Menu Click to open Menus
Home » Belajar Blog » SEO » Tips Menetapkan Jumlah Kata Kunci Pada Setiap Artikel

Tips Menetapkan Jumlah Kata Kunci Pada Setiap Artikel

(1386 Views) June 17, 2010 6:52 am | Published by | 16 Comments

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

tips seoMenetapkan Jumlah Kata Kunci dalam artikel ini adalah lanjutan dari Tips Belajar SEO, 7 Dasar Search Engine Optimization yang saya terbitkan pada artikel sebelumnya. Pada artikel tersebut dikatakan bahwa dalam sebuah artikel jangan memaksakan kata kunci berlebihan karena kita bisa dinilai negatif oleh search engine.  Maka salah satu pertanyaan penting yang muncul adalah berapa banyak sebenarnya kata kunci yang ideal pada sebuah artikel? Dan itulah yang akan kita bahas sekarang. Sebagai catatan saya; artikel ini lebih cocok kepada blogger yang baru belajar SEO.

Sering kali  blogger memasukkan sejumlah kata kunci atau menyembunyikan kata kunci pada halaman Web untuk meningkatkan peringkat halaman web pada mesin pencari. Namun Search engine seperti Google tidak mengakui upaya tersebut dan dengan cepat dianggap mengelabui mesin pencari agar memberikan peringkat halaman yang lebih tinggi. Jadi apa yang seorang webmaster harus lakukan? Berapa banyak kata kunci yang ideal pada sebuah halaman web? Masalahnya adalah jika terlalu banyak akan  dianggap curang tetapi jika terlalu sedikit maka artikel tersebut akan susah muncul pada halaman pertama mesin pencari, sementara pencari informasi biasanya terfokus pada pencarian halaman pertama.

Sebuah artikel akan mendapatkan keuntungan jika kepadatan kata kunci dari halaman berkisar antara 2% – 3% dari total jumlah kata dalam artikel tersebut. Lalu berapa banyak jumlah kata yang ideal dalam sebuah artikel? Untuk ukuran Indonesia berkisar antara 500 – 1000 kata saja, tetapi untuk bahasa Inggris bisa sampai 1200 kata. Beberapa pendekar SEO dari luar mengatakan rata-rata paling ideal adalah 700 kata pada setiap artikel. Mari kita perhatikan perbandingan jumlah total kata dengan jumlah kata kunci dalam artikel seperti berikut;

  1. 500 total kata : 10-20 kata kunci
  2. 700 total kata : 14-21 kata kunci
  3. 1000 total kata : 20-30 kata kunci

Mengapa saya membatasi pada total 1000 kata? Sebenarnya, pengunjung web di Indonesia umumnya pembaca cepat, mereka akan jenuh ketika membaca lebih dari 1000 kata. Dari sisi lain membatasi total 1000 kata akan berpengaruh pada kecepatan loading halaman, artinya halaman dengan total kata 700 akan lebih cepat loadingnya dari pada 1000 kata asalkan ini pada blog yang sama. Jadi jika kisarannya 1200 kata, disarankan untuk dibagi menjadi 2 halaman.

Penyisipan Kata Kunci Yang Aman

Apa yang sangat jelas disini adalah bahwa semakin banyak kata dalam sebuah konten artikel akan semakin banyak kata kunci yang bisa disisipkan secara lebih aman. Namun, lebih banyak kata dalam konten tidak selalu merupakan cara mendapatkan peringkat pertama mesin pencari. Kualitas, jumlah dan lokasi penyisipan kata kunci adalah penentunya.

Jika misalnya, seorang webmaster menulis sebuah artikel yang mencakup isi 1.000 kata, dan memasukkan 20 kata kunci, jika semua kata kunci berbeda dan hanya digunakan satu kali, tindakan memasukkan kata kunci ini akan sangat membantu untuk meningkatkan peringkat halaman web pada mesin pencari. Di sisi lain, jika webmaster menulis konten yang memiliki 1000 kata dan ia berencana memasukkan kata kunci yang terkait dengan tema keseluruhan situs dan isinya, maka webmaster tersebut hanya boleh mengulangi tiga kali kata kunci yang sama dan lewat itu dianggap mengelabui mesin pencari.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah bahwa kita menulis artikel untuk dua konsumen yaitu mesin pencari dan visitor. Jangan sampai kita terlalu sibuk dengan kata kunci untuk membujuk mesin pencari tetapi justru artikel tersebut menjadi tidak bermakna bagi visitor. Anda sebenarnya menulis artikel untuk siapa? Untuk visitor atau mesin pencari?. Kepentingan kedua konsumen ini harus diseimbangkan.

Kualitas Penggunaan Kata Kunci

Jika anda berencana untuk menggunakan frase kata kunci untuk menarik perhatian mesin pencari, Anda harus memastikan bahwa kata-kata tersebut telah dieja dengan benar. Kata-kata yang salah eja mempengaruhi kualitas keseluruhan dari web Anda, akan lebih baik jika mengandalkan pada beberapa frase kunci demi menghindari kata-kata salah eja. Walaupun memiliki kata kunci yang benar-benar bagus dan membawa pengunjung ke situs Anda, apakah isi artikel tersebut dapat diterima dengan baik oleh visitor dan ini juga sangat penting.

Sebagai kesimpulan, ketika tiba saatnya bagi Anda untuk menetapkan kata kunci dalam konten, Anda perlu mengingat hal-hal berikut:

  1. Pilih kata kunci yang terkait dengan tema artikel
  2. Kepadatan kata kunci tidak boleh lebih dari 2 – 3 persen dari seluruh artikel.
  3. Keterbacaan kata kunci oleh mesin pencari adalah sama pentingnya dengan mutu artikel tersebut dimata pengunjung web. Sekali lagi, Anda tidak hanya menulis untuk mesin pencari tetapi juga untuk visitor web.
  4. Buatlah artike sesuai denga apa yang ada dalam pikiran pengunjung, bukan hanya sesuai dengan pikiran mesin pencari.
  5. Pertimbangkan meminimalkan panjang halaman yaitu maksimal 1000 kata saja. Artikel menawarkan materi lebih membuat halaman kedua dan link ke yang pertama. halaman yang lebih pendek lebih mudah untuk dibaca sehingga tidak akan ada kejenuhan pengunjung web. Sebagai perbandingan, artikel ini hanya terdiri dari 780 kata plus judulnya dan itupun mungkin sudah lumayan panjang bagi Anda.

Incoming search terms:

>>> DOWNLOAD GRATIS EBOOK karya Agus Sale, S.Pd<<< KLIK DISINI


>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer


16 Comments for Tips Menetapkan Jumlah Kata Kunci Pada Setiap Artikel

cara servis komputer