Menu Click to open Menus
Home » Komputer » Tahukah Anda » Tahukah Anda Tipe Software Yang Anda Gunakan?

Tahukah Anda Tipe Software Yang Anda Gunakan?

(2259 Views) September 1, 2010 8:46 am | Published by | 13 Comments

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

tipe softwareTahukah Anda tipe software yang Anda gunakan? Jika saat ini dalam komputer Anda terinstall Windows XP, tetapi tipe yang mana? Ada berbagai jenis perangkat lunak, yang dapat sedikit membingungkan bagi yang belum tahu. Tentu Anda pernah dengar tentang freeware, shareware, trial dll. What are the Different Types of Software? Berikut adalah definisi singkat dari setiap jenis, dan perbedaan antara tipe software.

Software Retail: Jenis perangkat lunak dijual secara besar-besaran toko dalam ritel. Tipe ini termasuk mahal karena kemasan yang dirancang untuk menarik perhatian pembeli dan dengan demikian, umumnya lebih mahal. Sebuah keuntungan dari perangkat lunak ritel adalah bahwa ia dibundel dengan petunjuk manual dan instruksi instalasi yang tercetak, tergabung dalam bentuk hard-copy dari hampir setiap kategori perangkat lunak lainnya. Namun, jika hard-copy manual dan instruksi tidak diperlukan, versi download dari internet akan lebih murah, jika tersedia.

Perangkat lunak OEM: OEM adalah singkatan dari “Original Equipment Manufacturer” dan mengacu pada perangkat lunak yang dijual dalam jumlah besar untuk reseller, dirancang untuk digabungkan dengan hardware. Sebagai contoh, Microsoft telah melakukan kontrak dengan beberapa perusahaan, termasuk Dell Komputer, Toshiba, Gateway dan lain-lain. Microsoft menjual sistem operasi sebagai perangkat lunak OEM dengan harga yang dikurangi, tidak dalam kemasan ritel, manual dan petunjuk instalasi. Reseller menginstal sistem operasi sebelum perangkat dijual dan CD OEM diberikan kepada pembeli. Fitur manual terdiri dari menu Help yang dibangun dalam perangkat lunak itu sendiri. perangkat lunak OEM tidak sah untuk dibeli selain yang dibundel dengan sistem perangkat keras aslinya.

Shareware: Software ini dapat didownload dari Internet. Lisensi berbeda, namun pada umumnya pengguna diijinkan untuk mencoba program ini secara gratis, untuk jangka waktu yang ditetapkan dalam izin tersebut, biasanya tiga puluh hari. Pada akhir masa percobaan, perangkat lunak harus dibeli atau dihapus. Beberapa Shareware menggabungkan jam internal yang menonaktifkan program ini setelah masa percobaan kecuali sebuah nomor seri disediakan. Shareware diakhir “hidupnya” akan mendorong penggunanya untuk membeli program secara full version.

Crippleware: Software ini mirip dengan shareware kecuali bahwa fitur utama akan berhenti bekerja setelah masa percobaan telah berakhir. Misalnya, fungsi save, fungsi print, atau beberapa fitur penting lainnya yang diperlukan untuk menggunakan program ini secara efektif dapat menjadi tidak berfungsi jika waktunya sudah lewat. Jenis lain dari crippleware menggabungkan fungsi cripple sepanjang masa percobaan. Pembelian diperlukan untuk membuka fitur cripple.

Demo software: Perangkat lunak Demo tidak dimaksudkan untuk menjadi program berfungsi penuh, meskipun mungkin mengizinkan berfungsi parsial. Hal ini terutama dirancang untuk menunjukkan apa yang mampu melakukan, dan sering bekerja lebih mirip tutorial otomatis. Jika seseorang ingin menggunakan program ini, mereka harus membeli versi yang sepenuhnya berfungsi.

Adware: Ini adalah perangkat lunak bebas yang didukung oleh iklan yang dibangun dalam program itu sendiri. Beberapa adware membutuhkan layanan internet menggunakan bandwidth live dan terus-menerus untuk meng-upload iklan baru. Pengguna harus melihat iklan tersebut pada interface program. Menonaktifkan iklan adalah bertentangan dengan perjanjian lisensi. Adware ini tidak terlalu populer dan cenderung dihindari karena sangat mengganggu.

Spyware: Spyware adalah perangkat lunak yang biasanya gratis, tapi dapat juga berupa shareware. Ini berjalan secara sembunyi-sembunyi “mengunjungi Anda” dan mengirimkan data kembali ke pencipta spyware, artinya paling sering tanpa sepengetahuan pengguna. Sebagai contoh, pengguna multimedia player menjalankan musik dan file video dan perangkat lunak yang memainkan. Informasi ini dapat disimpan dengan tag identifikasi unik yang diasosiasikan dengan program khusus di komputer pengguna dalam pemetaan hubungan satu-ke-satu. Konsep spyware sangat tidak populer, dan banyak program yang menggunakan protokol spyware membocorkan protokol lisensi, dan membuat penerimaan fitur spyware sebagai kondisi perjanjian untuk menggunakan perangkat lunak.

Freeware: Freeware juga download dari internet dan gratis. Seringkali freeware hanya gratis untuk penggunaan pribadi, sedangkan penggunaan komersial memerlukan lisensi berbayar. Freeware tidak mengandung spyware atau adware. Jika ditemukan mengandung salah satu dari ini, maka dicurigai sebagai virus.

Public domain software: perangkat lunak bebas ini tidak seperti freeware, perangkat lunak domain publik tidak memiliki pemilik hak cipta atau batasan lisensi tertentu. Ini adalah perangkat lunak yang hanya dapat secara legal diubah oleh user untuk keperluan sendiri.

Nah jelas  sekarang bukan?

Incoming search terms:

>>> DOWNLOAD GRATIS EBOOK karya Agus Sale, S.Pd<<< KLIK DISINI


>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer


13 Comments for Tahukah Anda Tipe Software Yang Anda Gunakan?

  • cicilya says:

    kA’saYa mw nanYa nc…pa Bz penGguna iNterNet Lain meNgambiL data2 daLam koMputer kTa???, kaLwnYa bz…gMana Ya ka’ sUpaya menGhidarinYa…toLong Ya ka’ iNfonYa…saLam.

  • belajar_komputer says:

    Sangat bisa;
    1. Jika ada file dalam komputer anda yg mempunyai status “share”
    2. Jika network conectian anda mengizinkan koneksi dari komputer lain

    Secara default (ketika baru beli)setiap laptop/komputer sudah melindungi kedua hal diatas kecuali ada yg mengubahnya

  • cicilya says:

    oOoOo…maKasiH Ya kA’…jd taU sKaranG…saLam

  • afrid says:

    udah tau kok pak,
    dapat pelajaranny dari kampus. he he…,

    tapi pny bapak enak bacany, singkat, jelas dan padat. ga kayak di buku, tebal bangeeeeet. he he…,

  • ezraaao says:

    om mau nanya nih pertanyaan yg paling mendasar ..
    dalam keadaan nyala, kok waktu laptop ditutup malah mati yaa ?
    bukan nya dia masih nyala gitu ?
    mksih 🙂

  • belajar_komputer says:

    Kalo laptop nyala dan layarnya ditutup, maka biasanya dia akan menuju keposisi stand by atau sleep.

    Tetapi kalo layar ditutup dan langsung menuju shutdown, jangan takut mungkin itu adalah fasilitas dari pabriknya. Tetapi umumnya laptop nyala kalo ditutup akan stand by.
    Ini akan berkaitan dengan pabrik laptop, jadi ada baiknya anda tanyakan langsung pada dealernya.
    Trims.

  • Yosep sapto says:

    Pak Agus Sale, Artikel2 anda sungguh sangat membantu saya dalam belajar komputer. Namun sayangnya saya tidak selalu dapat terkoneksi dengan internet. Saya punya usul, bgmn kalo artikel anda juga tertulis dalam file pdf yang bisa didownload, jadi bisa disimpan dikomputer dan kapan saja bisa dibaca. Thanks

  • belajar_komputer says:

    Terima kasih jika itu berguna bagi bapak, apa yang saya sajikan disini masih sangat terbatas. Jika bapak berkenan memiliki ebook mengenai itu, penjelasan paling lengkap saya bahas dalam PANDUAN MENJADI TEKNISI KOMPUTER, silakan kunjungi di alamat ini http://www.dpcworld.com

  • badai mahendra says:

    hallo mas, makasih sudah mengirimkan email berlangganan pada saya. sangat membantu buat saya, maklum saya baru kenal komputer.
    mas, saya mau nanya masalah komputer saya.
    begini mas, pas pertama dihidupkan, tidak ada tampilan di monitor, namun sudah ada bunyi beep satu kali, semua kabel udah dicek.
    ditunggu beberapa lama juga tidak ada tampilan. karenanya saya tekan dan tahan power, tapi juga tidak respon, monitor tetap mati dan komputer tetap nyala. tekan power di keyboard juga tidak respon.
    setelah kabel power dicabut kemudian dihidupkan lagi , komputer baru nyala normal dengan munculnya tampilan dimonitor.
    saya sudah mengubah poweroffactive sesuai dengan tulisan mas yang dulu tapi tetap saja komputer sekali kali bermasalah.
    monta penjelasannya mas.
    ntar kalo sering dicabut kabel power takut rusak komputer saya.
    kalau bisa balasannya dikirim ke emailsaya saja,soalnya saya jarang online.
    terimakasih banyak dan sukses selalu.

  • belajar_komputer says:

    Masalah itu paling sering terjadi ketika kaki memory kotor, atau memori terpasang tidak tepat pada tempatnya. Ini juga bisa karena memori sudah setengah rusak. Siapkan memory cadangan

  • saykoni says:

    terimakasih atas ilmunya yang telah di bagi2kan semoga bermanfaat bagi kita semua terutama aku makasih banget atas pengetahuannya….
    semangat terus dan terus aku selalu menunggu hal yang terbaru tentang ilmu komputer….

cara servis komputer