Menu Click to open Menus
Home » Belajar Blog » Tes Kerusakan Power Supply Unit

Tes Kerusakan Power Supply Unit

(2763 Views) July 11, 2010 8:13 am | Published by | 29 Comments

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

tes kabel psuArtikel ini adalah lanjutan dari Prosedur Perbaikan Komputer Yang Mati Total dimana salah satu bagian yang bertanggung jawab terhadap supply daya adalah unit ini. Pengujian atau tes kerusakan power supply merupakan langkah penting karena sering terjadi bahwa power supply dianggap rusak tanpa melakukan tes sebelumnya. Jika dintinjau dari segi fisik, bagian yang paling sering rusak pada unit ini adalah resistor, transistor daya dan elco. Power supply dikenal juga sebagai Catu Daya dan PSU.
Kesulitan utama dalam memahami bahwa power supply rusak adalah tidak ada pesan apa-apa pada monitor mengenai kerusakannya. Restart ulang komputer tidak akan pernah menyelesaikan masalah jika unit ini rusak. Hanya satu tandanya yaitu komputer mati total. Tetapi ingat bahwa komputer mati total penyebabnya bukan satu-satunya pada power supply, masih banyak penyebab lain.

PSU

Dalam pengalaman saya, penyebab pertama kerusakan catu daya ini karena usia komputer yang sudah tua. Untuk menguji kerusakan power supply Anda dapat melakukannya sendiri. Ada 3 cara tes PSU yang biasa saya gunakan;

  1. secara manual menggunakan multimeter
  2. menggunakan power supply tester untuk melakukan tes PSU otomatis.
  3. Tes manual dengan menghubungkan ujung kabel output tertentu.

Ketiga metode ini sama-sama efektif untuk pengujian power supply sehingga yang mana yang Anda pilih benar-benar terserah pada Anda. Namun ada pengecualian bahwa nomor 1 dan 2 menggunakan alat bantu yang harus dibeli sedangkan nomor 3 alat bantunya tidak dibeli, cukup kabel kecil sepanjang 10-15 cm. Cara nomor 3 inilah yang akan kita bahas kali ini.
Langkah-langkahnya;

  1. Lepaskan kabel listrik PSU dari stop kontak.
  2. Lepaskan kabel output PSU dari Mainboard.
  3. Pasang kembali kabel listik (AC) PSU sehingga dalam PSU terdapat aliran listrik.
  4. Siapkan kabel penghubung sepanjang 10-15 centimeter yang kedua ujungnya dikupas.
  5. Pegang kabel out utama dari PSU, lalu hubungkan ujung kabel WARNA HIJAU dengan HITAM (yang penting hitam) dari salah satu kabel itu. Ingat! Yang jadi titik tolak logika adalah menghubungkan ujung kabel HIJAU dengan kabel lain. Sebenarnya boleh juga antara hijau dan merah, hijau dan kuning, yang penting salah satunya adalah HIJAU. Lihat caranya pada gambar dibawah ini. tes-kabel psu
  6. Jika pada langkah 5 diatas kipas PSU bergerak/jalan maka PSU masih baik. Jika tidak jalan maka PSU rusak. Itu saja, sangat simpel caranya.

SANGAT PENTING ! : Hati-hati ketika menguji power supply, karena disini Anda menguji secara manual. Metode di atas melibatkan pasokan listrik tegangan tinggi, jika Anda tidak sangat berhati-hati Anda bisa menyetrum diri sendiri dan / atau merusak PSU Anda. Saya tidak mengatakan ini untuk menakut-nakuti Anda, tetapi prinsip ketelitian dan kehati-hatian sangat penting dalam bekerja.

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

29 Comments for Tes Kerusakan Power Supply Unit

  • Aris says:

    Klo punya saya yg rusak pd kondensatornya(uk. 22 pf 1kv & 10nf 1kv). Saya ingin tanya:t
    1 k-2 komponen itu dipasang pd C6 dan C7. Tapi saya lupa letak masing2 kpasitor tsb, mas tau rangkaiannya?
    2. Klo komponen beda bentuk, (asal wrna biru, yg baru warna ijo) bisa normal gak hasilnya?
    Terimakasih atas perhatiannya

  • safira says:

    Gan, numpang nanya, saya awam soal komputer, kalo mau ganti Power Supply, apa yang harus diperhatikan? saya liat harga di internet, ada yang watt nya 200, sampai 700 watt. Apa kita harus beli power supply seperti yang lama? PC saya sering restart sendiri, kalo lagi internet nya lemot. Berarti power supplynya udah error ya? Makasih ya infonya.

    • qbonk says:

      @safira, Yang pertama jgn beli kelas paling murah….yg lain adalah paling tidak belilah yang watt-nya lebih tinggi sedikit daripada yg sekarang

  • erwin says:

    numpang copaz buat adx2 dikampus ya mas… thanks :-()

  • Rudy says:

    Bagaimana untuk mengetes dan memperbaiki PS yang masih nyala tetapi arus yang masuk ke masing2 divice terutama ke hard disk sudah tidak stabil, sehingga sering merusak harddisk, atau sering hang, menyebabkan harddisk bad sector

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cara servis komputer