Menu Click to open Menus
Home » Belajar Blog » WWW Atau Non-WWW, Tetapkan Pilihan Anda dan Jangan Bolak Balik

WWW Atau Non-WWW, Tetapkan Pilihan Anda dan Jangan Bolak Balik

(1122 Views) November 15, 2016 1:09 pm | Published by | 9 Comments

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

mengubah alamat urlBelajar dari Pengalaman, kata orang tua adalah pengalaman yang paling berharga. Dan itulah yang saya lakukan hingga saat ini. Namun untuk proses belajar ini saya rela mengorbankan sekitar 1200 visitor perhari demi untuk mengetahui pengaruh seperti judul artikel diatas. Tidak masalah bisnis merosot sedikit demi mendapat pengetahuan lebih banyak tentang tips ngeblog yang baik. Untuk teman-teman blogger lain, pengalaman saya ini tidak perlu anda ulangi apalagi jika anda seorang pemula. Mengapa? Anda akan STRESSSSS!!! melihat visitor yang terjun bebas. Percobaan ini telah saya lakukan pada blog http://q-bonk.com
Sekarang mari kita kedua format alamat url berikut ini;

  1. http://namadomain.com/
  2. http://www.namadomain.com/

Pertanyaannya adalah;

  1. Manakah yang lebih baik diantara keduanya? Bolehkan saya menggunakan keduanya?
  2. Bolehkah saya pindah dari format url pertama ke format kedua? Jika saya pindah apa resikonya dan apa yang harus saya kerjakan?

Jawaban pertanyaan pertama:

Keduanya sama-sama baik, entah non-www atau yang menggunakan www sama baiknya. Didunia nyata memang lebih keren menggunakan format www, namun non-www juga tidak kalah keren. Buktinya WORDPRESS.ORG dan WORDPRESS.COM menggunakan format on www. Dari segi SEO tidak masalah. Lalu bolehkah kita menggunakan keduanya? Jawabannya adalah tidak. Mengapa? Nampaknya jika kita menggunakan keduanya Google akan menghitung itu sebagai dua weblog yang berbeda walaupun kenyatannya satu saja. Dengan demikian dari segi rank akan sangat sulit untuk naik karena perhitungan pagerank akan selalu dibagi dua ke setiap url walaupun faktanya hanya satu blog saja. Artinya sebuah blog yang semestinya sudah PR4 jadinya hanya bisa sampai PR2 saja. Itupun dengan mengabaikan penerapan teknik SEO pada setiap halaman. Dari segi visitorpun tidak menguntungkan.

Jawaban pertanyaan kedua;

  1. Bolehkan saya pindah format url? Sangat boleh tetapi saya menganjurkannya agar berpindah ketika blog anda masih baru, sebelum artikel blog mencapai jumlah 20 artikel. Mengapa demikian? Karena jika anda pindah alamat maka semua artikel pada alamat pertama akan mengalami perubahan. Dengan demikian maka proses pindah alamat ini akan memakan waktu karena semua artikel akan di-indeks ulang oleh Mbah Google dan itu memakan waktu.
  2. Apa resikonya? Resiko pertama adalah visitor akan terjun bebas dalam beberapa hari (disinilah anda bisa stress). Mengapa? Karena Mbah Google akan meng-indeks blog pada alamat yang baru. Apa yang harus dikerjakan? Jika blog sudah telanjur dikenal pada alamat pertama dan kita pindahkan ke alamat kedua maka semua alamat pertama yang pernah anda tulis di tempat lain yang menuju ke blog anda harus diubah ke alamat kedua. Semisal anda sudah daftar di dig.com dengan alamat http://namadomain.com/, maka anda harus datang ke sana mengubahnya menjadi http://www.namadomain.com/ itulah kerja beratnya. Jadi saran saya jangan pindah-pindah.

Lalu bagaimana caranya agar blog anda terdaftar pada satu alamat saja dan tidak ganda? Bagi anda pengguna wordpress hosting sendiri/berbayar,

  1. Silakan masuk admin area blog anda dan cari menu [Setting] lalu klik sub-menu [General]. Pada kolom “WordPress address (URL)” dan “Site address (URL)” dan secara default anda akan melihat bahwa format yang ada adalah non-www. Silakan ganti keduanya dengan menambahkan www didepannya jika anda ingin menggunakan format www.
  2. Setelah langkah pertama diatas selesai, masih ada pekerjaan kedua yaitu silakan masuk cpanel anda dan cari file .htaccess lalu pada bagian atas masukkan script seperti dibawah ini.

Pilihan pertama: Redirect non-www urls menjadi www masukkan kode ini;

RewriteEngine on
RewriteCond %{HTTP_HOST} !^www.namadomain.com
RewriteRule (.*) http://www.namadomain.com/$1 [R=301,L]

Pilihan kedua: Redirect www urls menjadi non-www

RewriteEngine on
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^www. namadomain .com [NC]
RewriteRule (.*) http:// namadomain.com/$1 [R=301,L]

Mana pilihan anda, itu terserah anda.

Incoming search terms:

>>> DOWNLOAD GRATIS EBOOK karya Agus Sale, S.Pd<<< KLIK DISINI


>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer
Tags:
Categorised in:


9 Comments for WWW Atau Non-WWW, Tetapkan Pilihan Anda dan Jangan Bolak Balik

cara servis komputer