Gunakan metode ini bila metode 1 tidak menyelesaikan pesan error Stop.Matikan semua fitur berikut dalam pengaturan CMOS komputer Anda. Untuk petunjuk, lihat dokumentasi perangkat keras atau hubungi produsen. (1) matikan semua caching, termasuk L2, BIOS, internal / eksternal, dan caching writeback pada kontroler disk. (2) matikan All shadowing (3) matikan Plug and Play (4) matikan setting berbasis BIOS perlindungan virus. Setelah itu, cobalah untuk menginstal ulang Windows XP.
  3. Metode 3: Periksa RAM komputer. Buka dan pasang kembali RAM. Kalau perlu buka semua memori mismatched SIMM (RAM) sehingga semua SIMM beroperasi pada kecepatan yang sama. Jalankan tes sistem pada memori kalau memungkinkan. Test dengan menggunakan SIMM berbeda bila tersedia. Setelah itu, cobalah untuk menginstal ulang Windows XP.
  4. Metode 4: Keluarkan adapter yang tidak dibutuhkan dalam proses instalasi dan disconnect jika ada hardware devices tambahan. Contoh devices tambahan; Network adapter, Internal modem, Sound card dan lain-lain (pokonya yang tidak dibutuhkan saat instalasi windows). Jika sudah, cobalah install ulang windows.
  5. Method 5: Perbaiki posisi kabel bus IDE. Jika perlu cabut kabel tersebut dari slotnya lalu pasang kembali dengan tepat. Keluarkan IDE devices yang lain yang tidak diperlukan (misalnya jika Anda menginstall dari CD ROM cabut saja untuk sementara waktu drive CD RW). Setelah itu cobalah ulangi menginstall ulang windows.
  6. Metode 6: Periksa catatan dari pabrik pembuatnya siapa tahu ada persyaratan yang Anda lewati. Metode ini adalah yang paling terakhir yaitu jika memang masalah tidak selesai, hubungi dealer pembelian Anda atau alternatif lain hubungi vendor yang Anda percaya

Catatan; secara umum 5 metode pertama diatas dapat menyelesaikan masalah dalam berbagai kasus, tetapi bukan tidak mungkin ada hal-hal lain yang terlewatkan dalam pengamatan kita sehingga masalah tidak dapat diselesaikan. Pengamatan yang cermat dan teliti tentang setiap tanda-tanda yang muncul akan sangat membantu mengidentifikasi masalah dan pemecahannya.
Ada baiknya Anda membaca juga artikel Perbaikan Komputer Pada Kasus Windows Blue Screen Errors yang pernah saya tulis karena masalah kegagalan instalasi diatas akan muncul dalam artikel itu.


Untuk pembahasan lebih lengkap mengenai artikel di atas, silahkan KLIK DISINI
>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer


Tags: , , , ,

28 Responses to Proses Instalasi Gagal, Muncul Pesan Stop: 0x0000000A

  1. Gus Abby

    Mas, Klo di PC saya kok gk bisa instal Framework 4.0 , Pesannya ‘Fatal Error during instalation’ ,
    Pas Instal iTunes Juga , lama banget , akhir nya pesannya ‘fatal eror during instalation’ ,
    mohon pencerahannya ya mas..

    • Qbonk

      proses downloadnya ga sempurna, gunakan internet yg kencang

  2. azzah

    makasih banyak infonya mas………

  3. baru ganti mobo asus pas mau install window xp pada saat copy file lancar tapi pada boot ke 2 muncul pesan primary master drive fail padahal setingan di bios udah di setup boot 1 cd room bot 2 harddisk kenapa yah pak?

    • Qbonk

      @herry, coba buka kabel datanya dan pasang kembali, bisa sj karena longgar. Jika keadaan kabel baik dan masih muncul berarti mungkin hdd sdh tdk normal lg

  4. Arul

    Salam kenal Pak…
    maaf langsung ke pertanyaan saja..
    saat instal windows xp, setelah keluar kata “press F2 to Automated Recovery System” terus udah ga ada apa-apa lagi. Cuma layar biru aja kosong.

    Udah ganti HDD, DVDROM, pake linux juga sama saja.

    Solusinya apa ya..??

    • Qbonk

      @Arul, Ini PC ato laptop? jika dilihat dari tanda2nya spertinya sdh saatnya memeriksa BIOS update

  5. mumtaz

    bang.. saya juga mengalami masalah yang sama seperti bberapa temen2 diatas.
    Tolong dibaca bang walaupun agak panjang :)

    masalahnya yaitu :
    “Leptop saya selalu eror pada proses instal ulang tepatnya saat copy file”

    nb:
    – CD INSTALER RUSAK ?
    Saya udah gonta ganti CD bahkan sampe 5 CD OS xp yg saya pake tapi masih ga bisa. kadang2 erornya di 20%, 30%, 90% pkoknya random. Jadi bisa disimpulkan sepertinya bahwa yang eror bukan pada Instaler XPnya.

    -CD ROM RUSAK?
    Saya udah pake metode ” instal xp dengan flashdisk” tapi msh juga eror bang seperti sebelumnya.

    – saya udah coba instal win 7 ke pc ini tapi partisi ga kebaca.

    tolong solusinya bang.
    ini leptop abang saya. yang minta tlg diinstal ulang.

    kalo bisa tolong kirim jwabannya ke email saya bang.

    mumtaz.andhika@gmail.com

    makasih sbelumnya. maap kalo panjang :)

  6. Mas mohon bantuanya, saya tidak bisa instal komputer karna ketika setelah
    Setup is inspecting your computer’s hardware configuration kemudian berjalan sebentar lalau muncul pesan
    File setupdd.sys could not be loaded
    The error code is 4
    apa yang harus saya lakukan?

    • Qbonk

      @Ifey, ganti cd installer mas

      • @Qbonk, sudah pake cd instaler win xp sp2 3buah,xp sp3 1buah, win2000 1buah, win 98 1buah.
        cd room sudah 2. hasilnya tetep sama. Terhenti ketika inspecting your computer’s hardware configuration, cuma errornya tiap versi widows berbeda, hard disk saya ganti dengan yang ada os nya tetep aja g bisa booting, vga sudah di coba pake yang lain masih tetep, Ram kan pake 2 buah saya coba satu-satu, masih tetep
        sebelum di instal komputer blue screen, lalu saya restart tapi jadi g bisa booting.
        makanya saya coba instal ulang. Barang kali mas punya pendapat pendapat yang lain.
        saya sudah pusing, sudah 3 hari ni komputer saya utak-atik.
        Terima kasih atas responnya.

      • Qbonk

        @ifey, jika demikian berarti komputer anda mengalami kerusakan memori. coba cek dengan menggunakan memori lain. Jika saat ini anda menggunakan memori 2 slot coba dl digunakan salah satunya saja

  7. frahtp

    halo pak, saya mau nanya…..kemaren saya instal ulang xp pada pc saya ‘ …dana sewaktu sampai tahap klik enter untuk melanjutkan istalan……muncul klik f3 to quit…..tidak dapat melanjutkan instalan…..mohon pencerahan nya bapak..please…!

    • @frahtp, kemungkinan paling mendekati adalah Hard disk tdk bisa menerima instalasi (setengah rusak), atau

  8. q-bonk
  9. Pak mau tanya, waktu aku nyalain komputerku biasanya ga ada milih seperti safe mode dll. pas aku pilih start windows normaly kok ada tulisan EXCEPTION. tolong bantuan dan sarannya. Trims.

  10. belajar_komputer

    Yang jelas salah satu diantara 2 benda itu yg tdk valid. Coba bakar ulang cd installer-nya lalu ulangi install

  11. yasser

    pak saya mau tanya knapa ya saat install XP….. pas setelah format berhasil . lalu copy data. nah permasalahaannya saat copy data kok muncul retry/skip berkali kali ya? padahal CD XP n CD ROM nya dah ku ganti2 tersu tpi ttp gak bisa. mohon solusinya ya pak makasi…

  12. belajar_komputer

    windows-write delayed failed adalah pesan yang muncul ketika hard disk gagal menyimpan copy file. Penyebabnya bisa beberapa hal… bisa karena cd installer rusak dan bisa juga karena hard disk rusak. Tetapi dengan kenyataan bahwa ketika install ulang laptop anda selalu restart sendiri maka kesimpulan saya hard disk anda tdk sehat lagi dan mungkin memang sdh rusak. Siapkan hard disk cadangan

  13. mahar

    salam kenal pak
    sebelumnya saya pernah mengikuti metode yang pernah bapak publikasikan dan ternyata berhasil saya ucapkan terima kasih, tetapi muncul masalah lain yang sampe sekarang belum bisa saya pecahkan sebelumnya laptop saya (IBM thinkpad R32) ketika sedang digunakan sering keluar ssecurity alert dengan tulisan “windows-write delayed failed” setelah itu saya otak atik registrynya dan lumayan berhasil tp tidak lam kemudian selalu muncul blue screen dan mau tidak mau harus dimatikan dengan pemaksaan (shutdown dari tombolnya langsung hehehe..)akhirnya saya ambil keputuan untuk merepair (dan karena ga berhasil saya install ulang) windos saya.. nah masalah muncul ketika hendak menginstall ulang karen pada saat proses instal laptop saya selalu shutdown dengan sendirinya ketika sedang proses instalasi sehingga tidak bisa di instal ulang dan hingga saat ini laptop saya sama sekali tidak bisa digunakan
    mohon bantuannya

  14. Saya belum pernah mengatasi masalah itu, tetapi sebagai bantuan saya untuk anda, coba kunjungi alamat ini; http://support.microsoft.com/kb/103104

  15. pirma

    mas mw tanya, pada saat saya menginstal program ms.fortran PS.4.0 gak bisa, malah yang muncul ” The wIN 16 sUBSYSTEM WAS UNABLE to enter Protected Mode, DOSX.EXE must be in your AUTOEXEC.NT and peresent in your PATH ”
    mohon bantuannya
    trimss

  16. belajar_komputer

    Masalah BSOD saya bahas lebih lengkap pada ebook “Panduan Teknisi Komputer” disini http://www.dpcworld.com/

  17. mantep

    mantap sekali mas info nya…
    saya juga punya masalah BSOD terus menerus mudah2an salah satu metode diatas adalah solusinya… :D

  18. belajar_komputer

    Masalah itu ada karena proses copy file instalasi kedalam hard disk tidak dapat dilanjutan. Ada ua penyebab yang paling sering terjadi;
    1. CD Installer ada goresan atau sangat kotor atau sudah uzur sehingga file-file instalasi didalamnya tidak dapat lagi dibaca dengan baik oleh optik CD ROOM.
    2. Optik CD ROOM kabur atau sudah kalah sehingga tidak bisa lagi membaca dengan sempurna file-file dari CD Installer.

    CATATAN : Pasti salah satunya yang jadi penyebab. Amati dengan baik keadaan anda sesuai 2 petunjuk diatas dan silakan ambil tindakan

  19. baskoro

    bang waktu q install windows setelah format kan copying filesetelah 92 % tidak mau copy lagi muncul f3 to quit gmn solusinya mksh sebelumnya

  20. belajar_komputer

    trims balik

  21. Terima kasih mas atas pembelajarannya,kayaknya saya perlu yang seperti ini untuk computerku yang sedang ga beres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ three = 11

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Maaf, mungkin komentar anda di sin telat kami balas, kami anjurkan sebaiknya gabung grup FB kami dibawah ini;
ebook-servis-komputer

cara servis komputer