Menu Click to open Menus
Home » Komputer » Virus » Virus Komputer (seri-11)

Virus Komputer (seri-11)

(904 Views) July 10, 2009 10:58 am | Published by | Comments Off on Virus Komputer (seri-11)

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

Mendeteksi Keberadaan Virus Komputer.

Belajar komputer, belajar internet, belajar blog. Ketika kita ada firasat bahwa komputer sudah terinfeksi virus, maka hal penting berikutnya adalah kita harus mampu membedakan manakah file virus dan mana yang bukan. Untuk hal ini diperlukan pengetahuan lebih dalam tentang virus dan kita harus cukup mengenal dengan baik file-file sistem operasi windows. Jika salah maka justru file sistem yang akan dianggap sebagai virus.
Apa saja yang harus diamati tentang sebuah file yang dicurigai?. Secara garis besar ada tiga hal yang bisa memberi tanda-tanda yang bisa diamati dalam rangka membedakan virus dan bukan virus, yaitu ukuran besarnya file, ikon dan ekstensi atau tulisan dibelakang nama file. Sebagai contoh bahwa tidak folder yang memakai ekstensi dibelakang nama foldernya. Nah jika ternyata ada maka folder tersebut adalah virus. Untuk administrator pemula biasanya masih bingung mengenai ini.
Berikut ini akan saya berikan beberapa beberapa petunjuk untuk menentukan file virus dan bukan virus;

  1. Jika menemukan file word yang ekstensinya bukan .doc tetapi .exe, maka file tersebut adalah virus.
  2. Jika menemukan file ikon gambar bmp, jpg, jpeg, pic, GI yang ekstensinya adalah .exe, maka itu adalah virus.
  3. Jika menemukan file ikon apa saja dan ekstension apa saja misalnya A.txt, B.exe, C.dll namun dalam jumlah yang cukup banyak dan ukuran file sama maka itu adalah virus.
  4. Jika menemukan file dengan ekstension ganda misalnya; “pekerjaanku.doc.exe”, “dataku.pic.exe”, “fileku.txt.com” dan semua file yang ekstensinya ganda maka itu pasti virus.
  5. Jika bermunculan folder baru yang asing dan tidak ada sebelumnya dan tidak pernah anda buat folder tersebut maka itu adalah virus.
  6. Jika ada folder yang gambar ikon-nya kasar, atau warnanya sangat mencolok dibanding dengan folder bawaan windows maka folder kasar tersebut adalah virus.
  7. Folder tidak pernah mempunyai ekstensi dibelakang namanya, jadi jika ada folder yang mempunyai ekstensi dibelakang namanya misalnya, folder “gambar.scr” maka itu pasti virus.
  8. Jika dalam folder terdapat sebuah folder lagi yang namanya sama persis dengan folder induk dan tidak pernah anda buat maka itu adalah virus.
  9. Buat view folder dengan Widows explore view Detail dan perhatikan kolom Type, jika ada folder yang type-nya Aplication maka jangan ragu lagi, itu pasti virus.
  10. Jika dilihat dengan menggunakan Windows explore maka semua folderkolom [Size] harus kosong( nol) jika ada yang mempunyai ukuran size maka itu pasti virus.

Untuk sementara, cukup dulu artikel berikut akan membicarakan petolongan pasca serangan virus.

Incoming search terms:

>>> DOWNLOAD GRATIS EBOOK karya Agus Sale, S.Pd<<< KLIK DISINI


>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer


Tertutup Komentar Untuk : Virus Komputer (seri-11)

Maat, artikel ini tidak menerima komentar.

cara servis komputer