Tujuh Langkah Keamanan Komputer Pada Sistem Operasi Windows 7

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook_repair_laptop

Belajar komputer pada perawatan komputer. Dalam sistem operasi Windows ada dua hal sangat penting yang tidak bisa dipilih kedua-duanya secara maksimal. Keamanan komputer versus Kenyamanan Komputer. Dua sisi ini sayangnya berbanding terbalik artinya jika kita memaksimalkan yang satu maka akan ada resiko kecil bagi yang lain. Artinya jika keamanan komputer sangat maksimal maka dijamin kenyaman berkomputer berkurang. Namun keduanya ada pilihan pada titik tengah. Pembuat perangkat lunak sebetulnya kadang mengorbankan keamanan demi kegunaan, demikian juga sebaliknya dan Microsoft tidak terkecuali. Ada banyak user komputer yang mengorbankan keamanan komputer demi kenyamanan berkomputer terutama saat surfing internet. Dimulai dengan pengguna yang tertipu untuk menjalankan trojan horse, menurunkan default security, seperti dengan menonaktifkan UAC (User Account Control), mematikan patch otomatis, atau menonaktifkan built-in Windows Firewall. Itu bukan berarti tidak ada hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan keamanan Windows 7 diluar itu. Artikel ini mencakup rekomendasi untuk setiap administrator rumah atau pengguna yang ingin komputernya lebih aman, sementara disisi lain Anda masih bisa mengoperasikan komputer dan menjalankan aplikasi tertentu tanpa menyebabkan terlalu banyak masalah. Tips ini tidak akan mematikan kenyamanan berkomputer Anda namun komputer tetap aman.

Langkah 1: Aktifkan BitLocker

BitLocker Drive Encryption dapat digunakan untuk mengenkripsi setiap volume pada hard drive, termasuk boot sistem, dan bahkan removable media, seperti USB. Anda sekarang dapat klik kanan pada sebuah drive dan mengenkripsi setiap volume dari dalam Windows Explorer. Ada beberapa metode perlindungan, termasuk kombinasi dari Trusted Platform Module (TPM) chip, PIN, password, dan smart card. Anda dapat mengenkripsi removable drive satu per satu atau mengharuskan bahwa semua removable media akan dienkripsi secara default. Enkripsi media FAT, ExFAT, dan FAT32 juga dapat dilakukan dengan Windows XP dan Windows Vista klien, namun data dienkripsi read-only dan tidak dapat kembali dienkripsi.

Langkah 2: Menaikkan UAC slider bar

User Account Control telah ditingkatkan secara signifikan untuk menjadi kurang intrusif dan lebih cerdas dalam membedakan antara yang legal dan yang berpotensi bahaya di Windows 7. Namun, tergantung pada apakah Anda logon sebagai administrator atau pengguna standar, beberapa orang menginstall Windows 7 mungkin memiliki standar pengaturan keamanan UAC satu tingkat lebih rendah daripada beberapa yang rekomendasikan ataupun sebaliknya. Standar pengguna mengatur keamanan UAC default ke pengaturan yang paling aman, sementara Administrator yang berada setingkat di bawah pengaturan tertinggi, berpotensi lebih berisiko.

Microsoft menciptakan akses ke UAC jadi lebih mudah untuk memungkinkan administrator dan pengguna untuk menyesuaikan tingkat keamanan UAC. Setelah menginstal semua perangkat lunak dan konfigurasi awal Windows 7 seperti yang Anda inginkan, saya sarankan meningkatkan slider bar UAC ke pengaturan yang paling aman. Tak perlu takut peringatan-peringatan yang menjengkelkan karena dalam UAC mode maksimal, Anda akan menemukan prompt UAC lebih sedikit daripada yang Anda lakukan di Windows Vista.

Catatan: Meskipun UAC menyediakan mekanisme yang sangat diperlukan untuk mencegah penyalahgunaan hak administrator, namun itu dapat di-bypass. Jika anda memerlukan keamanan tinggi, jangan log on dengan account pengguna yang tingkat tinggi sampai Anda membutuhkannya. Artinya jika tidak sangat dibutuhkan lebih baik log on pada level user tingkat bawah.

Langkah 3: Patch Setiap Waktu

Pada pengaturan default Windows 7, layanan Windows Update dikonfigurasi untuk mendownload dan menginstal file update sistem operasi dan aplikasi Microsoft pada waktu yang tepat. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa perangkat lunak Microsoft yang paling banyak ditambal di dunia perangkat lunak. Microsoft memungkinkan menginstal perangkat lunak dan memungkinkan proses untuk memastikan bahwa semua program dapat “ditambal” terutama browser plug-in. Hacker jahat dengan cepat pindah ke tempat yang sering ditambal tadi dan mengeksploitasi diam-diam pengguna akhir. Aktifkan selalu update automatic.

Langkah 4: Instal software anti-spam dan anti-malware

Ancaman terbesar bagi sistem klien adalah Trojan horse, Outlook patch palsu, scanner anti virus palsu, codec palsu. Bahayanya adalah mereka tidak langsung menyerang Anda tetapi mereka akan menggiring terlebih dahulu dengan bahasa yang menipu lalu mengeksekusi ketika Anda mengklik persetujuan yang diminta. Bahkan teknisi keamanan yang paling berpengetahuanpun bisa tertipu. Dibutuhkan kejelian Anda untuk dapat membedakan antara rayuan dan yang sebenarnya. Anda harus menginstal dan menggunakan software anti-spam dan anti-malware yang up-to-date.

Langkah 5: Aktifkan SmartScreen Filter di Internet Explorer 8

Ketika anda pertama kali memulai IE8, Anda akan ditanya apakah Anda ingin mengaktifkan SmartScreen Filter, yang memeriksa database lokal atau situs Microsoft untuk melihat apakah situs Web yang Anda jelajahi sebelumnya adalah aman atau ada potensi bahaya. SmartScreen juga memeriksa banyak ha-hal berbahaya seperti cross-site scripting. Hasil SmartScreen hanya terlihat jika sebelumnya telah diaktifkan. Mungkin ada pengguna yang ingin menonaktifkan pengaturan ini, sementara sebagian besar pengguna harus memastikan itu diaktifkan. Jika Anda telah menjalankan IE8, cek dengan memilih SmartScreen Filter dari menu Safety.

Langkah 6: Monitoring Komputer Anda

Seiring waktu, kebanyakan sistem mengakumulasi lebih banyak dan lebih banyak lagi program dan malah seringkali program yang tidak perlu juga dimasukkan yang akhirnya menuntut sumber daya memori. Tanpa pembersihan aktif dari sistem anda, komputer menjadi lebih lambat, lebih rentan terhadap crash, dan penuh dengan serangan tambahan untuk hal-hal buruk untuk mengeksploitasi.
Perangkat lunak untuk melawan itu semua adalah perangkat lunak yang berjalan dan dapat menghapus apa yang tidak diperlukan. Anda dapat memeriksa sistem anda secara manual atau menggunakan utilitas seperti Microsoft’s Autoruns yang sudah pernah saya bahas. Autoruns akan membuat daftar setiap program dan pelayanan berjalan pada sistem Anda dan memungkinkan Anda untuk menonaktifkan yang tidak diperlukan. Saran saya adalah pelajari dengan baik menonaktifkan apapun yang tidak anda kenali, sehingga Anda tidak menyebabkan masalah operasional, setelah Anda sudah lupa apa yang Anda dinonaktifkan.

Langkah 7: Back up data

Kita semua telah menggunakan komputer untuk waktu yang lama, dan kita tahu bahwa hal yang paling buruk bisa terjadi kapan saja. Idealnya adalah jika memiliki komputer multiyear garansi, tetapi untuk meminimalkan kerusakan ketika crash komputer Anda, pastikan untuk membuat cadangan data pengganti. Windows 7 termasuk program yang dapat diandalkan untuk mengkonfigurasi di Control Panel> System and Security> Backup and Restore. Atau hanya pencarian kata kunci “backup” di Help and Support untuk mempelajari segala sesuatu yang perlu Anda ketahui tentang Windows backup.
Artikel ini mencakup item yang harus dilakukan untuk membuat Windows 7 sebagai sistem yang lebih aman. Jika sekali waktu Anda tertipu untuk menjalankan Trojan horse executable, Anda akan memiliki risiko yang signifikan lebih kecil daripada rata-rata pengguna. Tidak sampai mematikan Windows 7(UAC, Internet Explorer Protected Mode, Windows Firewall, dan sebagainya).


Untuk pembahasan lebih lengkap mengenai artikel di atas, silahkan KLIK DISINI
>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer


Tags: , , , , , , , , ,

2 Responses to Tujuh Langkah Keamanan Komputer Pada Sistem Operasi Windows 7

  1. cacad

    memek, kontol

  2. Pingback: 7 langkah keamanan windows 7 « roma297

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 6 = twelve

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Maaf, mungkin komentar anda di sin telat kami balas, kami anjurkan sebaiknya gabung grup FB kami dibawah ini;
ebook-servis-komputer

cara servis komputer