Menu Click to open Menus
Home » Komputer » Sejarah Komputer » Sejarah Komputer, Seri 4

Sejarah Komputer, Seri 4

(722 Views) April 21, 2010 12:53 pm | Published by | 1 Comment

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

Semakin jauh kita tentang belajar komputer pada sejarah komputer. Pada artikel keempat ini kita akan melihat lanjutan perkembangan.

Tahun 1948

Norbert Wiener menerbitkan “Cybernetics,” yang berpengaruh besar terhadap penelitian kemudian hari dalam hal kecerdasan buatan. Dia menarik pada karyanya Perang Dunia II dengan eksperimen sistem anti-pesawat yang mengantisipasi perjalanan pesawat musuh dengan menginterpretasikan gambar radar. Wiener menciptakan istilah “cybernetics” dari Kata Yunani “steersman” atau jurumudi. Selain “cybernetics,” sejarawan Wiener mempunyai catatan untuk analisis tentang gelombang otak dan eksplorasi tentang kesamaan antara otak manusia dan mesin komputasi modern, memori yang mampu mengasosiasi pilihan, dan pengambilan keputusan.

Tahun 1949

Maurice Wilkes merakit EDSAC, program komputer pertama yang praktis disimpan, di Cambridge University. Ide-idenya tumbuh dari Moore School.
Untuk pemrograman EDSAC, Wilkes mendirikan sebuah perpustakaan program pendek yang disebut subrutin yang disimpan pada kertas kaset.
Teknologi: tabung hampa udara
Memori: Kata 1K, 17 bit, mercury delay line
Kecepatan: 714 operasi per detik

Tahun 1950

Teknik Penelitian Minneapolis membangun Associates ERA 1101, komputer pertama yang diproduksi secara komersial; pelanggan pertama adalah Angkatan Laut AS. Komputer ini menggunakan 1 juta bit pada drum magnet nya, perangkat penyimpanan magnetik awal. Drums terdaftar sebagai pulsa magnetik informasi pada trek sekitar silinder logam. Drums akhirnya menyimpan sebanyak 4.000 kata dan mengambil salah satu dari mereka waktunya hanya lima perseribu detik.

Tahun 1951

Komputer komersial pertama Inggris, Lyons Electronic Office, memecahkan masalah administrasi. Presiden Lyons Tea Co memiliki komputer, model setelah EDSAC, dibangun untuk memecahkan masalah penjadwalan produksi harian dan pengiriman kue ke toko teh Lyons. Setelah keberhasilan LEO pertama, Lyons masuk ke komputer perusahaan manufaktur untuk memenuhi kebutuhan yang terus meningkat untuk pengolahan data sistem.
Tahun 1952
John von Neumann pemilik komputer IAS menjadi operasional di Institute for Advanced Studi di Princeton, NJ. Kontrak mewajibkan pembangun untuk berbagi desain mereka dengan lembaga penelitian lainnya. Hal ini mengakibatkan beberapa klon yaitu MANIAC di Los Alamos Scientific Laboratory, ILLIAC di University of Illinois, Johnniac di Rand Corp, SILLIAC di Australia, dan lain-lain. Sejarah komputer ini akan berlanjut lagi pada periode berikutnya.

sejarah komputer_1951komputer_maniac

Incoming search terms:

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer
Tags:
Categorised in:

1 Comment for Sejarah Komputer, Seri 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cara servis komputer