Menu Click to open Menus
Home » Komputer » Perbaikan Komputer » Windows Explorer.exe Hilang atau Tidak Berfungsi

Windows Explorer.exe Hilang atau Tidak Berfungsi

(18295 Views) February 7, 2011 7:58 am | Published by | 18 Comments

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

windows explorer hilangMasalah umum yang muncul bagi pengguna Windows ketika mencoba untuk menutup atau membuka folder dengan Windows Explorer adalah error aplikasi Exlorer.exe. Meskipun kesalahan ini sering dapat diperbaiki dengan menutup Windows Explorer dan kembali membuka aplikasi tambahan, ada sejumlah penyebab yang lebih serius yang dapat membuat kesalahan pada komputer Anda. Ini disebabkan oleh beberapa hal, termasuk sumber daya sistem, dan kesalahan Kernel System.

Penyebab hilangnya Explorer.exe

  1. Sistem File rusak. Ini salah satu penyebab explorer hilang. Cara termudah untuk memecahkan masalah ini adalah dengan menjalankan Scandisk untuk memperbaiki file yang rusak atau memori pada komputer Anda. Untuk menjalankan Scandisk, buka icon [My Computer] pada desktop komputer Anda dan kemudian klik kanan ikon hard drive (biasanya “C” drive). Pilih pilihan menu, [Properties] dan kemudian klik menu tab [Tools] di bagian atas. Selanjutnya klik [Check Now] tombol menu untuk scan file-file komputer Anda untuk mengetahui kesalahan. Setelah diketahui, sekarang silakan lakukan REPAIR WINDOWS.
  2. System Resources Not Available. Hal ini disebabkan adanya kesalahan aplikasi Explorer.exe sejumlah resources. Ini biasanya karena komputer Anda memiliki terlalu banyak program yang aktif terbuka pada waktu yang sama. Sekarang ini walaupun bandwidth komputer kecepatan tinggi, banyak pengguna komputer mengisi hard drive mereka dengan film dan musik dan tidak menyadari bahwa mereka memiliki masalah dengan hard drive space sehingga dapat menyebabkan error. Sebuah solusi yang sederhana, adalah untuk membebaskan ruang harddisk sampai setidaknya 50% jika ini telah menjadi penyebab kesalahan pada komputer Anda.
  3. Komputer terinfeksi Virus atau Malware . Sejumlah virus komputer yang aktif di Internet dapat memicu kesalahan aplikasi explorer.exe. Ini paling sering saya temukan. Virus menghilangkan explorer.exe dalam upaya untuk mencegah penghapusan virus dari komputer Anda. Cara pencegahan terbaik untuk ini penyebab kesalahan adalah untuk menjaga program komputer dan update antivirus yang terinstall pada komputer Anda. Jika saat ini komputer Anda masih akan terinfeksi, silakan restart PC dalam “Windows Safe Mode” dengan menekan “F8” untuk masuk Safe Mode. Setelah masuk Safe Mode, silakan menjalankan update program anti-virus anda diikuti dengan scan penuh untuk membasmi virus.
  4. Aplikasi Komputer tidak kompatibel. Penyebab umum lainnya dari kesalahan ini adalah instalasi perangkat lunak komputer yang tidak kompatibel dengan versi Windows yang berjalan pada komputer Anda. Cara mudah untuk mengetahui apakah ini adalah penyebab masalah Anda, adalah jika Anda baru menginstall program komputer dan kemudian Anda mulai terjadi masalah. Jika itu terjadi, program tadi adalah penyebabnya.
  5. Program Software Apakah Lambat untuk Menanggapi. Explorer tidak hilang tetapi tidak berfungsi. Jika Anda memiliki program komputer yang harus menunggu lama untuk mengakses jaringan atau media portabel, ini juga dapat menyebabkan kesalahan aplikasi explorer.exe. Jika penyebabnya adalah sumber daya jaringan, maka Anda mungkin ingin menunggu sedikit dan mencoba lagi. Jika portable media seperti DVD atau CD, silakan eject disk dan coba lagi.

Langkah Perbaikan Explorer.exe

Setelah anda memahami hal-hal yang menyebabkan explorer.exe hilang atau tidak berfungsi, kini pertanyaan yang jauh lebih penting adalah bagaimana jalan keluarnya? Lakukan beberapa langkah berikut:

  1. Jalankan task manajer dan coba dulu untuk menjalankan explorer.exe. Jalankan task manajer dengan menekan tombol [CTRL + ALT + DEL] sampai terbuka jendela baru. Pilih tab [Aplication] dan klik [new task] > kemudian ketikkan “explorer.exe” lalu klik [OK]. Biasanya jika explorer.exe hilang kembali sesudah komputer restart maka lalukan INSTALL REPAIR.
  2. Cara lain adalah dengan restore untuk mengembalikan pada kondisi tanggal sebelumnya. Salah satu cara sistem restore adalah melalui jendela task manager klik [new task] > [browse] dan cari [C:\Windows/system32/restore/rstrui.exe] > lalu klik [OK].
  3. Cara membuka program atau file. Dalam keadaan darurat jika anda tidak melakukan perbaikan, anda masih bisa membuka program atau file anda dengan cara. Buka task manager klik [new task] > [browse] > [cari program di C:\program files, atau dimana file tersimpan] lalu klik [OK]. Jika anda gagal membuka file maka penyebab masalah ini adalah VIRUS.
  4. Scan computer menggunakan antivirus yang terupdate dan terbaik. Disarankan agar scan dijalankan pada “SAFE MODE”. Setelah pada kondisi safe mode > buka task manager > klik [new task] > [browse] > [C:\program files/”antivirus yg anda install”] lalu klik [OK].
  5. Repair dengan menggunakan CD windows anda. Mohon maaf karena cara ini terlalu panjang tetapi merupakan jalan keluar teraman dan terbaik. Jika anda sudah jadi MEMBER KLUB TEKNISI KOMPUTER, maka anda pasti tahu apa yang saya maksud INSTALL REPAIR.
  6. Cara pamungkas. Jika semua cara di atas sudah anda tempuh dan masih gagal, cara yang paling akhir yang mujarab dan aman adalah dengan install ulang secara total windows anda. (Ingat….. ini hanya jalan paling terakhir).

CATATAN PRIBADI:
Menurut pengalaman saya, yang paling sering jadi penyebabnya adalah crash program dan masalah virus. Jadi jika anda sudah cermati artikel diatas, anda pasti tahu jalan keluarnya dengan mudah.

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

18 Comments for Windows Explorer.exe Hilang atau Tidak Berfungsi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cara servis komputer