Menu Click to open Menus
Home » Komputer » Virus » Virus Komputer (seri-12)

Virus Komputer (seri-12)

(1146 Views) January 18, 2017 1:08 pm | Published by | 4 Comments

Urutan Tindakan Pasca Serangan Virus.

Belajar komputer, belajar internet, belajar blog. Setalah kita memastikan bahwa virus sudah aktif dalam komputer maka inilah saat yang sangat mengerikan terutama bagi kaum awam. Yang paling ditakutkan adalah “dataku jangan sampai habis seluruhnya”. Nah untuk mengatasi kekalutan ini maka berikut adalah urutan tindakan yang yang harus anda tempuh ketika komputer terserang virus. Inilah pertimbangan dari saya;

  1. Jangan terlalu panik. Ingat…. dunia belum kiamat hanya karena komputer anda terserang virus. Duduklah tenang dan mulai ingat kembali kira-kira darimana datangnya virus ini. Ingat kembali komunikasi terakhir komputer anda dengan internet atau flashdisk yang mana. Ini adalah penting agar kejadian sama jangan terulang lagi dari sumber yang sama.
  2. Analisa gejala. Cobalah amati gejala-gejala yang muncul sehingga anda bisa mengetahui jenis virus atau paling tidak anda mengetahui nama virus atau pesan-pesan aneh yang muncul. Paling baik jika anda langsung tahu jenis virusnya agar menemukan antivirus-nya juga gampang.
  3. Analisa kemungkinan jalan keluar. Duduklah tenang dan buatlah analisa kemungkinan jalan keluar. Secara umum ada 4 jalan keluar jika komputer terserang virus yaitu; penanganan secara manual, pilihan menggunakan antivirus, pilihan scan online, dan sistem recovery/install ulang. Pilihan pertama biasanya hanya untuk administrator pengalaman. Pilihan kedua juga baik asal anda tahu virusnya dan antivirusnya tersedia. Pilihan ketiga jika ada fasilitas online dan pilihan keempat adalah pilihan paling terakhir.
  4. Batasi membuka program aplikasi. Jika sekiranya virus yang menyerang komputer anda menyerang file word maka jangan lagi anda menjalankan aplikasi office terutama word karena ini akan memperburuk suasana dan menguntungkan virus.
  5. Amati Direktory windows. Ketika virus sudah bersarang maka daerah paling sering jadi sasaran adalah C:\Windows. Ini disebabkan karena didalamnya ada regedit, group policy, dan direktory system32. Bukalah direktori windows dan system32 dan amati setiap folder/file yang ada apakah ada yang aneh. Namun untuk pengamatan ini diperlukan anda lebih familiar dengan file-file sistem windows agar bisa membedakannya dengan virus.
  6. Jangan membuka file pekerjaan. Selain tidak dianjurkan membuka program aplikasi yang diserang virus, anda juga tidak diisinkan untuk membuka file pekerjaan anda. Anda hanya boleh melihat dan mengamati file pekerjaan anda apakah masih utuh atau ada yang hilang.
  7. Biarkan semua file tetap ada. Jika anda sudah yakin bahwa sebuah file pekerjaan sudah terserang virus maka sebaiknya jangan buru-buru membuang file tersebut karena sesungguhnya pasca penyembuhan komputer file masih bisa diselamatkan kembali.
  8. Buat catataan kalau perlu. Semua kegiatan yang anda lakukan pada setiap langkah diatas ada baiknya anda catat sebagai bahan informasi yang berguna bagi para mentor jika nantinya anda menggunakan jasa orang lain dalam menangani virus. Amati ukuran file, ekstensinya, bentuk ikonnya apakah masih normal semua atau ada yang berubah. Catat jika ada yang berubah.
  9. Bertempur sampai titik darah penghabisan. Hehehe kok kayak perang ya. Jika anda merasa bahwa komputer yang terserang virus didalamnya tidak ada data penting ataupun ada tetapi sebelumnya sudah anda backup, saya anjurkan anda bertempur sampai habis demi memperoleh pengetahuan. Bagaimana caranya? Bukalah setiap file yang terserang virus dan catat semua gejala yang muncul. Apa yang mencurigakan bagi anda silahkan anda buka. Ketika anda menemukan sesuatu yang baru catat lagi dan cari informasi tambahannya diinternet mengenai hal ini. Pokoknya sebelum komputer anda mati total sistem operasinya anda harus menemukan informasi sebanyak-banyaknya mengenai virus tersebut.
  10. Pulang kampung. Kok pulang kampung? Ehh install ulang maksud saya. Jika anda sudah bertempur habis-habisan dan virusnya tidak juga kabur, maka jalan terakhir masih ada dua yaitu sistem restore dan install ulang. Biasanya jika komputer sudah sangat parah maka saya anjurkan install ulang karena dalam beberapa kasus yang saya temukan tidak semua virus bisa diselesaikan dengan sistem restore dan bahkan ada virus yang menutup jalan sistem restore.
  11. Install ulang. Jika restore point tidak dapat menyelesaikan masalah maka silahkan sekarang siapkan secangkir kopi yang akan kita minum sambil install ulang. Soalnya prosesnya bisa makan waktu sampai 2 jam.
  12. Pasca install ulang. Setelah install ulang komputer jangan langsung senang dulu masih ada tindakan lanjutan. Install anti virus dan kemudian scan terlebih dahulu drive lain misalnya drive D: tempat anda menyimpan data karena ada kemungkinan masih bibit virus yang bersarang disana. Ini sangat wajar karena walaupun komputer sudah diinstall ulang tetapi yang diformat adalah drive sistem jadi drive penyimpanan data masih bisa menyimpan bibit virus. Jangan membuka file pekerjaan sebelum langkah terakhir ini anda tempuh!

>>> SUPER DISKON 60% ! <<<

Mulai menggeluti dunia Komputer sejak tahun 2005, lahirlah ebook yang kami tulis dalam daftar di bawah ini.

Ebook Utama (Karya tulis Agus Sale, S.Pd) :

  1. Ebook Panduan Teknisi Komputer
  2. Ebook Teknis Laptop
  3. Ebook Membedah Motherboard Laptop
  4. Ebook PC Motherboard Repair
  5. Ebook Jaringan Komputer
  6. Ebook LVD TV Repair
  7. Ebook Panduan Teknisi Ponsel
  8. Ebook Troubleshooting Dan Solusi Kerusakan Hardware Laptop
  9. Ebook Hard Drive Repair
  10. Ebook Repair Monitor LCD
  11. Ebook Repair Power Supply PC
  12. Ebook Mastering Bios
  13. Tutorial Power Point
  14. Ebook Ebook Repair Printer
  15. Ebook Ebook Panduan Teknisi Elektronika
Bonus (Bukan karya tulis saya tetapi penulisnya share gratis):
  1. Ebook Belajar Mikrotik
  2. Ebook Belajar Window 7
  3. Ebook Belajar Photoshop
  4. Ebook Belajar Corel
  5. Ebook Belajar Macromedia Dreamweaver
  6. Ebook Visual Belajar Basic
  7. Ebook Belajar Delphi
  8. Ebook Belajar Macromedia Flash

Semua Ebook (15 Ebook) di atas jika Anda beli sekarang, cukup dengan harga Rp.197.000,- saja. Minat? KLIK DINISI.


Tags:
Categorised in:


4 Comments for Virus Komputer (seri-12)

  • encu samsudin says:

    makssih ya saya jadi lebih mengerti ni ilmu yang diajarkan akan bertambah. dan akan dibawa ke masa depan kita yang sesungguhnya. thank you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 1 =