Menu Click to open Menus
Home » Komputer » Tahukah Anda » Tahukah Anda Apa Bedanya DPI dengan PPI

Tahukah Anda Apa Bedanya DPI dengan PPI

(9863 Views) August 13, 2010 1:23 am | Published by | 2 Comments

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

apa itu PPIDPI (dots per inch) adalah ukuran resolusi printer, meskipun umumnya diterapkan pada monitor, scanner dan bahkan kamera digital tetapi agak tidak tepat. Untuk printer, spesifikasi dpi menunjukkan kerapatan jumlah titik per inci yang dapat dicapai printer dalam bentuk teks atau grafis pada halaman yang dicetak. Semakin tinggi dpi, semakin halus teks atau gambar akan muncul. Untuk menghemat tinta, DPI rendah sering digunakan untuk salinan wesel atau dokumen rutin. Pengaturan DPI biasanya 300 sampai 150 DPI.

Dalam kasus monitor, dpi mengacu pada PPI atau jumlah pixel per inci yang tampil pada layar. Istilah teknis yang benar untuk monitor adalah “PPI” atau pixel per inci, tapi DPI sering digunakan sebagai gantinya. Sebuah tampilan pengaturan dari 1280 x 1024 artinya monitor menampilkan 1.300.000 piksel pada layar, sementara setting 800 x 600 menampilkan 480.000, atau kurang dari setengah resolusi pengaturan yang lebih tinggi.

Dengan piksel yang lebih sedikit, foto tidak akan memiliki kejelasan yang dapat dicapai dengan kejenuhan yang lebih tinggi. Setiap titik atau pixel mencerminkan warna tertentu dan kecerahan. Semakin besar jumlah piksel gambar, akan lebih rinci gambar tersebut atau lebih halus. Namun piksel lebih tinggi memerlukan lebih banyak memori, dan dapat memakan waktu lebih lama untuk menampilkan foto, tergantung pada kartu video sistem, prosesor dan komponen lainnya.

Scanner juga beroperasi pada resolusi yang berbeda. Proses scan akan meningkat jika pengaturan DPI tinggi, seperti scan harus mengumpulkan dan menyimpan lebih banyak data. Namun, semakin besar DPI atau resolusi, semakin bagus gambar yang dihasilkan. Jika gambar ingin diperbesar, pengaturan DPI tinggi diperlukan. Jika gambar diperbesar akan tampak bergumpal atau kabur karena perangkat lunak tidak memiliki informasi untuk mengisi ruang ekstra ketika gambar diperbesar. Sebaliknya jika diperkecil akan lebih luas. Secara teknis lagi, istilah yang lebih tepat dalam aplikasi ini adalah PPI, tapi DPI juga sering digunakan.

Jadi kesimpulannya, DPI digunakan untuk ukuran kehalusan hasil cetak sedangkan PPI digunakan untuk kehalusan gambar pada monitor komputer maupun pada kamera digital.

Incoming search terms:

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

2 Comments for Tahukah Anda Apa Bedanya DPI dengan PPI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cara servis komputer